EV Hive Coworking Space Yang Asyik Cocok Untuk Freelancer dan Penggiat Startup

N owadays , dengan berjalannya waktu banyak orang lebih suka bekerja di rumah atau lebih tepatnya ngantor di rumah. Ini lebih kepada par...


Nowadays, dengan berjalannya waktu banyak orang lebih suka bekerja di rumah atau lebih tepatnya ngantor di rumah. Ini lebih kepada para pekerja yang memilih menjadi self employee dibanding menjadi karyawan. Saya termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang memilih menjadi self employee. Keputusan ini diambil karena saya merasa sudah memiliki pengalaman untuk bekerja sendiri dan membuka usaha sendiri. Apalagi usaha yang saya jalani bisa dijalankan secara online. Ini tak lain karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, orang-orang maupun perusahaan harus bisa menyeimbangkan perkembangan teknologi dengan bidang usahanya masing-masing.



Tapi dengan berkantor di rumah lama kelamaan ada perasaan jenuh, kerja sendiri dirumah, berinteraksi dengan pelanggan serba online, hidup jadi monoton. Kehidupan kantor dan rumah jadi susah dibedakan, seolah-olah urusan kantor jadi terbawa ke rumah. Nggak asyik juga. Sempat kepikiran buka kantor lagi tapi harus hitung-hitungan biaya operasional, termasuk sewa gedung dan gaji pegawai. Duh, belum siap. Saya biasanya melipir ke coffe shop untuk menghilangkan jenuh. Bawa laptop, ngerjain tugas dan pekerjaan secara online sambil nongkrong di coffe shop. Ada suasana berbeda yang didapatkan, ada semangat dan inspirasi lain yang muncul. Sering saya lihat coffe shop juga dijadikan tempat meeting dan diskusi dengan beberapa teman atau kolega. Jujur, saat itu nongkrong di coffe shop sambil kerja saya jadi berangan-angan seandainya ada area  yang di desain khusus untuk orang-orang yang ingin bekerja dengan konsep seperti ini, dimana banyak orang yang ngopi sambil kerja membawa laptop pasti seru.


Coworking Space "you can work anywhere you want"

Pucuk dicinta ulampun tiba, khayalan saya terwujud. Awalnya adik ipar yang kerja di startup saya tanyain ngantor dimana. Adik bilang sih kantornya nggak di area khusus perkantoran atau sewa gedung dan ruko kayak kantor-kantor biasanya. Jadi kantornya adik itu di coworking space. Senang banget saya mendengar cerita adik saya yang ngantor di coworking space. Hampir nggak percaya, tenyata apa yang saya khayalkan pengen punya kantor seperti yang saya inginkan itu ternyata benar-benar ada loh. 

Member Share Space, Dedicated Space, Flexy Space dan Daily Space

Co-working space malah jadi tren dan sangat diminati saat ini. Coworking space hadir untuk memenuhi kebutuhan para freelancer, enterpreneur, penggiat startup, atau perusahaan sejenis yang intinya bisa bekerja dimana saja atau dikenal juga dengan virtual work. Memasuki era digital hadirnya coworking space tentu saja disambut gembira oleh para freelancer ataupun penggiat startup, karena memiliki tempat kerja seperti coworking space kita bisa kerja sekaligus hidup bersosial, plus fasilitas kerja yang sesuai dengan kebutuhan sangat mendukung.

Konsep dari coworking space yang saya suka bukan sekadar sebagai tempat meeting yang nyaman atau hanya berkutat dengan laptop dan gadget saja, tapi lebih kepada semangatnya. Iya, karena saya nongkrong di coffee shop sambil kerja dan melihat orang lain juga melakukan aktivitas yang sama dengan saya itu saja sudah membuat saya semangat. Ada sesuatu yang menular kedalam diri saya, seperti energi baru.  



Share Space - EV Hice The Breeze, BSD City

Saya pernah meeting dengan klien di EV Hive D'Lab Menteng, suasananya benar-benar bikin santai dan nyaman. Ada beberapa ruang meeting yang disesuaikan dengan jumlah orang. Memang beda ya, aura kerja di kantor yang suasananya kaku dan kadang menegangkan. Benar sekali dengan kata-kata pakar design interior kalau interior yang baik akan mengakomodasikan kegiatan didalam ruangan itu sendiri. Termasuk pemilihan warna, pengaturan cahaya, sirkulasi udara, yang pastinya lebih kompleks. Saya yakin beberapa coworking space mengusung konsep ini juga, interior yang ada disesuaikan dengan karakter para pengguna coworking space itu sendiri. 


