Nestle Lactogrow Hadirkan Happy Wonderland

K amis, 30 Maret 2017 saya mengikuti konferensi pers Nestle LACTOGROW Happy Wonderland di Potato Head, Pacific Place Mall, Jakarta. A...


Kamis, 30 Maret 2017 saya mengikuti konferensi pers Nestle LACTOGROW Happy Wonderland di Potato Head, Pacific Place Mall, Jakarta. Acara ini sebagai persembahan Nestle LACTOGROW yang kembali mengadakan kegiatan edukatif dan interaktif untuk anak yakni Nestle LACTOGROW Happy Wonderland. Ini adalah wujud komitmen Nestle LACTOGROW untuk terus membantu tumbuh kembang optimal anak. Selain itu rangkaian Happy Date ini juga bertujuan untuk mendorong kebahagiaan keluarga dengan memfasilitasi ayah, ibu, dan anak untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Acara siang itu menghadirkan pembicara DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc (Ahli Gizi Medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, ACC (Psikolog), Gusti Kattani Maulani (Brand Manager Nestle LACTOGROW).  Dan turut hadir pula keluarga Fachri Albar dan Renata Kusmanto bersama putra sulung mereka River. Sebelum acara dimulai John Raymond Lagdemo selaku Category Marketing Manager Nestle LACTOGROW memberikan sambutan.

John Raymond Lagdemo
Dekorasi yang serba biru di lokasi acara sudah terasa seperti sedang berada di Happy Wonderland, terkesan sangat ceria. Ya, ini karena memang temanya mengenai keceriaan, kegiatan edukatif dan interaktif anak. Dr. Saptawati sebagai narasumber pertama memaparkan mengenai saluran cerna yang mempunyai peranan penting untuk kebahagiaan dan tumbuh kembang anak, karena dapat mempengaruhi kualitas penyerapan zat gizi dari makanan. kecerdasan otak, sistem imunitas. Menurut Dr. Saptawati, kalau pencernaan anak sehat maka mood nya juga sehat dan anak akan menjadi ceria. Fungsi saluran cerna antara lain: 
1. Penyerapan zat gizi dari makanan
2. Pergerakan usus untuk membawa makanan dan mengeluarkan sisa makanan
3. Fungsi kekebalan tubuh oleh adanya selaput lendir di sepanjang permukaan saluran cerna
4. Keseimbangan mikrobiota/bakteri usus

Salah satu ciri pencernaan sehat adalah adanya keseimbangan komunitas mikrobiota baik pada usus. Bila komposisi mikrobiota saluran cerna anak dalam keadaan seimbang, maka akan terjadi komunikasi timbal-balik antara saluran cerna dengan otak yang mengatur fungsi kognisi, perilaku dan karakter anak. Agar anak terhindar dari ketidakseimbangan mikrobiota (disbiosis) yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menjalankan aktivitas, anak perlu diberi nutrisi berupa bakteri baik, seperti lactobacillus reutri, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Lactobacillus reutri adalah probiotik yang terdapat pada ASI ibu. 

Dr. Saptawati Bardosono
Narasumber selanjutnya Psikolog Elizabeth Santosa menjelaskan mengenai quality time dengan keluarga dan bahasa kasih dengan anak. Quality time adalah waktuberkualitas dengan keluarga, waktu yang benar-benar dihabiskan bersama keluarga dengan memberikan perhatian penuh tanpa gangguan, tanpa bermain gadget. Dengan quality time, anak dapat belajar tentang makna dan nilai keluarga serta lebih mengenal siapa dirinya. Ciri anak yang bahagia adalah anak yang cukup perhatian kata Elizabeth. Anak-anak yang merasakan waktu berkualitas bersama keluarga dapat tumbuh menjadi anak yang bahagia, menyenangkan, ramah, adaptif, dan mudah bergaul.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan orangtua untuk menciptakan waktu keluarga yang berkualitas adalah dengan menerapkan Bahasa Kasih Anak. Masing-masing anak memiliki gaya bahasa kasih tersendiri.  Bahasa Kasih Anak terdiri dari:
1. Afirmasi : menyampaikan kata-kata yang memotivasi atau mendukung. Berikan pujian kepada perliaku baik, usaha dan kerja keras. 
2. Waktu berkualitas : menjadi mendengar yang baik bagi anak, jika anak bercerita usahakan tetap menjaga kontak mata. Buka fokus pada jenis aktivitas, tetapi waktu kebersamaan, buat anak merasa dirinya paling penting.
3. Sentuhan fisik : memberikan pelukasn, belaian, mengusap pundaknya, mengusap tangan, mengusap kepala. Sentuhan fisik dapat menyebabkan hormon oksitosin meningkat. Sebaiknya dalam sehari lakukan sebanyak 8 kali.
4. Memberika apresiasi: mengekspresikan kasih sayang melalui hadiah atau rewards, hadiah sebagai simbol kasih sayang bukan dinilai dari harga, kita juga bisa membuat sendiri untuk anak.
5. Melayani atau membantu: membantu si kecil dalam melakukan suatu kegiatan, misalnya menemaninya membuat PR, membetulkan mainan rusak,dsb. 

