Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil dan Launching Apps Hallo Bumil di PPEJ 2017

P RENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ)  kembali diadakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Rasanya edukasi yang saya dapat tahu...



PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) kembali diadakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Rasanya edukasi yang saya dapat tahun lalu masih melekat di ingatan dan tahun ini nambah edukasi lagi, senang sekali biar banyak bekal ilmu dan informasi tentunya. Kalau tahun lalu Jakarta adalah kota terakhir diadakannya PPEJ, tahun ini justru Jakarta menjadi kota pertama. Ya, PPEJ perdana di Jakarta ini diadakan di Pullman Hotel, Central Park tanggal 8 April 2017.  Begitu memasuki area acara saya menemui nuansa ungu yang ceria. Gimana enggak ceria ya, para ayah dan ibu yang sedang hamil dan mempersiapkan kehamilan sangat antusias mengikuti PPEJ di Pullman Hotel ini. Karena seperti biasa di event PPEJ ayah dan ibu bisa bebas konsultasi masalah kehamilan, menyusui juga mempersiapkan kelahiran. Intinya peduli kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak nantinya. PPEJ 2017 kali ini mengambil tema Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy APPS


booth registrasi
booth untuk para peserta yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai app Halo Bumil
Seperti tahun sebelumnya banyak booth yang disediakan di area event PPEJ, ada Photo Booth; disini para ayah dan bunda bida mengabadikan momen bersama, Bump to Birth Expert; di booth ini para bunda bisa mengisi survey susu PRENAGEN dan mencoba rasa baru susu PRENAGEN,  booth Bump to Birth Consultation; di booth ini bunda bisa melakukan pengecekan kesehatan dan konsultasi kesehatan gratis untuk ibu hamil, booth Bump to Birth Nutrition; booth ini booth yang paling seru karena para ibu yang hadir banyak mendapat ilmu mengenai nutrisi sehat, ada Chef Eddrian Tjiah yang melakukan demo membuat smoothies dengan resep nutrisi sehat. Booth selanjutnya ada booth yang memperkenalkan aplikasi Hallo BumilDi PPEJ 2017 ini ada juga berbagai produk Kalbe Nutritionals dan selama acara berlangsung banyak promo-promo menarik yang ditawarkan. Lumayan loh, ada promo peralatan masak eksklusif juga.


cek kesehatan dan konsultasi kesehatan untuk ibu hamil

para bunda mengisi survey dan mencoba susu dengan rasa baru 
Acara yang di pandu oleh Mona Rotaliu ini diisi dengan interactive talkshow yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya dr. Boy Abidin , SpOG (K) mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil,  dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf dan Redflag Si Kecil, juga ada sharing session bersama Andien seorang artis, penyanyi dan brand ambassador PRENAGEN.

Mona Ratuliu 
PRENAGEN Pregnancy Educational Journey ini merupakan salah satu rangkaian kampanye “ PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat ” di tahun 2017 dan sebagai bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih PRENAGEN sebagai Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui. PPEJ juga sebagai salah satu bentuk kepedulian PRENAGEN untuk memberikan edukasi kepada para calon orang tua bahwa nutrisi yang sangat penting pengaruhnya kepada kesehatan Ibu dan kehidupan si Kecil, dan dengan pemberian nutrisi yang tepat membantu menurunkan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia.

baca: Journey Mempersiapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil bersama PRENAGEN (Part2)

Andien dan Ippe sebagai bintang tamu
Andien yang hadir bersama Ippe sang suami mengatakan bahwa selama hamil dan menyusui Kawa si kecil buah pernikahannya dengan Ippe selalu rutin makan sayuran, konsumsi buah, protein dan minum susu PRENAGEN. Malah Andien cerita kalau Ippe juga suka banget ikutan minum susu PRENANGEN apalagi yang rasa coklat. Sampai sekarang Andien masih minum PRENAGEN untuk ibu menyusui, dan ia bersyukur ASI nya lancar dan bisa memberikan ASI eksklusif untuk Kawa. Oh ya, Andien juga berbagi tips agar ASI lancar, yaitu dicintai suami. Pesan Andien bagi para suami selama istrinya hamil menjaga perasaan istri selama kehamilan dan menyusui itu penting sekali. Kemudian ada lagi yang perlu diperhatikan oleh para ibu, yakni jangan cuma fokus pada ASI yang banyak saja karena ASI yang banyak belum tentu berkualitas, untuk itu makanan perlu dijaga dan harus minum susu yang tepat.



