Sun Life Edufair 2017: Persiapkan Masa Depan Anak Sejak Dini

S iapa sih yang nggak mau anaknya mendapatkan pendidikan yang layak untuk masa depannya kelak? Semua orang tua kalau ditanya seperti it...


Siapa sih yang nggak mau anaknya mendapatkan pendidikan yang layak untuk masa depannya kelak? Semua orang tua kalau ditanya seperti itu ya sudah pasti jawabannya sama, harapannya memang anak selalu sehat dan berpendidikan. Oke, kali ini saya akan lebih banyak bahas soal pendidikan. Bagi teman-teman yang sudah memiliki anak apa yang sudah teman-teman persiapkan untuk masa depannya? Kalau di list pastinya banyak banget kan ya. Tapi sejak hadir di Sun Life Edufair 2017 yang berlangsung tanggal 20-22 Oktober 2017 di Mall Kota Kasablanka kemarin saya jadi tahu kalau yang paling penting kita persiapkan sejak dini untuk anak kita adalah sekolah dan tabungan pendidikan

Sun Life Edufair 2017 adalah acara tahunan yang digelar untuk membantu para orang tua mendapatkan informasi seputar kebutuhan pendidikan anak. Tepatnya acara ini adalah pameran edukatif tahunan. Acara yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut ini mempertemukan 20 sekolah formal dan 5 sekolah informal terbaik yang ada di wilayah Jabodetabek. Acara seperti ini menurut saya kesempatan yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua, apalagi orang tua yang sudah berencana mencari sekolah terbaik untuk anaknya tahun mendatang. Time flies so fast! Kata ibu saya yang memiliki anak 5 ibaratnya belum sempat nafas udah mikiran sekolah anak yang satunya haha. 


penyerahan sertifikat kepada 20 sekolah formal yang berpartisipasi di Sun Life Edufair 2017
Begitu juga yang dialami orang tua sekarang, apalagi yang namanya biaya pendidikan seperti harga property yang setiap tahun naik terus. Untuk itu kita sebagai orang tua harus mulai membuat perencanaan keuangan untuk pendidikan anak, perlu kalkulator pendidikan agar perencanaan keuangan menjadi lebih baik. Impian agar anak menjadi baik harus di implementasikan dengan memberikan mereka sarana sekolah yang terbaik pula. Pendidikan itu investasi masa depan, jadi nggak ada salahnya kalau kita beri yang terbaik buat mereka. 

booth sekolah
booth sekolah
Oh ya, di Sun Life Edufair 2017 selain ada pameran sekolah juga banyak juga diadakan kegiatan edukatif seperti parenting talkshow, school performance, generasi #lebihbaik competition, kids workshop dan ada juga celebrity performance. Komplit banget memang aktivitas yang ada di Sun Life Edufaor 2017 kemarin. Acara ini penuh dengan informasi, ilmu dan hiburan buat orang tua dan anak. Ini sesuai dengan komitmennya Sun Life yang ingin memberikan pemahaman mengenai perkembangan dunia pendidikan terus menerus dan berharap dengan acara ini banyak keluarga Indonesia yang sadar untuk memulai menyusun perencanaan keuangan untuk pendidikan anak-anaknya. Makanya orang tua diberi kesempatan untuk menggali lebih banyak lagi informasi pendidikan,  tren pendidikan, dan pola asuh anak di era digital.


Mendidik Anak dengan Cinta

Ngomongin pola asuh, saya sempat mengikuti talkshow yang menghadirkan Kak Seto di Sun Life Edufair 2017. Menurut Kak Seto pendidikan dan pola asuh anak sebenarnya dimulai dari keluarga sendiri atau dari rumah. Anak jaman sekarang ini adalah generasi Titanium penuh dengan rasa penasaran dan aura kompetisi mereka tinggi. Makanya sebagai orang tua kita harus benar-benar bijak mendampingi. Semua anak pada dasarnya senang belajar, kalau ada anak yang tidak senang belajar berarti yang salah adalah lingkungannya. Mendidik anak itu harus dengan cinta kata Kak Seto. Jangan pernah merasa gengsi memberikan apresiasi kepada anak.


sesi talkshow, kiri Kak Seteo dan kanan Ibu Sherly Ge

Pernah nggak dongengin anak? Atau memang nggak pernah sama sekali? Sesekali perlu belajar sambil berinteraksi dengan anak dengan cara mendongeng, karena anak perlu suasana belajar yang menyenangkan dan belajar adalah hak anak-anak. Pada dasarnya semua anak dilahirkan sama, mereka terlahir jadi anak cerdas. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus memberikan suasana belajar yang efektif yaitu suasana belajar yang riang gembira. Jangan jejali anak dengan pembelajaran yang terlalu berat karena anak akan merasa terbebani. Satu lagi nih yang perlu kita ingat, anak adalah peniru terbaik. Jadi kalau anak dibesarkan dengan kekerasan maka saat dewasa nanti merkea akan melakukan hal yang serupa. Noted!


booth sekolah


Brighter Talent


Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial adalah salah satu perusahaan asuransi yang yang concern dengan pendidikan. Bu Sherly Ge Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia mengatakan Sun Life punya komitmen untuk membangun keluarga Indonesia untuk mendapatkan generasi yang lebih baik. Bu Sherly lebih banyak menjelaskan tentang latar belakang diadakannya Sun Life Edufair dimana tahun ini adalah tahun kedua digelarnya Sun Life Edufair.

Pada kesempatan yang sama Sun Life juga meluncurkan sebuah portal Bright Education yaitu portal informasi yang menampilkan 25 sekolah di wilayah Jabodetabek yang bisa dijadikan referensi orang tua untuk memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan aspirasi anak. Portal ini dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat, yaitu:

  • Fitur Sekolah, berisi informasi lengkap tentang sekolah-sekolah yang berpartisipasi di Sun Life Edufair 2017.
  • Fitur Perbandingan, di sini orangtua bisa langsung membandingkan sekolah satu dengan sekolah lainnya, untuk mendapat pilihan sekolah yang tepat.
  • Fitur Kalkulator, nah ini fitur untuk estimasiin biaya sekolah yang dibutuhkan, buat nyusun perencanaann keungan juga bisa nih.
  • Fitur Artikel, berisi artikel-artikel informative seputar dunia pendidikan, anak, dan perencanaan keuangan.
salah satu sekolah yang ditampilkan di portal Bright Education, masih banyak sekolah lainnya yang bisa dijadikan pembanding

Jujur, acara Sun Life Edufair 2017 kemarin sangat membekas di hati saya terutama saat sesi talkshow mengenai pola asuh anak dan bagaimana sebenarnya cara mendidik anak dan membuat anak belajar dengan riang gembira tanpa keterpaksaan. Masih banyak saya lihat orang tua yang terlalu memaksakan kehendaknya soal pendidikan dan cara belajar anak. Kesimpulan yang bisa saya tarik adalah biarkan anak mendapatkan hak nya untuk belajar, kita sebagai orang tua mengikuti perkembangannya kemana minatnya, sekaligus persiapkan dana pendidikan untuknya kelak.



You Might Also Like

4 comments

  1. School performance itu yang paling seru ya, apalagi oenampulan drummer dan kolintangnya. Bikin merinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya salut ya dengan semangatnya anak-anak itu.

      Delete
  2. Jadi tahu pas kemaren kudu bener mikir buat masa depan anak. Mahalnya biaya pendidikan 😣

    ReplyDelete
  3. Seneng kalo liat anak anak semangat belajar

    ReplyDelete