Menurut Elizabeth, sebagai orang tua kita juga perlu mengidentifikasi diri kita sendiri termasuk suka tipe bahasa kasih yang mana, karena biasanya itu akan menurun pada anak kita.

Elizabeth Santosa
Bagi pasangan Fachri Albar dan Renata memanfaatkan quality time bersama keluarga benar-benar melepaskan semua urusan pekerjaan. Kebahagiaan anak adalah sumber kebahagiaan keluarga. Pasangan artis ini menyadari bahwa pentingnya perasaan dicintai bagi anak agar mereka tumbuh sehat dan bahagia. Fachri lebih senang memberikan bahasa kasih kepada anak dengan menciptakan kebersamaan dengan bermain bersama anak-anaknya, sedangkan Renata lebih kepada sentuhan fisik seperti memeluk, membelai, dan mencium anak.

Fachri dan Renata
Brand Manager Nestle LACTOGROW Gusti Kattani Maulani mengatakan Nestle LACTOGROW mengerti bahwa kebahagiaan keluarga berperan penting dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak, untuk itu Nestle LACTOGROW ingin terus menyediakan wadah untuk memperkuat ikatan orangtua dan anak guna mencapai tumbuh kembang optimal anak. Membangun ikatan ini bisa dilakukan melalui hal-hal yang sederhana dan disampaikan dengan bahasa kasih yang beragam, termasuk dengan cara bermain bersama keluarga. Inilah mengapa Happy Wonderland dihadirkan agar bisa dinikmati seluruh keluarga.

Gusti Kattani Maulani
Nestle LACTOGROW mengundang keluarga Indonesia untuk datang ke Happy Wonderland dan menikmati beragam permainan edukatif dan interaktif, diantaranya Happy Tummy Journey, Magical Art, Carousel Craft, Happy Steps, dan Fantasy Box. Selain di gelar di Jakarta yaitu Kota Kasablanka 1-2 April 2017, Happy Wonderland juga digelar di 7 kota lainnya, yaitu:
1. Solo : 25-26 Maret 2017 di Solo Square
2. Banjarmasin; 22-23 April 2017 di Duta Mall
3. Lampung: 6-7 Mei 2017 di Boemi Kedaton Mall
4. Pekanbaru: 6-7 Mei 2017 di SKA Mall
5. Bekasi: 13-14 Mei 2017 di Sumarecon Mall
6. Manado: 13-14 mei 2017 di Manado Town Square
7. Malang: 20-21 mei 2017 di Malang Town Square
Ibu Gusti juga mengatakan dalam merancang Happy Wonderland Nestle LACTOGROW melibatkan psikolog dan ahli gizi medik sehingga seluruh kegiatan yang ada didalamnya tidak hanya bersifat edukatif tapi juga membantu membangun ikatan yang kuat antara orangtua dan anak.

You Might Also Like

11 comments

  1. aku baru ngeh 5 bahasa kasih anak dari sini lho.. alhmdulillah sdh dicoba perlahan2 semoga anak2 happy :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama mbak..saya juga baru paham mengenai bahasa kasih ini, makanya suka ikutan acara kalau narasumbernya psikolog jadi nambah informasi :)

      Delete
  2. Jadi semangat untuk menerapkan bahasa kasih :)

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat nih acaranya, apalagi kalau bisa di ikuti oleh semua orang ... heee
    banyak Ilmu nih pastinya ...

    ReplyDelete
  4. Ya Allah saya sudah menerapkan bahasa kasih tp blm maksimal banget. Masih seingetnnya aja dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ke depannya lebih maksimal ya mbak :)

      Delete
  5. Ada yang gak mau pulang pulang nih hahahaha

    ReplyDelete