Tips Menyusun Rencana Perjalanan Sendiri

T ravelling selain sebagai hobi juga karena kebutuhan. Kenapa kebutuhan? Karena kita memang butuh piknik ya kan. Seperti yang orang-oran...


Travelling selain sebagai hobi juga karena kebutuhan. Kenapa kebutuhan? Karena kita memang butuh piknik ya kan. Seperti yang orang-orang bilang jangan sampai kurang piknik hehe. Ya setidaknya dengan travelling kita bisa lebih rileks dari rutinitas atau pekerjaan dan menghilangkan stress. Singkatnya liburan itu menyenangkan, baik bepergian sendirian maupun bersama keluarga. Soal budget kembali kepada diri masing-masing sih, karena budget itu relatif. Ada yang berlibur menghabiskan dana puluhan juta tapi dianggap murah, ada juga menghabiskan dana jutaan tapi di anggap mahal.

Selain soal budget, rencana perjalanan juga harus matang, harus sudah punya rencana perjalanan. Kalau merasa lebih nyaman ikut tour bareng travel agent yang sudah memiliki paket wisata bisa, atau lebih nyaman bikin itinerary sendiri juga bisa. Kalau bikin rencana perjalanan sendiri saya mau berbagi tips nih, biar perjalanan lebih rapi disusun jauh-jauh hari.


Waktu Terbaik

Kalau saya memilih waktu yang tepat untuk liburan itu justru jangan pas peak season. Pilih saja saat-saat low season. Karena selain menekan budget untuk tiket pesawat, hotel, dan transportasi lainnya, juga biar nggak terlalu ramai. Kalau lagi peak season semua lokasi wisata pasti crowded banget. Bukannya menikmati liburan yang ada bisa bikin bete karena nggak bisa menikmati apa saja yang ada di lokasi wisata yang kita tuju, belum lagi ada yang masuk ke lokasi wisatanya pakai ngantri, pikir lagi deh kalau liburannya saat peak season.


Pilih Destinasi

Kalau liburan bareng keluarga sebaiknya diskusikan terlebih dahulu tujuan berliburnya mau kemana. Jangan sampai ada salah satu angota keluarga yang nggak setuju atau terpaksa ngikutin suara terbanyak, karena liburan dijamin bakal nggak asik. Ntar yang lain pada senang-senang menikmati liburan yabg lain malah kelihatan bete dan lebih memilih menunggu di hotel. Yang ada liburan malah jadi nggak fokus. Makanya pilihan tujuan berlibur harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Susun Itinerary Perjalanan

Setelah semua sepakat baru deh susun itinerary nya. Di kota yang kita tuju apa saja objek wisatanya. Misalnya nih pengen liburan didalam negeri aja ke Jakarta. Mesti searching di Jakarta ada apa saja. Kira-kira tempat wisata yang dikunjungi cocok untuk keluarga atau enggak, terus hitung juga jarak dan waktu menuju lokasi wisata agar tidak banyak waktu dan biaya yang terbuang percuma.

Transportasi 

Yang perlu di garis bawahi adalah kalau Jakarta itu kota besar, dari Utara ke Selatan atau Timur ke Barat itu nggak dekat. Harus dipertimbangkan juga waktu tempuh nya juga transportasi dalam kota yang digunakan. Ya jaman sekarang teknologi sudah canggih urusan transportasi sudah bisa di order via online atau lebih nyamannya seperti apa. Bisa juga dengan rental mobil jadi lebih puas tanpa harus menunggu taksi terlalu lama. Tinggal hitung saja lebih hemat mana naik taksi agau rental mobil, selain ongkos pertimbangkan juga waktu dan tenaga

Tiket Pesawat

Tiket pesawat juga penting dibeli jauh-jauh hari karena kalau beli dadakan biasanya harga bakal melambung tinggi, niat menekan budget malah mahal di ongkos. Harus teliti juga sebelum membeli tiket, perhatikan landing nya dimana ntar. Soalnya kalau ke Jakarta ada pilihan mendarat di bandara Soekarno Hatta atau Halim. Bisa berabe ntar kalau kita sudah info ke orang yang akan menjemput di bandara. Kita info jemput di Soeta nggak taunya kita mendarat di Halim. Jangan lupa juga cek jam berangkat dan jam tiba, jangan sampai kita memilih penerbangan yang ada transitnya. 


