Kenapa Perlu Travel Insurance

B isnis asuransi perjalanan termasuk bisnis yang sedang berkembang saat ini, disaat bisnis retail sedang turun, bisnis elektronik juga ...


Bisnis asuransi perjalanan termasuk bisnis yang sedang berkembang saat ini, disaat bisnis retail sedang turun, bisnis elektronik juga turun, tapi orang yang melakukan perjalanan atau travelling nggak pernah sepi. Wajar saja kalau sektor pariwisata menjadi sektor prioritas pemerintah saat ini. Bisa kita lihat bagaimana orang-orang yang suka sharing perjalanan mereka di sosial media baik itu solo backpacker atau solo travelling, family travelling ataupun komunitas. Kadang bikin iri ya kalau ngeliat orang-orang yang sering traveling, duh apa saya ya yang kurang piknik ya hihi.

Ngomongin travelling pasti sebelum melakukan perjalanan banyak yang harus kita periapkan, ya harus well prepare gitu. Selain persiapan saat akan terbang maupun berbagai perlengkapan yang nggak boleh ditinggalkan selama berada di lokasi yang dituju. Eh, tapi yang namanya diperjalanan kita nggak tahu apa yang bakal terjadi. Teman-teman pernah kebayang nggak risiko apa saja yang bisa terjadi? Siapa tahu lagi liburan tiba-tiba sakit, lagi menuju bandara disenggol becak, atau kecelakaan lain yang semuanya diluar prediksi dan amit-amit jangan sampai terjadi. Tapi bagaimanapun risiko maupun kerugian selama perjalanan alangkah baiknya di cover atau ada perlindungan. Agar kita tetap merasa aman selama melakukan perjalanan kita butuh asuransi. 

Seperti yang dikatakan Pak Indra WibowoManaging Editor & Head of Media at Mobil123.com dan Otospirit.com Rabu 11 Oktober 2017 di Aruba Resto bahwa sebaiknya kita mulai melindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan dan kita harus tahu dengan keuntungan yang kita dapatkan kalau kita berasuransi. Acara kali ini Mobil123 sebagai portal otomotif no.1 di Indonesia menghadirkan mitra partnernya MSIG Online untuk memaparkan bagaimana keuntungan yang didapat jika kita melindungi diri kita dengan travel insurance selama perjalanan.

Indra Prabowo

Kenapa Perlu Travel Insurance?

Asuransi perjalanan sangat dibutuhkan, karena banyak orang yang melakukan travelling. Perhatikan saja kalau ada event travel fair, orang berbondong-bondong datang ke event travel fair untuk mendapatkan info paket perjalanan yang sedang dicari atau memang mencari referensi liburan seperti ingin mencari informasi destinasi wisata yang baru. Malah selain berbondong-bondong datang mereka juga rela loh sampai ngantri segala. Salut deh dengan orang Indonesia yang suka piknik. 

Menurut Pak Bernardus P Wanandi, Vice President Director MSIG saat ini MSIG Online masih melayani travel insurance untuk perjalanan ke luar negri belum domestik. Travel Insurance itu penting karena seringkan kalau kita melakukan penerbangan tiba-tiba keberangkatan kita delay atau airline memang membatalkan penerbangan. Tentu saja kita mengalami kerugian, selain rugi materi kita juga mengalami kerugian waktu. Kerugian ini apa sepenuhnya diganti oleh airline? Malah untuk mendapatkan penggantian atas kerugian yang kita alami ada syarat dan ketentuannya. Untuk itu MSIG memberikan santunan jika ada keterlambatan penerbangan di atas 3 jam, ini salah satu kelebihan dari asuransi MSIG.

Bernardus P Wanandi
Kalau di bandara selain delay juga yang paling sering terjadi adalah kehilangan bagasi, dokumen perjalanan, uang, maupun barang pribadi. Bagasi hilang sering banget terjadi dan sayangnya proses dari airline nya sendiri terbilang lama dan malah ada yang tak terselesaikan. Itulah mengapa kita butuh asuransi perjalanan untuk melindungi kerugian saat perjalanan seperti bagasi hilang ini. Selain itu kemungkinan lebih buruk lain yang bisa kita alami adalah kita mengalami sakit atau kecelakaan selama di tempat tujuan yang mengakibatkan cacat atau kematian dan ini pasti membutuhkan proses yang cukup panjang. Nggak cuma itu selama perjalanan kita meninggalkan rumah kan ya? Nah, selama perjalanan kita bisa mengasuransikan perabot rumah tangga jika terjadi kebakaran. Travel insurance bisa meng-cover juga loh atas kerugian kebakaran.

