Kampanye Anmum Celebrate the Extrarodinary Untuk Para Ibu

W anita mana yang nggak merasa bahagia dirinya jadi sempurna karena menjadi sosok seorang ibu, bisa merasakan kehamilan dan menyusui san...


Wanita mana yang nggak merasa bahagia dirinya jadi sempurna karena menjadi sosok seorang ibu, bisa merasakan kehamilan dan menyusui sang buah hati. Selama proses kehamilan dan menyusui ibu berjuang untuk hasil terbaik bagi sang buah hati kelak. Hamil dan menyusui adalah perjalanan luar biasa yang di alami oleh seorang ibu. Untuk itu setiap ibu butuh dukungan dari orang-orang terdekat termasuk suami, keluarga, lingkungan sekitar, juga nutrisi yang tepat.

Tepat tanggal 1 Agustus 2017 lalu saya mengikuti Anmum Celebrate The Extraordinary bersama Fonterra Brands Indonesia dan Anmum. Acara ini bertepatan pula dengan peringatan pekan ASI yang diperingati setiap tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya. Anmum Celebrate The Extraordinary merupakan sebuah kampanye yang mengajak para ibu hamil dan menyusui untuk merayakan sebuah fase yang bisa dikatakan begitu luar biasa. Karena untuk menjalankan kampanye ini Fontera Brands Indonesia dan Anmum melakukan study mengenai tantangan yang dialami oleh ibu hamil dan menyusui di Indonesia. 


Kampanye Anmum Celebrate The Extraordinary ini dilakukan agar para ibu bisa tahu, bisa kenal, dan bisa memahami berbagai hambatan yang terjadi pada masa kehamilan dan menyusui dari segi aspek fisik, psikologis dan sosial. Rohini Behl selaku Marketing Technical Advisor Fonterra Brands Indonesia mengatakan melalui kampanye Anmum Celebrate The Extraordinary, Fonterra Brands Indonesia dan Anmum ingin merayakan momen kehamilan dan menyusui yang menjadi momen yang menantang bagi banyak ibu. Perjalanan para ibu mulai dari kehamilan dan menyusui adalah perjalanan yang membutuhkan banyak dukungan.


Pentingnya Dukungan Lingkungan dan Kondisi Ibu Sepanjang Hamil dan Menyusui

Dr. dr. Ali Sungkar SpOG (K), Ketua PERINASIA dan Anggota Dewan Penasihat Obstetri dan Ginekologi Indonesia, DKI Jakarta menjelaskan bahwa 1000 hari pertama kehidupan merupakan pondasi penting bagi masa depan anak. 1000 hari pertama kehidupan sebenarnya dipersiapkan sebelum konsepsi atau sebelum hamil. Anak adalah pemimpin atau calon khalifah, maka dari itu kita harus mempersiapkan kehamilan dengan baik dengan cara memberikan yang terbaik pula untuk bayi kita. Apa yang harus kita berikan? Tentu saja ASI, kata dr. Ali. Kurangnya dukungan sosial seperti penyesuaian psikososial dan emosional selama fase penting kehidupan berpotensi menimbulkan risiko bagi kesehatan ibu dan kurangnya peluang bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Pentingnya sistem pendukung sosial yang sehat selama masa kehamilan dan menyusui jangan dianggap remeh loh ya.

dr. Ali Sungkar

Dr. Ali juga memaparkan jangan biarkan orang under nutrisi atau mengalami gizi buruk hamil. Karena nantinya ibu yang mengalami gizi buruk punya potensi melahirkan anak dengan kondisi gizi buruk juga atau bayi kecil. Jadi perlu diketahui kalau bayi lahir kecil ada 2 kemungkinan yaitu kurang bulan atau prematur dan kurang gizi. Anak-anak yang lahir dengan kondisi gizi buruk saat besar juga kemungkinan mengalami gizi buruk yang berakibat tubuh menjadi pendek. Orang pendek bukan karena keturunan tapi karena gizinya kurang. Anak perempuan yang kita lahirkan dan mengalami kurang gizi saat ia besar dan menikah kemudian hamil ia juga akan melahirkan anak dengan kondisi berat badan kurang dan begitu seterusnya. Siklus inilah yang harus dipotong kata dr. Ali karena ini terkait inter generasi, sehingga seharusnya dimulai dari perempuan dengan kualitas yang baik. 