Hotel

Penginapan juga nggak kalah penting untuk dipersiapkan. Selain seperti beli tiket pesawat dadakan yang harganya bisa mahal, yang dikhawatirkan justru kalau booking hotel dadakan sampai di hotel malah hotelnya full. Kalau perginya sendirian nggak masalah sih mondar mandir cari hotel, masalahnya kalau ktia lagi bawa keluarga kan bisa repot boyong keluarga. Memilih hotel juga harus disesuaikan jumlah kamar dengan jumlah orang, sebagian hotel ada yang tidak mengizinkan dalam satu room isinya lebih dari 2 orang, kalau room nya gede mungkin masih bisa dimaklumi tapi kalau roomnya kecil kasian anak-anak nggak akan nyaman. Kalau booking hotelnya online cek juga apakah hotel menyediakan extra bed,. Yang paling penting lagi hotel tempat kita menginap itu sudah dapat breakfast apa belum. Nggak lucu kan kalau pagi-pagi kita turun sekeluarga mau sarapan eh nggak taunya hotel yang sudah kita bayar nggak termasuk sarapan pagi. Ada lagi nih yang harus diperhatikan, lokasi hotel kalau bisa pilih yang aksesnya mudah dan dekat dengan lokasi belanja, tempat makan, dll.

Oh ya, sekarang pesan tiket pesawat dan hotel bisa tambah hemat. Cara nya booking tiket pesawat dan hotel jangan terpisah, ini lebih menghmeat waktu saat membooking juga lebih hemat biaya. Seperti yang ada di Traveloka, kita bisa memesan tiket dan hotel dalam satu paket. Paket tiket hotel Traveloka ini mudah digunakan, intinya saving time banget.

paket hemat
contoh booking paket tiket + hotel Traveloka

Kita nggak repot-repot searching tiket dan hotel terpisah, yang bikin happy lagi harganya jauh lebih murah dibanding beli secara terpisah. Lumayankan bisa mengurangi budget atau budget nya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti kulineran hehe. Coba deh, bookingnya gampang cara bayarnya juga mudah. Tinggal menikmati liburannya aja nih.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Setujuuuu, aku pun lbh sering liburannya pas low season mba.. Pusing duluan kalo rame pas musim liburan hehe.. Aku kmren sempet buka paket tiket hotel Traveloka ini, kayaknya emang lbh murah yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak nggak enak kan ya kalao liburan terlalu rame, suka nggak nyaman hehe

      Hapus
  2. kalo tempat wisatanya belum pernah kita kunjungi, memang lebih enak memilih paket ya mba, karena supaya enak, kita tinggal ikutin itinery dari paket perjalanan wisata tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau takut tersesat mending pake paket aja mbak hehe

      Hapus
  3. Bunda belum pernah mengadakan perjalanan/liburan sendiri sejak pensiun. Semua di-organize sama Sang Permata Hati, bunda tinggal duduk manis. Pengen juga sih kapan-kapan tur sorangan, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo bunda sih memang harus di organize sama anak nggk boleh pergi sendiri ya bun..:)

      Hapus
  4. Ini yang paket wisata dari Traveloka ya Mbak. Jadi enggak perlu double menari, tiket dan hotel ya. Seep seep, jadi makin praktis dan hemat waktu untuk mempersiapkan traveling y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Astin ini paket tiket dan hotel sekaligus, lebih murah jadinya kalo beli paket nya

      Hapus