Karena pernah meeting di EV Hive D'Lab Menteng, saya jadi penasaran pengen juga cari lokasi coworking space yang dekat dengan lokasi saya di Tangerang. Setelah searching, dan bertanya dengan adik yang penggiat startup akhirnya saya menemukan juga coworking space di  Tangerang tepatnya di BSD dan ternyata ini EV Hive juga. Duh, ini coworking space yang pas banget dengan saya. Pas apanya ya? Pastinya banyak.  


EV Hive Coworking Space

EV Hive  Coworking Space yang pertama kali saya rasakan kenyamanannya adalah D'Lab Menteng. Sebenarnya EV Hive sendiri ada di beberapa lokasi diantaranya:
1. EV Hive The Maja, The Maja 1st floor Jln. Kyai maja no. 39 Kebayoran, Jakarta Selatan. Ini adalah pusatnya EV Hive Coworking Space.
2. EV Hive The Breeze BSD City, di Jln. Grand Boulevard BSD City
3. EV Hive D'Lab, Jln. Riau No.1 Gondangdia, Menteng
4. EV Hive Tower @IFC,  Jln. Jendral Sudirman Kav 22-23 Tower 1 Lt 11 Jakarta Selatan
5. JSC Hive, Jln. Prof Dr. Satrio No.7 Karet Semanggi, Setiabudi Jakarta Selatan 

Mbak Rosy yang siap menyambut kita kalau jadi member di EV Hive he Breeze, BSD City
Mumpung EV Hive The Breeze  yang paling dekat lokasinya dengan tempat tinggal saya, langsung deh minggu lalu nyobain ngantor di EV Hive. Setibanya di EV Hive The Breeze saya disambut Mbak Rozy yang pagi itu sedang bertugas. Padahal saya kesana pagi tapi sudah mulai ramai para enterpreneur, freelancer dan penggiat startup yang mulai bekerja. Senangnya lihat mereka bekerja, saling sapa dengan komunitas lain, bertukar fikiran dan sesekali saling mampir ke meja kerja. Coba deh, kalau ngantor bisa sebebas ini nggak? Tiba-tiba nongol di kantor orang lain di jam kerja cuma mau samperin teman yang ada di usir satpam hihi.




Ev Hive The Breeze lokasi nya persis di bawah Food Court. Gampang banget menemukan lokasinya yang dari kejauhan kita sudah bisa lihat isi ruangan nya. Ya, Ev Hive The Breeze yang di dominasi dengan ruangan transparan ini mulai beroperasi sejak April 2016. Coworking space yang satu ini adalah cabang keduanya setelah Ev Hive The Maja di Kebayoran. Begitu memasuki pintu dan menuju meja registrasi di sudut kanan persis dekat pintu ada rak berisikan berbagai snack dan nama-nama komunitas yang menjadi member di EV Hive The Breeze, BSD City.





Sedangkan di sisi kiri arah masuk juga dekat dengan meja registrasi akan ditemui semacam lobby atau ruang tunggu yang nyaman. Ada Pop Box juga disitu buat kalian yang ingin mengambil barang kiriman. Suka banget dengan interiornya, bikin betah. Desain interior yang ada di EV Hive memang mempengaruhi produktivitas bekerja. Entah kenapa desain interior selalu jadi perhatian penting bagi saya memilih lokasi bekerja.







Di depan dekat ruang tunggu ada meja panjang untuk para member yang ingin melakukukan aktivitas kerja. Masing-masing member sebenarnya sudah punya area kerja masing-masing sih tergantung jenis member nya. Menurut mbak Rosy kebanyakan yang menjadi member di EV Hive Breeze BSD adalah penggiat startup IT. Biasanya mereka menjadi member tahunan bukan bulanan. Nah, desk yang ada di dekat pintu masuk biasanya banyak digunakan oleh daily member. 


desk di dekat pintu masuk EV Hive The Breeze, BSD City

Di EV Hive The Breeze BSD total ada 18 ruangan untuk private office. Dan beberapa private office disini sebagian ada yang masa kontraknya per tahun dan ada juga yang per 3 bulan, dan ini juga seusai dengan ukuran ruangan dan kapasitas karyawan didalamnya.   da beberapa tipe member dan space yang ada di Ev Hive The Breeze, BSD City.  Untuk private office setiap member nya mendapatkan free fasilitas seperti fiber optics WiFi, free flow drinks, free pantry, meeting room, free admission/doscount to in-house Events, memr perks, community network.


kiri kanan itu adalah private office
Selain member dengan private office, ada juga member yang menggunakan share space. Kalau jadi member share space kita hanya bisa menggunakan satu cabang EV Hive yang kita pilih saja. Untuk menjadi member jenis ini kaian hanya mengeluarkan kocek IDR 1.200.000/bulan. Keuntungannya kita bisa memakai meeting room selama 8 jam dalam sebulan, free locker, free pantry, free WiFi.

working anywhere i want
Kemudian ada Flexi Member. Menjadi flexi member untungnya kita bisa pakai menggunakan EV Hive dicabang mana pun yang kita inginkan. Tapi fasilitas meeting room tidak kita dapatkan kalau jadi member flexi. Kita cuma dapat free WiFi,  pantry dan free locker. Untuk jadi member ini cukup bayar IDR 1.000.000 saja per bulan.