Dampak Memberikan Nutrisi Yang Buruk Pada Anak

Jika sejak hamil anak tidak mendapatkan nutrisi yang baik, anak uang kita lahirkan akan beradaptasi dengan under nutrisi dan kedepannya anak akan mengalami gangguan di masa depannya. Gangguan yang dimaksud berupa gangguan pada perkembngan otaknya, gangguan motorik, gangguan bicara, dan gangguan kognitif. Sistem imun pada tubuh juga akan terganggu bayi akan udah terkena infeksi, begitu juga dengan organ tubuh lainnya seperti ginjal, pankreas, jantung, yang mengakibatkan anak menderita hipertensi, obesitas, penyakit jantung, pada usia remaja. Kalau diberikan ASI yang baik dampak ini bisa berkurang 30 sampai 40 persen. 


Yang Bisa Dicegah Dengan Menyusui 

Dengan ASI risiko penyakit seperti infeksi, gangguan saluran pernafasan 50 persen bisa di atasi. Demikian juga dengan diabetes, asma, obesitas, alergi, leukimia dengan ASI bisa diturunkan 30 - 40 persen. Dengan menyusui juga mencegah risiko ibu menderita kanker payudara karena terkait dengan produksi estrogen, oksitosin, selain itu juga mencegah jantung koroner dan kanker ovarium. Secara umum ini untuk ibu dan bayi. Sedangkan untuk lingkungan tentu saja akan mengurangi kita untuk buang-buang box, plastik, kaleng, dll yang berdampak bagi lingkungan.


Apa Saja Yang Bisa Dibuat Oleh Susu Formula

Banyak yang bisa dibuat dengan susu formula, kecuali yang penting yaitu antibodi yang cuma didapatkan dari ASI. Dengan ASI bayi bisa mendapatkan antibodi dari ibunya termasuk hormon, anti virus, grow factor, anti alergi, enzim, ini tidak didapatkan dari susu formula, Banyak mitos terkait mengenai menyusui. Banyak yang bilang kalau bayi prematur tidak boleh diberi ASI, padahal bayi prematur itu justru harus diberi ASI agar saluran cernanya lebih baik. 


Apa Saja Hambatan Ibu Menyusui

Sebenarnya yang membuat atau menyumbang hambatan untuk mendukung ibu menyusui antara lain:
1. Kurangnya dukungan luas dari lingkungan; seperti suami, teman, orang-orang terdekat disekitar kita, ada yang mengatakan kalau terus-terusan menyusui nanti payudara bisa kendur. Seharusnya lingkungan kita menyampaikan yang terbaik. Jadi informasi yang salah kemudian dipercaya menjadi informasi yang benar.
2. Media menyiarkan menyusu dengan botol adalah normal; karena dianggap saat bepergian keluar anak menyusui dengan botol.
3. Kurangnya pendidikan prenatal mengenai menyusui; ini tekait para medis yang kurang memberikan edukasi kepada ibu pada saaat prenatal care.
4. Kurangnya pendidikan petugas kesehatan; termasuk dari bidan, konselor laktasi, juga masih ada yang memberikan sampel-sampel susu formula.
5. Kebijakan rumah sakit yang kurang mendukung ibu bekerja; cuti hamil bagi karyawan seharusnya haknya anak bukan haknya ibu. Karena ini merupakan hak anak untuk mendapatkan susu dari ibunya. Konsep yang salah ibu-ibu buru-buru masuk kerja untuk mendapatkan gaji agar bisa menggaji asisten rumah tangga dan membiarkan anaknya dididik oleh ART nya, seharusnya anak dididik oleh ibunya. Seharusnya ibu memperjuangkan hak bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif.
6. Promosi susu formula yang luas; ini terkait dengan untuk bayi yang masif.