Beberapa negara saat ini rencananya akan memasukkan mandatory travel insurance sebelum kita mengurus visa. Dan negara yang saat ini sudah memberlakukan travel insurance sebagai syarat untuk masuk ke negaranya sebelum mengurus visa adalah Schengen Country. Tahukan kalau Schengen Country ini terdiri dari 26 negara. Jadi siap-siap aja kalau mau bepergian kesini travel insurance wajib diurus. Sebenarnya sih nggak perlu ada aturan seperti ini baru buat travel insurance, tapi kesadaran akan kebutuhan sebagai perlindungan, ini menurut saya loh ya.


Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Klaim

Servisnya asuransi perjalanan biasanya pada saat terjadi klaim dari pemegang polis. Kalau untuk jualan doang atau janji-janji semua juga bisa, tapi yang penting sih bagaimana sebenarnya klaim bisa diproses agar berjalan dengan baik. Jika risiko-risiko selama perjalanan terjadi seperti keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, atau sakit, maka kita harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk mendukung proses klaim berjalan. Contohnya jika mengalami keterlambatan penerbangan, untuk mengajukan klaim MSIG membutuhkan dokumen seperti formulir klaim, polis asuransi, kartu identitas, surat keterangan keterlambatan penerbangan dari airline bersangkutan, dan Boarding Pass. 

Kemudian apabila ingin mengajukan klaim karena sakit, Pak Henry Kurniawan General Manager Claim MSIG menghimbau kepada nasabah agar membawa formulir klaim selama melakukan perjalanan. Karena kalau seandainya kita sakit di negara tujuan pada saat mengajukan klaim ada form yang harus diisi oleh dokter di bagian formulir klaim. Tapi seandainya memang kelupaan dibawa alternatif lainnya minta surat keterangan dari dokter berupa resume medis yang menjelaskan sakitnya apa atau gejalanya apa saja. Jangan lupa minta bukti pembayaran atas biaya yang timbul karena kita sakit. Dan kalau klaim ini dilakukan oleh pihak lain diluar tertanggung atau pemegang polis sebaiknya ada surat kuasa. Kalau terjadi kehilangan barang, sebelum mengajukan klaim sebaiknya sipakan surat keterangan dari polisi.


Henry Kurniawan

Cara Pengajuan Klaim di MSIG

Cara mengajukan klaim di MSIG ada 2 cara, yaitu bisa dilaporkan melalui Call Center 02129279631 atau melalu Whatsapp 081294644004 juga melalui website www.msig.co.id yang selalu aktif 24 jam, jadi harus dipersiapkan informasinya, nomor polisnya, kejadiannya seperti apa bisa disampaikan disini.


Tips Mengajukan Klaim Secara Efektif

Pak Hendry juga membagikan tips agar proses klaim berjalan lancar. Menurut Pak Hendry sebaiknya pelajari seluruh manfaat asuransi yang telah kita beli. Dengan mempelajari polis kita akan mengetahui jaminan apa yang akan diberikan kepada polis yang kita beli, syarat-syarat dan kondisi yang harus dipenuhi, apa saja yang ditanggung atau dibiayai oleh polis tadi. Dengan demikian kita akan tahu apakah polis yang kita beli sesuai dengan kebutuhan kita dan apa yang akan kita lakukan saat klaim terjadi.

Selanjutnya jika terjadi risiko sebaiknya segera catat dan laporkan melalui call center. Kemudian lengkapi dokumen sesuai jenis klaim yang diajukan. Dan seluruh dokumen dikumpulkan dan disiapkan dan diajukan bersama-sama dengan klaim. Well, untuk mengetahui produk-produk MSIG lebih lanjut atau berminat membeli bisa kunjungi www.msigonline.co.id.




You Might Also Like

9 comments

  1. Nah iyaaa, blom punya asuransi perjalanan. Eh tapi aku memang masih lebih banyak perjalanan dalam negeri sih. Nanti kali ya kalau sudah mulai merambah lintas antar negara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo travelling ke luar negeri jangan lupa prepare travel insurance ya..:)

      Delete
  2. Sebelum beli travel insurance perlu teliti cara mengajukan klaimnya supaya siap kalau ada kejadian tak terduga. Thanks infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya harus detail baca formulir klaim nya ya

      Delete
  3. Iya juga sih, tadinya aku juga bertanya-tanya, emang perlu yah asuransi perjalanan atau traveling. Ternyata setelah membaca ulasan yang ada di blog ini aku baru paham kalo asuransi perjalanan juga penting banget. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asuransi penting memang, buat jaga-jaga ya mas dede

      Delete
  4. makasih sharingnya, asuransi itu memang penting ya, buat pencegahan

    ReplyDelete
  5. Boro boro neng luar negeri pulang kampunng ae susah iki :D , tapi ora opo opo lah siapa tahu nanti iso lungo aduh bisa terapin buat ambil asurasni bgnian.

    thx u infonya mbak

    ReplyDelete
  6. Penting bgtt nih asuransi perjalanan, kita jd tenang kalau terjadi sesuatu saat kita Travelling ya...

    ReplyDelete