Menurut dr. Boy Abidin, SpOG ( K ) semasa hamil ibu mesti rajin-rajin konsultasi kepada dokter mengenai kesehatan ibu dan jabang bayi. Karena kesehatan semasa anak didalam kandungan mempengaruhi saat si anak dilahirkan. Kali ini dr. Boy membahas mengenai Plasenta. Tau kan Plasenta? Biasanya orang-orang sering menyebutnya Ari Ari. dr. Boy menjelaskan bahwa plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang dikandungnya. Selain itu plasenta berperan sebagai organ yang mempertahankan kelangsungan dan kesehatan kehamilan. Plasenta merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan kehamilan sehingga kesehatan organ ini harus diperhatikan karena akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang terhadap si kecil.

dr. Boy Abidin SpOG (K)
Plasenta menempel ditempat yang paling banyak makanan atau banyaknya aliran darah. Untuk itu sehingga diperlukan kendaraan untuk bisa masuk kedalam tubuh ibu dan janin. Nutrisi yang di konsumsi ibu akan dialirkan kepada janin melalui plasenta. Kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah SEMU. Plasenta merupakan organ nutrisi sehingga nutrisi dalam kehamilan adalah keharusanPlasenta juga sangat berperan terhadap pembentukan sistim saraf melalui mekanisme transport asam lemak esensial seperti salah satunya DHA yang berperan dalam pembentukan kognitif atau kecerdasan. You are WHAT your mother eat !








Sesi selanjutnya dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) menjelaskan bahwa tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi dimasa kehamilan dan menyusui. Tumbuh itu ditandai dengan bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif. Kembang ditandani dengan betambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar, motorik halus, bahasa, persona-sosial. Menurut dr. Herbowo faktor yang mempengaruhi tumbuh dan kembang adalah faktor internal, seperti genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Kemudian faktor internal nya antara lain nutrisi, penyakit, lingkungan, dan stimulasi.

dr. Herbowo (paling kiri)
Pemberian nutrisi seperti asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolin selama masa kehamilan dan menyusui akan membantu pembentukan sistem saraf pusat. Dan nutrisi terbaik untuk bayi adalah ASI. Pada ASI terkandung berbagai zat yang dapat membantu proses pembentuk sistem saraf pusat. Sebagai contoh laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin ( selubung penghantar impuls saraf ). Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan otak. Anak yang kekurangan besi pada umur 6 bulan memperlihatkan mielin kurang sempurna sehingga perkembangan anak dapat mengalami keterlambatan. Beberapa penampakan fisik saat lahir kadang dapat membuat orang tua cemas karena berbagai mitos yang menghubungkannya dengan gangguan saraf.

Pengukuruan lingkar kepala saat lahir justru berperan penting dalam pemantauan perkembangan saraf. Selain itu selalu tanyakan kepada dokter mengenai tubuh kembang bayi saat kontrol imunisi dan kenali red flag ( bendera merah ) perkembangan yang harus sudah dilewati pada usia tertentu. Kesimpulannya kata dr. Herbowo untuk membentuk anak yang sehat dan cerdas harus dimulai dari masa kehamilan dan menyusui.


Tau nggak kenapa susu itu penting? Susu Ibu Hamil adalah kendaraan terbaik untuk membawa zat nutrisi untuk masuk kedalam tubuh ibu dan janin. Menurut beberapa penelitian ibu hamil yang minum susu lebih dari 150ml per hari selama kehamilan akan memberikan dampak pertumbuhan pada berat badan dan panjang badan bayi saat lahir. Penelitian lain juga mengatakan bahwa mereka yang lahir dari ibu yang mengonsumsi susu lebih dari 150ml per hari selama kehamilan juga mempunyai kadar gua darah lebih rendah dalam darah, hal ini menunjukkan risiko diabetes melitus tipe 2 yang lebih rendah.


Selama hamil biasanya para ibu lebih dianjurkan untuk minum susu dari pada suplemen. Karena susu mengandung Makronutrisi (karbohidrat, rendah lemak, protein) yang memberikan kalori 160 Kcal/serving sangat dibutuhkan untuk tambahan kalori selama hamil, juga sebagai makanan pengganti ketika ibu hamil susah makan. Susu hamil merupakan vehicle baik buat beberapa mikronutrient, seperti penyerapan B6 harus ada protein, kalsium harus ada laktosa.

Chef Eddrian saat demo membuat makanan yang bernutrisi cocok untuk ibu hamil dan menyusui menggunakan bahan dasar susu PRENAGEN

PRENAGEN nggak cuma memiliki produk susu ibu hamil saja, tapi bagi para ibu yang ingin hamil ada juga susu yang di formulasi kan khusus untuk wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan dengan kandungan Zink/seng yang mendukung kesuburan organ reproduksi, tinggi asam folat membantu proses kesuburan, Kalsium, Vitamin D, Magnesium, dan Fosfor.

susu PRENAGEN mulai dari persiapan kehamilan sampai ibu menyusui
Ibu yang lagi hamil biasanya kerap merasakan mual, jadi susah makan. PRENAGEN sekarang mengeluarkan PRENAGEN Juice buah dan sayur. Enak loh, saya sewaktu acara PPEJ 2017 kemarin nyobain dan rasanya seger banget.

Prenagen Juice buah dan sayur


Event PPEJ 2017 kali ini PRENAGEN juga mengenalkan olah raga baru untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki anak dimulai usia 4 bulan yaitu senam PRENAFit. Senam PRENAFit ini bermanfaat untuk membantu ibu menjadi lebih rileks, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan, kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil, dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata / fetal macrosamia. 