10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui

1. Sarana pelayanan kesehatan mempunyai kebijakan tentang penerapan kebijakan tentang 10 langkah menuju keberhasilan menyusui
2. Saran pelayanan kesehatan melakukan pelatihan untuk staf sendiri atau lainnya
3. Menyiapkan ibu hamil untuk mengetahui manfaat ASI dan langkah kerberhasilan menyusui, memberikan konseling  apabila ibu penderita infeksi HIV positif; orang dengan HIV boleh menyusui tapi tidak boleh mix feeding.
4. Melakukan kontak dan menyusui dini bayi baru lahir (1/2 - 1 jam setelah lahir)
5. Membantu ibu melakukan teknik menyusui yang benar (posisi peletakan tubuh bayi dan peletakan mulut bayi  pada payudara
6. Hanya memberikan ASI saja tanpa minuman pralaktal sejak bayi lahir
7. Melaksanakan rawat gabung ibu dan bayi; ibu harus bersama bayi dalam satu ruangan termasuk caesar extention
8. Melaksanakan pemberian ASI sesering dan semau bayi; setiap 3 jam sekali wajib disusui
9. Tidak memberikan dot/kompeng
10. Menindaklanjuti ibu-bayi setelah pulang dari sarana pelayanan kesehatan


Selain dr. Ali ada juga beberapa narasumber lain yang hadir di event Anmum Celebrate The Extraordinary, yaitu Ines Yumahana Gulardi, MSc selaku Senior Nutrition Manager Fonterra Brands Indonesia, Cynthia Lamusu seorang artis dan publik figur juga mbak  Maria Wijaya ibu pejuang ASI. Wah, saya sering sekali stalking IG nya Cynthia saking gemesnya lihat si kembar dan keluarga bahagia ini. Cynthia sharing kepada kami semua mengenai pengalamannya selama hamil dan menyusui. Setelah sekian lama berumah tangga tepatnya 8 tahun Cynthia dan Surya dianugerahi anak kembar laki dan perempuan. 

Cynthia yang melahirkan bayi prematur sempat panik, karena belum sempat belajar laktasi bagaimana menyusui.  Meskipun sempat khawatir ASI nggak keluar, hari ketiga setelah melahirkan ASI akhirnya keluar juga. Pengalaman seru atau proses berjuang dimulai saat memberikan ASI. Awal punya baby sempat kurang menjaga pola tidur yang baik, hanya tidur 2 jam sehari. Sempat produksi ASI berkurang karena kurang istirahat, padahal si kembar memerlukan nutrisi yang cukup, makanya kadang Cynthia mencari donor ASI. Selama hamil dan menyusui Chnthia  minum susu Anmum agar sikembar mendapatkan nutrisnya.

Cynthia Lamusu, Surya Sahputra dan si Kembar (foto dari IG chynthia_lamusu)
Mbak Maria Wijaya seorang pejuang ibu ASI selain memberikan ASI untuk anaknya sendiri juga mendonorkan ASI kepada bayi-bayi lain. Dahulunya mbak Maria sendiri bukan anak ASI, saat ia bayi ia diberi susu formula. Makanya ia sudah berniat menikah nanti akan memberi ASI kepada anak. Nggak pernah terpikirkan sama sekali kalau ia bakal punya stok ASI banyak sampai satu kulkas, bayangkan saja dalam sehari bisa 12 kali pompa ASI. Tapi karena komitmen dan dukungan dari orang-orang terkasih mbak Maria sukses memberi ASI eksklusif kepada anaknya. Salut deh buat mbak Maria.

Ines Yumahana
Sebetulnya makan sehat itu penting untuk ibu hamil dan menyusui kata mbak Ines. Sebenarnya 3 bulan sebelum kehamilan pola makan sudah di perbaiki, kalau diundur pola makannya di diperbaiki sejak masa reproduktif lebih baik lagi. Karena mempersiapkan pembuahan atau suatu kehamilan. Diawal kehamilan organ-organ tubuh terbentuk terutama otak. Kalau nutrisi penting yang namanya folat tidak cukup disaat awal kehamilan akan terjadi cacat karena tabung syaraf dan otak tidak tertutup sempurna karena folat yang tidak cukup. Perkembangan otak terjadi di 4 minggu pertama, pada hari ke 28 setelah konsepsi tabung syaraf sudah menutup, dan inilah yang menjadi cikal bakal otak. Kebanyakan para ibu dihari ke 28 belum tahu kalau dirinya hamil. padahal sudah terjadi pembuahan, sudah terbentuk cikal bakal otak.