Kalau mau milih tempat dan tempat kita nggak didahului oleh member lain kita bisa menjadi member dengan dedicated space. Dengan menjadi member dedicated space orang tidak bisa memakai tempat yang kita pilih. Tapi untuk menjadi member ini cuma bisa di satu cabang saja nggak berlaku untuk semua cabang. Fasilitas yang didapatkan sama dengan share space dan flexy, yaitu free WiFi, pantry dan free locker. Untuk member dengan dedicated space cukup bayar IDR 2.000.000 per bulan.


sofa yang berderet di dekat pantry, bisa jadi tempat ngobrol dengan member lain sambil menikmati snack dan flow drink

Nah, kalau kalian kerjaannya nggak rutin setiap hari tapi hanya beberapa kali dalam seminggu, bisa jadi daily member saja. Cukup ngeluarin uang IDR 50.000 per hari kita sudah mendapatkan fasilitas free WiFi dan pantry. Lumayan kan bisa kerja sambil ngopi-ngopi plus free WiFi.


pantry di EV Hive The Breeze, BSD City



Keuntungan Yang Didapat Bekerja Di Coworking Space Ev Hive The Breeze, BSD City

Saya senang menyelasaikan pekerjaan saya saat di EV Hive The Breeze BSD City. Selain karena interior di dalam ruangannya, saya juga bisa melihat outdoor yang banyak tanaman-tanamn hijau yang rapi. Benar-benar bikin enak mata melihat pemandangan di sekelilingnya.

saya yang masih daily member






Saya merasa beruntung banget bekerja di coworking space seperti di EV Hive The Breeze BSD dan saya yakin para freelancer dan penggiat starup juga merasakan keuntungan yang sama mengapa mereka memilih berkantor di coworking space.

Energi Yang Menular
Saya merasakan kalau saya ketularan energi dari teman-teman atau komunitas yang sama-sama berada di space yang sama. Melihat bagaimana semangat mereka, antusiasme, dan ide-ide kreatif yang mereka punya, benar-benar menular ke saya.

para member dan komunitas di EV Hive The Breeze, BSD City
Harga Yang Terjangkau
Tau sendiri kan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah gedung atau ruko untuk kantor? Belum lagi biaya operasional lainnya. Nyewa atau kontrak ruko juga masih terhitung mahal. Kalau coworking space prinsipnya lebih economy sharing atau sharing place. Bayangkan saja untuk bekerja di coworking space bisa dengan IDR 50.00 saja plus fasilitas free WiFi dan pantry. Murah bangetkan!

meeting room
Menambah Networking
Coworking space banyak dimanfaatkan para penggiat startup, freelancer atau pun para enterpeneur. Kita bisa saling berinteraksi menambah networking disini. Bukan tidak mungkin dengan terjalinnya networking di kemudian hari bisa bekerja sama dalam suatu project.

meeting room
Mengurangi Stress
Kerja selalu identik dengan stress. Betul nggak? Kalau dikejar deadline, belum memnuhi target, laporan belum kelar, belum lagi ditegur bos berkali-kali, wuih stress banget. Mana ruang kerja mungil kiri kanan tembok kayak lagi di dalam peti tambah mendukung meningkatkan stress. Pastinya nggak sehat banget untuk diri sendiri, karena harus fokus di kerjaan.  Berbeda dengan bekerja di coworking space, konsep open space nya membuat kita bisa berinteraksi dengan orang lain, bersosialisasi dengan orang lain yang punya latar belakang berbeda. Selain itu EV Hive sering mengdakan workshop dan event-event internal yang bisa mengurangi stress sekaligus meningkatkan skill dan nambah pengetahuan juga

locker dan sofa buat nyantai istirahat
Mendapatkan Susana Yang Fun
Mana ada kantor yang bisa nyantai kayak coworking space begini. Lagi penat ngopi dulu, ngobrol dengan orang lain yang baru dikenal. Banyak hal yang bisa dilakukan disini. Oh ya, di EV Hive The Breeze BSD menyediakan ruangan untuk kita bisa skype dengan rekan bisnis yang lagi di luar negeri misalnya. Dan ruangan ini di buat private agar tidak mengganggu komunitas atau member lain.

