Sinar Mas dan Kontribusinya Selama 79 Tahun

S inar Mas sudah berusia 79 tahun saat ini. Kalau ukuran manusia di usia segini udah tua banget ya hehe, tapi bagi Sinar Mas sendiri us...


Sinar Mas sudah berusia 79 tahun saat ini. Kalau ukuran manusia di usia segini udah tua banget ya hehe, tapi bagi Sinar Mas sendiri usia 79 tahun justru semakin matang, produktif dan pastinya sudah banyak memberikan kontribusi untuk masyarakat Indonesia. Ya, Sinar Mas memang berkembang bersama masyarakat Indonesia selama 79 tahun. Sebagai warga Tangerang kalau dengar nama Sinar Mas yang terlintas di pikiran saya BSD (Bumi Serpong Damai) dan ICE BSD. Karena kawasan BSD dan ICE adalah bagian dari salah satu pilar bisnis Sinar Mas Land.

Sinar Mas memulai bisnisnya tahun 1983, brand yang satu ini memiliki 6 pilar bisnis diantaranya Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Komunikasi dan Teknologi, serta Energi dan Infrastruktur yang masing-masing dikelola secara independen, tapi disatukan oleh kesamaan nilai dan histori  perusahaan. Sinar Mas bangga menjadi bagian Indonesia dan ikut berperan aktif bagi kemajuan Indonesia. Yuk kita bahas satu persatu 6 pilar bisnis Sinar Mas.

1. Pulp dan Kertas
Asia Pulp and Paper (APP) adalah anggota keluarga Sinar Mas yang menaungi pabrik pulp and paper di Indonesia. APP ini memproduksi pulp, kertas dan produk turunannya. Berawal dari PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia di Mojokerto, Jawa Timur. Pada tahun 1972 APP berkembang menjadi industri berkapasitas produksi 12 juta ton per tahun yang menjangkau 120 negara di 6 benua dengan mengandalkan lebih dari 70 ribu orang karyawan. Dalam aktivitas ini APP menjalin kedekatan dan hubungan jangka panjang dengan masyarakat juga lingkungan sekitar.

2.  Agribisnis dan Pangan
Di sektor agribisnis dan pangan Sinar Mas bergerak melalui Golden Agri Resources Ltd (GAR) yang berdiri pada tahun 1996, dan tercatat di Bursa Efek Singapura sejak tahun 1999. GAR termasuk pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia. Seperti halnya sektor hulu, GAR juga memperkuat kehadirannya di sektor hilir dengan dukungan kekuatan rantai logistik, distribusi, hingga ke variasi jenis produk agar mampu memenuhi peningkatan jumlah dan ragam kebutuhan konsumen global.

3. Pengembang dan Realestat
Seperti yang kita ketahui Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam produk, mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel, hingga resor wisata yang tersebar tidak cuma di indonesia tapi juga di Asia sampai Eropa. Sesuai dengan visinya dimana Sinar Mas menjadi pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara dengan reputasi yang dipercaya oleh pelanggan, karyawan, dan seluruh pemangku kepentingan.

4. Layanan Keuangan
Melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) Sinar Mas menyediakan berbagai layanan keuangan bagi nasabah korporasi termasuk pula usaha mikro, kecil dan menengah maupun perorangan melalui sejumlah anak perusahaan yang dinaunginya.

5. Komunikasi dan Teknologi
Sinar Mas menyediakan layanan telekomunikasi melalui PT Smartfren Telecom Tbk dengan mengandalkan teknologi 4G LTE Advanced pertama di Indonesia, yakni sebuah jaringan nirkabel tidak membedakan jaringan GSM ataupun CDMA. Sebagai penyedia layanan berbasis 4G LTE dengan jangkauan terluas di Indonesia, inovasi dan penyempurnaan menjadi landasan memenuhi kebutuhan pengguna.