Untuk Anmum Materna sendiri folat yang ada di Anmum sudah teruji secara klinis. Penelitian sudah dilakukan berkali-kali dan yang terakhir dilakukan di Singapore. Disini dilihat wanita-wanita yang dikasi susu Anmum Materna dan susu lain. Ternyata dengan Anmum Materna dengan folat yang sedemikian rupa dalam 12 minggu level folat didalam darahnya sudah mencapai titik risiko terendah terjadinya cacat NTD. 


para ibu mendapat kesempatan mencoba Anmum rasa baru yaitu Anmum Materna Chocolate 

Dalam penelitian juga dilihat apakah ada kenaikan berat badan setelah minum susu Anmum Materna, ternyata tidak ada kenaikan berat badan yang signifikan atau yang tidak diinginkan. Jadi kalau ada yang mengatakan ibu hamil jadi gemuk karena susu itu tidk benar sama sekali. Yang mesti dilihat justru pola makan sehari-hari, jangan-jangan makan pagi nya gorengan atau seporsi nasi padang. 

Kebutuhan nutirisi jauh lebih meningkat ketika kita menyusui daripada ketika kita hamil. Yang sering terlintas dipikiran ibu-ibu hamil biasanya menurunkan berat badan secepatnya. Padahal saat menyusui kalau kita diet dan mengurangi porsi makan berlebihan maka itu dapat mengurangi asupan energi yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI itu sendiri. Karena memproduksi ASI membutuhkan 700 kilo kalori. Jadi kalau orang hamil asupannya disarankan 300 kilo kalori itupun di trimester pertama sampai trimester ketiga. Untuk ibu menyusui itu perlu tambahan kalorinya 500 kilo kalori, berarti 200 kilo kalori lebih banyak daripada waktu hamil. 

Pola makan yang teratur, sehat dan seimbang berat badan akan turun secara alami. Prioritasnya adalah kesehatan bayi dan kesehatan ibu. Disaat menyusui kebutuhan nutrisi berperan penting karena memnuhi kebutuhan nutrisi bayi melalui ASI. ASi eksklusif adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi selama 6 bulan, ini yang terbaik komposisinya. Beberapa komposisi ASI berpengaruh terhadap makanan asupan oleh ibu.

Anmum Materna Chocolate nya enak sekali, nggak bikin mual
Nutrisi yang sangat berpengaruh pada asupan ibu adalah DHA. Berdasarkan penelitian DHA ibu-ibu yang paling tinggi adalah ibu-ibu di negara Jepang. Karena orang Jepang banyak makan ikan. Anmum Materna  menyediakan nutrisi makro dan mikro dengan Ganglioside (GA) dan DHA. DHA cukup penting untuk perkembangan otak dan retina mata. Yang namanya sel otak berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain melalui transisi pesan.  Anmum Materna juga mengandung serat pangan untuk membantu pencernaan ibu hamil.


Sekarang ada rasa baru Anmum Materna Chocolate yang memiliki rasa yang disukai. Menurut survei 8 dari 10 wanita hamil lebih menyukai rasa baru anmum Materna Chocolate dibandingkan dengan produk susu hamil lainnya. Saya dan teman-teman mendapat kesempatan merasakan Anmum Materna Chocolate dan rata-rata kami semua menyukai rasa baru ini. Anmum benar-benar tahu banget selera konsumen.


kiri-kanan: Andriani Ganeswari, Cynthia Lamusu, Rohini Behl, Maria Wijaya, Ines Yumahan Gulardi


Info lengkap mengenai Anmum bisa dilihat di Fan Page AnmumIndonesia atau instagram @anmum_indonesia.



You Might Also Like

38 comments

  1. Postingannya ini pelajaran banget nih bagi saya yang tengah mengandung anak kedua. Dan emang sejak trimester 2 kemarin saya minum Anmum Materna ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..selamat ya mbak, semoga lancar sampai lahiran dan bayi sehat selalu. Amiin..

      Delete
  2. Akupun mengasup anmum ketika tahu hamil dan menyusui,selain nutrisi, rasanya enak

    ReplyDelete
  3. Anmum Rasa baru lebih enak ya mba... Manisnya pas... Ga eneg pula..