Senam PRENAFit merupakan serangkaian tahapan senam bagi ibu hamil dan menyusui, jadi manfaatnya selain untuk ibu juga untuk bayi. Berikut beberapa gerakan senam PRENAFit yang dilakukan bersama dengan seluruh peserta.



Era digital saat ini semua informasi mudah kita dapatkan karena adanya akses internet. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan ponsel untuk bisa terhubung dengan internet, bukan sekadar untuk bisa chat dengan sesama pengguna saja tetapi sebagian besar aktif menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter,dll. Melihat kenyataan berkembangnya penggunaan mobile gadget di Indonesia, PT. Cakra Radha Mustika mengambi bagian dari inovasi tersebut. Perusahaan ini mencoba mendukung para calon ibu yang membutuhkan akses informasi terpadu, serta panduan selama hamil secara digital. YupPRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui dan KALBE NUTRITIONALS sebagai sponsor utama APPS Hallo Bumil.

tampilan depan apps Hallo Bumil
Hallo Bumil adalah sebuah aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia. Aplikasi ini awalnya bernama ILUVUBABY sekarang berganti nama menjadi Hallo Bumil, dan sengaja diluncurkan pada saat event PPEJ 2017 karena agar bisa sedekat mungkin dengan Ibu hamil dan menyusui. Aplikasi Hallo Bumil ini bisa di unduh di playstore. PT. Cakra Radha Mustika dalam mengembangkan aplikasi Hallo Bumil bekerjasama dengan tim medis yang berpengalaman, yang memang benar-benar paham perjalanan kehamilan.

saat mencobaa apps HalloBumil meski belum punya akun tetap dilayani, sekarang sudah punya dong akun Hallo Bumil

Pada aplikasi Hallo Bumil tersedia Fitur Timeline Kehamilan, dimana calon ibubisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu. Kemudian ada Fitur Arikel yang berguna agar ibu hamil bisa membaca informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan. Fitur Kontrol Kehamilan juga menjadi salah satu fitur penting yang membantu para ibu memonitor kehamilan lewat berat badan mingguan. Unik banget aplikasinya.

pantau kehamilan melalui berat badan mingguan (kiri) - melihat perkembangan janin dengan detil pertumbuhan (kanan)
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan ibu hamil dan menyusui dapat menjadikan aplikasi ini sebagai panduan dan sumber informasi seputar kehamilan terutama dari segi nutrisi. Aplikasinya bisa di unduh di sini ya.

Keseruan event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) diakhiri dengan komitmen bersama PRENAGEN, Kalbe, peserta, dan seluruh narasumber yang hadir untuk mendukung PRENAGEN Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat. Langsung deh kita semua toast PRENAGEN Juice Drink bersama-sama. 

PRENAGEN Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat #PPEJ2017JKT
Untuk informasi lebih lengkap mengenai info seputar kehamilan, menyusui, nutrisi sehat, susu PRENAGEN, dll, bisa dilihat di:

Website: www.prenagen.com
Facebook: Prenagenworld
Twitter: @Prenagenworld
Instagram: @prenagenworld

You Might Also Like

22 komentar

  1. Keren banget ada aplikasinya, mba Tuty :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih..biar ibu-ibu hamil mudah dapat informasi mbak

      Hapus
  2. Bumil harus merapat kesini nih 😊

    BalasHapus
  3. keren banget sekrnh ada aplikasi kyk gini. Memudahkan banget ya mbak Tuty.

    BalasHapus
  4. Aplikasinya memudahkan bumil buat nanya-nanya ������

    BalasHapus
  5. Lagi hamil kedua anakku minum susu prenagen krn enak dn ada varian coklat rasa sengny gk terasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang ada rasa baru juga mbak, kemarian nyobain pas di booth :)

      Hapus
  6. dari anak pertama dan kedua aku selalu pake prenagen. sekarang malah ngluarin aplikasi keren gini. mantap.

    BalasHapus
  7. Apps-nya sangat berguna pasti buat ibu hamil. Supaya dapat info lengkap ttg kehamilan. Nanti aku share infonya ke tmnku yg hamil deh TFS

    BalasHapus
  8. aaaak.. kece banget aplikasinya.. coba pas tahun lalu ada, kan seru bisa nemenin aku selama hamil.. udah lama nungguin aplikasi versi indo padahal, heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak ntar hamil lagi bisa pakai aplikasi ini buat nambah info

      Hapus
  9. Aku juga lagi hamil minum prenagen mba. Yg rasa coklat enak beneran nggak bikin eneg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sama saya juga suka rasa coklat

      Hapus
  10. acaranya lengkap dan padat informasi penting buat yang promil, bumil, dan busui.

    BalasHapus
  11. Ibu hamil memang rawan ya, Mbak. Butuh banyak informasi untuk menenangkan diri. Asyik nih kalo ada acara beginian. Ada Andien pula ^^

    BalasHapus
  12. Aku kmren ke acara ini juga, kok kita gk ketemu yaaa

    BalasHapus
  13. Semoga kita cepat hamil ya Mbak Tuty, biar bisa pakai aplikasi ini.

    BalasHapus