6. Energi dan Infrastruktur
Sinar Mas juga bergerak dalam penyediaan energi listrik, pertambangan batu bara, infrastruktur, bahan kimia, perdagangan ritel dan multimedia sejak tahun 1998 melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan sejumlah perusahaan dibawah naungannya. Awalnya memasok kebutuhan energi bagi fasilitas produksi pilar bisnis pulp dan kertas di lingkup Sinar Mas, sekarang perseroan memperluas jangkauan layanannya dengan memasok kebutuhan listrik bagi masyarakat.


79 Tahun Sinar Mas

Di usia ke 79 tahun Sinar Mas berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan melalui aspek ekonomi, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial. Inisiatif terkini Sinar Mas untuk terlibat pula dalam penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan. Dari setiap pilar bisnis yang ada, tergambarkan fokus Sinar Mas adalah pengelolaan komoditas yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, sekaligus mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa.


#SM79 mengembangkan dan memberdayakan masyarakat, ini terlihat dari program CSR yang Sinar Mas miliki, diantaranya:

Bazaar Rakyat: Berbagi dalam Kebersamaan

Setiap tahunnya Sinar Mas mengadakan acara Bazaar Minyak Goreng dengan menjual minyak goreng FILMA dan Kunci Mas dengan harga terjangkau. Dan tiap tahunnya juga Sinar Mas membuat tema yang berbeda. Seperti tahun ini Sinar MAs mengambil tema Unity in Diversity ( Kesatuan dalan Kebhinnekaan). Selain minyak, juga diasarkan produk Sinar Mas lainnya seperti biskuit, minuman ringan, dan buku. Bazaar Rakyat ini pertama kali digelar tahun 2005, dan sampai sekarang telah banyak mengalami perkembangan dan dilangsungkan juga di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Pendidikan Membantu Mengentaskan Kemiskinan

Untuk menuntaskan kemiskinan mendapatkan pendidikan yang layah adalah salah satu caranya. Untuk GAR memberikan dukungan kepada 217 sekolah mulai dari TK hingga SMA di daerah terpencil sekitar 24 desa di Kalimantan barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Biaya pendidikan diberikan gratis . Selain itu GAR juga memberikan pengetahuan praktis di perkebunan bagaimana cara mencegah kebakaran hutan dan melakukan pertanian berkelanjutan.

Masih banyak lagi program CSR yang diadakan oleh Sinar Mas sebagai wujud untuk mendorong kesejakteraan rakyat dan perekonomian bangsa.


Sinar Mas Berpartisipasi di Trade Expo Indonesia (TEI) 2017


Event besar Trade Expo Indonesia 2017 sudah berlangsung sejak 11 Oktober 2017 dan akan berakhir pada tanggal 15 Oktober 2017. Trade Expo Indonesia adalah pameran dagang terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Tahun ini Trade Expo merupakan pertama kalinya TEI diadakan di Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD. 


booth Sinar Mas di Trade Expo Indonesia (TEI) 2017

TEI 2017 menampilkan lebih dari 300 produk dan jasa di Indonesia yang dipamerkan dalam 7 zona produk potensial dan nasional. Zona-zona tersebut adalah furniture and furnishing, fashion, craft and creative products, premium products, strategic industries, manufacturing products and services, food and beverages, serta  province premium products. Sinar Mas juga menjadi peserta di TEI 2017 dengan membuka booth. Untuk kalian yang sedang mengunjungi TEI 2017 ada ada rencana kesini jangan lupa mampir ke booth Sinar Mas biar lebih tahu produk-produk unggulannya Sinar Mas. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Sinar Mas bisa kunjungi Facebook, Instagram atau Twitter nya juga ya.







You Might Also Like

4 comments

  1. Sinarmas sudah menjadi salah satu perusahaan top di Indonesia dengan banyak lini bisnis yang berkontribusi positif untuk negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sewaktu mengunjungi TEI dan mampir di booth Sinar Mas baru deh tau ternyata banyak banget produk nya :)

      Delete
  2. Ternyata Sinar Mas juga perduli kelestarian alam ya, bukan melulu bisnis belaka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semiga kita juga peduli menjaga kelestarian alam seperti yang dilakukan Sinar Mas ya hehe

      Delete