NutriPuffs Snack Bernutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

N afsu makan anak memang susah ditebak yah mom. Kadang anak lahap sekali makannya, kadang malah nggak mau makan. Ortu mana yang nggak re...


Nafsu makan anak memang susah ditebak yah mom. Kadang anak lahap sekali makannya, kadang malah nggak mau makan. Ortu mana yang nggak resah kalau anaknya nggak mau makan sama sekali, yang paling mengkhawatirkan kalau tumbuh kembangnya terganggu. Tapi sebenarnya itu berawal dari kita juga sebagai orang tua. Anak suka meniru orang tua nya termasuk apa yang di makan orang tua nya dan bagaiman cara makan orang tua nya. Kalau misalnya mom nggak suka sayur dan nggak mencontohkan ke anak makan sayur dan buah, anak juga akan seperti itu nantinya. Jadi harus kita nya dulu nih yang pola makannya di ubah, agar anak akan mengikuti.

Selain makanan utama, anak juga biasanya sudah mulai suka makanan selingan. Sayangnya yang justru jadi makanan selingan adalah jajanan warung yang kadang jajanan tersebut nggak layak di konsumsi anak-anak karena mengandung pengawet dan MSG, yang sama sekali nggak ada kandungan nutrisi nya. Padahal yang namanya snacking buat anak seharusnya terbuat dari bahan-bahan yang baik dan bernutrisi, bukan jajanan yang malah berbahaya buat kesehatan terutama tumbuh kembang anak. Satu lagi nih yang kadang bikin anak malas makan makanan utama karena udah ketagihan makan jajanan.


Pemenuhan Gizi di Awal Kehidupan

Market Nutritionist PT. Nestle Indonesia Eka Herdiana menjelaskan bagaimana pemenuhan kebutuhan gizi sangat penting untuk mencegah berbagai peemasalahan kesehatan.  Mbak Eka menjelaskan ini pada peluncuran Cerelac NutriPuffs 24 Mei 2017 di D'Lab. Menurut mbak Eka diprekdiksi beberapa tahun kedepan Indonesia akan mengalami bonus populasi. Bonus populasi ini akan berpotensi menguntungkan jika gizi anak Indonesia tercukupi dengan baik. Ini jadi pekerjaan rumah alias PR bagi kita baik keluarga dan pemerintah agar kita lebih peduli dengan masalah gizi.

Berdasarkan pemantau Status Gizi dari Departemen Kesehatan pada tahun 2015, 3 dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting akibat malnutrisi. Selain itu berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, 28 persen anak Indonesia berusia 12 - 59 bulan mengalami anemia di usia dini akibat kekurangan zat besi. Ini menunjukkan pentingnya pemenuhan gizi di awal kehidupan, karena jika tidak ditangani dengan baik, dapat mengganggu perkembangan kognitif serta memberikan dampak yang permanen.


Eka Herdiana
Selama ini kebiasaan anak-anak yang suka pilih-pilih makanan membuat anak tidak mendapat asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang sehingga anak rentan mengalami kurang gizi. Mengingat anak usia di atas 1 tahun sangat membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang tidak hanya didapat dari ASI, tetapi dari makanan. Nutrisi yang harus didapai dari makanan berupa karbohidrat dari nasi dan sereal, protein dari daging dan ikan, serta susu, sayuran dan buah.

Setelah masa ASI eksklusif sebenarnya anak sudah bisa dikasi snack yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Kandungan gizi, ukuran, tekstur, serta jenis makanan yang disukai anak  jadi pertimbangan bagi kita para ibu untuk memilih snack. Snack bisa dalam bentuk, bubur, puding, juice, dll. Kalau anak berusia 6 bulan yang baru saja menyelesaikan ASI eksklusif sebaiknya diberi snack yang bertekstur cair seperti juice. 