    ReplyDelete
  4. Aku udah folow akun sosmed anmum mba, buat cari referensi ilmu klo pas lg down atau blank :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..biar nggak dapat info mitos dari luar yaak :D

      Delete
  5. wah sejak 3 bln ya, sayangnya usia kehamilan tsb seringnya bumil lagu bermasalah thd mual muntah ya. Eh mgkn Anmum bisa jd alternatif, krn gak bikin mual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nggak bikin mual dan rasanya juga enak bangeet :)

      Delete
  6. Selain nutrisi, pembentukan karakter serta stimulasi juga tak kalah pentingnya ya Mba :)
    Anmum langkah edukasinya keren kemarin sarat banget ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh dapat banget ilmunya, masih banyak ibu2 yang belum mendapatkan edukasi, bahkan dr. Ali bilang petugas kesehatan sendiri kadang kurang memberi edukasi. Salut buat Anmum yang begitu care terhadap para ibu.

      Delete
  7. Masa hamil dan menyusui memang seperti perjalanan luar biasa yah Mbak.. Seneng baca artikel ini tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa banget mbak..pengen bangeet bisa jadi ibu yang merasakan hamil dan menyusui baby :)

      Delete
  8. aku suka anmum. rasanya enak, pdhl aku gak suka susu :) 2 kali hamil, minumnya ya... anmum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok banget berarti ya mvak untuk ibu hamil yang nggak doyan susu jadi nggak bikin enek.

      Delete
  9. Rasa coklatnya creamy yaa.. Bner bgt ni, nutrisi saat hamil memang penting..

    ReplyDelete
  10. Rasa anmum matena dan lacta memang rasanya enak ya mak kyk ice cream

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau bilang kayak ice cream pas bales komen mbak Jade, eh ternyata pikiran kita sama hehe..lah aku malah nagih pengen minum lagi :D

      Delete
  11. Hayo Mba Tuty yang rajin minum anmum nya. Aku pilih anmum lacta aja....supaya asi ku juga mengandung DHA yg dibutuhkan oleh bayi.

    Sesi sharing yang tidak terlupakan kemarin itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai des..iya nih pengen minum Anmum Materna Chocolate terus2an jadinya :)

      Delete
  12. Baru kali ini lho aku minum susu hamil nggak eneg. Biasanya susu hamil cuma teronggok nggak habis di kulkas karena bikin eneg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mak..ini pas minum Anmum Materna Chocolate kemarin aku nggak mikir bakal nggak diminum, soalnya enaak.

      Delete
  13. Slain minum susu asupan brgizi jg brpngaruh buat ibu dn buah hati y mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak..ikan, buah, sayur, dll tetap dibutuhkan sebagai sumber gizi :)

      Delete
  14. Paling sedih kl bumil dan busui gak didukung org sekitar.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal bumil harus dibuat senang ya, soalnya ngaruh buat baby nya, huhu...

      Delete
  15. Harus memperhatikan nutrisi kalau lagi hamil dan menyusui. Karena apa yang dimakan si ibu, teserap juga pada bayinya.Anmum ngerti banget kebutuhan ibu-ibu.

    ReplyDelete
  16. datang acara ini, jd tau banyak ttg mistos dan faktaseputar hamil dan menyusui. mwrasa dpt support penuh terutama ibu yg lg mengandung smapai kelak menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengingat para ibu hamil dan menyusui membutuhkan dukungan dari orang terdekat termasuk suami, next time kalau ada event begini boleh ajak suami kali ya biar suami kita dapat ilmu juga hehe..

      Delete
  17. Wah banyak ilmu baru terutama kilo kalori yang dibahas itu aku baru tahu hehehe... dokter kandunganku juga ngasih rekomendasi susu hamil anmum sih awalnya minum yang plain ga enak trus ganti coklat enak ternyata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget ya mak yang coklat, creamy..

      Delete
  18. Sekarang anak-anak muda pada sakit berat ya, Kak. Kalau dulu sakit berat itu kena sama yang tua aja. Nutrisi sejak dini juga berpengaruh rupanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak..karena mereka nggak dapat ASI exclusive kak jadi nggak punya antibodi.

      Delete
  19. nutrisi sejak dini memang harus dilakukan ya mba, supaya kebutuhan si kecil terpenuhi.

    ReplyDelete
  20. Mba Tuty aku suka banget rasa Anmum wlpn ga hamil hehehe... biar sehat. :)

    ReplyDelete