desain kamar mandinya lucu


Nggak Macet-Macetan Di Jalan
Kerja di coworking space bisa dimana saja, tinggal pilih coworking space yang lokasinya nggak terlalu jauh dari tempat tinggal. Jadi nggak pusing kejebak macet. Bayangkan kalau ngantor dan lokasi kantor lumayan jauh, yang ada stress deluan di jalan karena macet belom lagi kalau naik angkutan yang berdesak-desakan, asli ini nyampe kantor udah bete.


kamar mandi selalu bersih

Asyik banget kan.. kita bisa bekerja selayaknya dikantor, tanpa beban, tanpa stress, tetap fun pokoknya. Satu lagi nih di coworking space kita bisa pilih sewa space mau harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Asyik kan!






You Might Also Like

34 comments

  1. kyaknya adem banget nih buat kerja disini, dari foto-fotonya keliatan kalau suasananya cozy banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin betah dan lupa pulang hihi

      Delete
  2. betah maah punya kantor yang cozy kayak gituuu, toiletnya punn cakeeep :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua nya bersih dan rapiih, keren abiss pokok nya.

      Delete
  3. Tempat terlihat nyaman sekali, cocok banget buat ngeblog nih, cari inspirasi sembari nyeruput kopi..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, ide-ide baru pun jadi bermunculan.

      Delete
  4. Keuntungan freelancer itu bisa pindah-pindah kantor ya, Mbak. Seru. Eh tapi aku masih selalu kerja di rumah, dan mulai merasa jenuh. Boleh juga ngantor di En Hive ini. Harganya juga ramah dompet ya, Mbak. Sama aja dengan kita ngopi-ngopi di kafe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru, serasa punya banyak kantor :)

      Delete
  5. cozy banget tempatnya ya mbaa. emang terkadang para self employee macam kita butuh booster dengan adanya tempat kece macam Ev ini

    ReplyDelete
  6. Kak Tuty...ternyata keren banget yaa..duh pengen langganan dech jadi member, kerjaan pasti lancar duduk disitušŸ˜­ mana adeem banget viewnya

    ReplyDelete
  7. Asik udah terima bersih. Tinggal pakai dan wifi gratis. Bayar pun murah

    ReplyDelete
  8. Dengan berbagai manfaat yang diperoleh, kayaknya tepat deh menghabiskan waktu di Coworking agar bisa menghasilkan energi positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Energi positif sekaligus menambah networking

      Delete
  9. Sesekali emang kalau keluar trus ngantor di coworking space kyk ev hive seru emang ya mbk. Apalagi sewanya murce.
    btw sukses ya lombanya :D

    ReplyDelete
  10. Asyik juga nih tempatnya, kayaknya kalo nongkrong di sini bakal betah berlama-lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betah banget mbak, lokasi yang di sini memang favoritnya saya

      Delete
  11. 50ribu per hari itu murah lho dibanding ngupi-ngupi di mall. Ini udah termasuk snack kan. Eh tapi boleh bawa bekal nasi kan mbak? Makan di pantry. Sebelum nulis butuh mengisi perut dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh bawa nasi..kalo nggak bawa di atas juga ada food court,di sekeliling tempat makan semua :D

      Delete
  12. Saya merasa mbaknya keren asyik duduk disitu.
    Pernah saya melipir ke tempat sepi buat cari ide dan nulis2 ke suatu tempat yg asri dan adem. Tapi, ternyata gak ada sinyal hahaha, nasib. Karena sebenarnya selain internet kencang, suasana juga mempengaruhi rasa nyaman menulis buat saya. Jadi, kalau coworking space bisa mewakili keduanya, ya kenapa gak dipilih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, kalo tempat adem tapi sinyal nggak mendukung zonk banget ya..

      Delete
  13. mba tempatnya bagus banget, di Surabaya belum ada nih mba co working yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betah banget kalo lagi kerja disini, mudah-mudahan EV Hive buka cabang di Surabaya yaa..

      Delete
  14. Dengan tempat yang sebagus itu harga 50.000 mah murah kebangetan. Detail banget setiap penataan furniture. sampai toiletnya pun kece bingit. wah jadi pengen nyobain kerja disana. mayan buat stok foto juga soalnya instagramable

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kerja sambil foto-foto sayang soalnya hehe.

      Delete
  15. asiknya udah sempet nyobain EV Hive yang di BSD... aku baru di D'Labs aja Mbak :D

    ReplyDelete
  16. Aku butuh EV hive daerah Kelapa gadingggg.....

    ReplyDelete
  17. Wow tempat kerja yang nyaman banget yah mba jadi pengen pindah kerja hahaha

    ReplyDelete