Snacking sebenarnya adalah bagian dari healthy diet. Jadi yang namanya snack itu bukan keripik atau kerupuk yang sama sekali nggak ada gizi nya, kata mbak Eka. Snack yang diberikan kepada anak harus bergizi baik, lebih bagus lagi mengandung whole grain sayur dan buah.  Buah-buahan yang diolah menjadi snack juga buah-buahan asli bukan cuma ekstrak buah, karena dalam buah-buahan asli banyak mengandung vitamin yang membantu proses dalam tubuh. Makanya sangat direkomendasikan untuk memberikan snack pada anak. WHO menyarankan snack untuk anak berupa makanan yang bisa diambil dengan tangan pada anak usia 9-11 bulan, bukan tanpa sebab ini juga untuk menstimulasi sensor motoriknya loh mom.


Berapa Besar Peranan Snack Untuk Tumbuh Kembang Anak?

Nggak hanya dari segi nutrisi, snacking pada anak ternyata juga bermanfaat untuk tumbuh kembang optimalnya. Psikiater anak Dr. dr Tjhin Wiguna, spKJ(k) menjelaskan proses pemberian makanan termasuk pemberian makanan selingan atau snack yang teratur dan menyenangkan membuat anak usia batita turut mengembangkan rasa percaya (basic trust) terhadap ibu atau orangtua atau pengasuhnya menjadi lebih baik. Saat memberi makan kepada anak akan ada proses stilmulasi dan komunikasi oleh karena usahakan untuk membuat proses inimenjadi menyenangkan. Memberi makan anak dengan senang selain makanan akan dicerna dengan baik juga bisa merangsang otak mengeluarkan hormon endorfin yakni hormon yang membuat anak jadi happy. Nggak cuma mengeluarkan hormom oksitosin saja, tapi hormon oksitosin juga akan ikut terangsang sehinga anak menjadi relaks saat melakukan aktivitas makan.  


Dr. Wiguna
Proses menyenangkan yang dirasakan anak pada saat makan akan terus berualang dan terekam di otak anak. Memori menyenangkan yang terekam inilah yang akan membuat anak memiliki pola dan kebiasaan makan teratur, anak akan selalu momen-momen menyenangkan yang diingatnya, dan ini membuat anak memahami bahwa setiap hari pada saat tertentu anak mendapat kebahagiaan dan kesenangan. Tau nggak mom, tanpa disadari hal kecil yang kita lakukan kepada anak akan berkembang luas untuk otak anak dan fungsinya di kemudian hari. 

Meberi makan pada anak ada aturannya juga kata Dr. Wiguna.  Anak sebaiknya didukung makan sendiri, nggak masalah kalau makannya berantakan karena ini untuk melatih motoriknya dan proses belajar. Usia 7 bulan sampai 2 tahun adalah masa krusial untuk melatih motorik halus pada anak. Makanan yang kita berikan sebaiknya bervariasi, berikan jenis dan bentuk makanan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak agar anak mulai belajar tekstur, bentuk dan rasa. Kemudian Dr. Wiguna juga mengingatkan kalau saat makan jangan ajak anak sambil bermain, karena menimbulkan confuse pada anak sebenarnya ini waktunya bermain atau waktunya makan. Tapi ciptakan momen yang menyenangkan bagi anak, bukan dengan mainan tapi interaksi yang menyenangkan. Kalau sudah 10 sampai 15 menit anak hanya bermain dengan makanannya saja sebaiknya makanan disingkarkan saja.

Laura Basuki
Hal ini juga dibenarkan oleh Laura Basuki selebrity mom dan ibunya Owen ini menceritakan pengalamannya memberi makan Owen. Biasanya Owen juga kalau makan suka sambil nonton TV, tapi Laura membiasakannya dengan langsung matikan TV kalau Owen lagi makan, karena kalau tidak dibiasakan dari sekarang khawatir makannya nggak fokus dan jadi malas makan.


Nutripuffs Snack Bernutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak


Rendi Kusumo selaku Category Marketing Manager Infant Cereal & Baby Foods Pt Nestle Indonesia memaparkan bahwa snacking itu sebenarnya sehat, tapi faktanya lebih dari 70 persen anak usia 10-24 bulan di Indonesia tidak mengonsumsi snack yang dirancang khusus untuk usianya. 

Rendi Kusumo
Ada juga orang tua yang menganggap snack itu tidak baik bagi anak. Padahal snacking penting untuk si kecil untuk membantu pemenuhan nutrisi harian, memberikan stimulasi untuk mengembangkan kemampuan self-feeding, dan membantu membentuk basic trust antara orang tua dan anak. Mungkin orang tua yang tidak memberikan snack kepada anak karena ada kekhawatiran, misal anak belum bisa pegangan makanan sendiri atau snack yang dimakan ukurannya besar khawatir susah di telan.  Karena itu lah Cerelac hadirkan Cerelac Nutripuffs.


Cerelac NutriPuffs Pisang Strawberry dan Pisang Jeruk
Cerelac Nutripuffs sudah dirancang sesuai kebutuhan si kecil dengan lima keunggulan yaitu Mudah dipegang, Dipanggang bukan digoreng, Tinggi zat besi, Dengan gandum utuh dan buah asli, dan yang terakhir Meleleh dimulut sehingga mudah dicerna. Cerelac Nutripuffs dilengkapi dengan zat gizi mikro antara ain zat besi. Berdasarkan angka kecukupan gizi, satu takaran saji Cerelac Nutripuffs atau sekitar 7 gram dapat memenuhi 20 persen kebutuhan zat besi harian si kecil.

Cerelac Nutripuffs Snack Berbentuk Bintang
Jika pola makan anak sudah teratur, orang tua  nggak perlu khawatir kalau anak ketagihan makan snack. Karena anak yang terbiasa dengan pola makan teratur sudah mengenal arti kenyang dan lapar. WHO sendiri menganjurkan pola makan anak 3 kali manan makanan utama, 2 kali makanan selingan atau snacking. Cerelac Nutripuffs dianjurkan bagi anak usia 10 bulan ke atas, tidak dianjurkan untuk anak yang usianya masih dibawah 10 bulan. Dan untuk anak berkebutuhan khusus sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter apakah diperbolehkan atau tidak bila mengonsumsi snack Cerelac Nutripuffs.

Cerelac Nutripufss bisa dibeli diberbagai store seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Carrefour, Transmart, Hypermart,  Giant. Harganya juga terjangkau, untuk ukuran 50 gram seharga 17 ribu rupiah. Cerelac Nutripuffs ada dua kombinasi rasa yaitu Pisang Strawberry dan Pisang Jeruk.


Terakhir mas Rendi mengatakan, kehadiran Cerelac Nutripuffs, snack berbentuk bintang yang dirancang khusus untuk si kecil merupakan wujud komitmen Nestle untuk senantiasa menyediakan pilihan yang lebih lezat dan sehat untuk keluarga Indonesia. Bagi Nestle yang menjadi priorotas utama adalah bagaimana Nestle dapat turut meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Kak Tutty andaikan waktu bisa dikembalikan ingin rasanya aku memberikan anak2 ku Snack from Nestle ini.Dari kecil anak-anakku menikmati product dari Nestle, good product.Pasti banyak anak Indonesia yang suka snack baru-nya Nestle nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini produk lama banget ya kak Denis, sahabat ibu dan anak.

      Hapus
  2. Bentuknya unik ya, Teh. Bintang gitu, anak jadi lebih suka. Makin keren aja nih nestle :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unik bikin anak-anak tertarik dan mudah di pegang juga jadinya.

      Hapus
  3. Aku mau beli buat Fira nih. Fira termasuk anak yang susah makan. Aku kagum dengan Nestle yang selalu berinovasi dan kreatif menghadirkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Sudah tersedia di seluruh pusa t perbelanjaankah? Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mbak, sudah bisa dibeli di supermarket, semoga Fura doyan yaa..

      Hapus
  4. cocok banget buat anak2 balita ya mbak....bentuk2nya jadi menarik anak2 untuk makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk snack anak-anak usia di atas 10 bulan mbak :)

      Hapus