Liburan Low Budget di Jakarta

T ravelling bukan lagi suatu kemewahan. Dulu kalo melihat orang-orang melakukan travelling kesannya mewah banget ya. Sekarang sudah bias...


Travelling bukan lagi suatu kemewahan. Dulu kalo melihat orang-orang melakukan travelling kesannya mewah banget ya. Sekarang sudah biasa, karena travelling dianggap sebagai suatu kebutuhan. Jalan-jalan nggak cuma sekadar cuci mata, tapi belajar tentang sesuatu yang baru, termasuk budaya lokal disuatu daerah yang kita kunjungi. Sebelumnya orang-orang lebih nyaman kalau liburan di spot-spot wisata terutama di pusat kota, sekarang banyak juga loh orang-orang yang memilih travelling dengan bertualang ke pelosok-pelosok.

Sepanjang April-Mei  ini benar-benar holiday time ya. Selain banyak long weekend, sudah mulai liburan sekolah juga ternyata. Yang namanya liburan, pastinya bebas dari aktivitas rutin seperti bekerja dan belajar. Kalau saya yang  namanya liburan wajib memanfaatkan waktu sepuas-puasnya. Saatnya melepaskan penat dan segala tetek bengek pekerjaan. Benar-benar harus refreshing. Tapi bagaimanapun tetap sesuaikan keinginan liburan dengan kemampuan alias budget. Jangan sampai setelah liburan jadi nambah masalah keuangan.


Kalau memang budget terbatas, mungkin perlu buat anak-anak masuk sekolah, ya nggak harus liburan ke luar kota atau ke luar negeri. Bisa dengan mengunjungi tempat-tempat berlibur di kota masing-masing saja, atau berlibur ke rumah keluarga yang tidak mengeluarkan biaya banyak. Saya sendiri kalau lagi minim budget, liburannya cuma sekitar Jakarta saja. Banyak spot-spot menarik di Jakarta yang bisa dijadikan alternatif berlibur.  Mulai dari wahana permainan, taman, juga mesuem.

Liburan Low Budget di Jakarta


1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah letaknya di kawasan Kota Tua Jakarta. Tepatnya berada di Jalan Fatahillah No.2 Jakarta Barat. Gedung museum ini awalnya merupakan Balai Kota dan beberapa kali mengalami perubahan fungsi. Pernah menjadi Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kantor pengumpulan logistik Dai Nippon, dan akhirnya resmi menjadi Museum Sejarah Jakarta di masa Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Berkunjung kesini selain liburan juga jadi tahu sejarah  karena banyak peninggalan bersejarah di Museum Fatahillah ini.

Museum Fatahillah

2. Dunia Fantasi

Di Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol atau yang biasa disingkat Dufan ini banya.k berbagai wahana yang bisa dinikmati bahkan ada juga yang menguji nyali dan memacu adrenalin. Dufan terletak di kawasan Jakarta Utara.  Harga tiket masuk ke Dufan sekitar 190 ribu rupiah.  Wahana-wahana seru yang wajib dicoba antara lain Kora Kora, Ombak Ombak, Ontang Anting, Bianglala, Niagaragara, dan masih banyak yang lainnya.

Wahana Bianglala di Dufan

3. Alive Museum Ancol

Masih berlokasi di Ancol, disini kita bisa temukan museum dengan lukisan ilusi tiga dimensi terbesar di Jakarta. Wahana ini berasal dari Korea. Selain menampilkan wahana ilusi dari lukisan, disini kita bisa melihat media digital dan karya seni seperti patung lilin. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Madame Tussaud, di Jakarta juga ada. Harga tiket masuknya sekitar 100rb rupiah.

Wahana Ilusi di Alive Museum

4.  Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa berada di utara Jakarta. Dulu pelabuhan ini menjandi alur untuk komoditas perdagangan seperi keramik, kopi, sutra, anggur , yang kemudian di barter dengan rempah-rempah. Bagi penyuka sejarah di masa lalu, pelabuhan sunda kelapa ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi.



5. Pameran Lukisan di Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta juga merupakan salah satu peninggalan bersejarah jaman pemerintahan Belanda. Dulu gedung ini sengaja dibagun untuk pagelaran seni  dan pementasan kesenian. Gedung yang terletak di Jalan Gedung Kesenian No.1 Jakarta Pusat ini sering digunakan untuk pedtunjukan teater, musik, tari juga pameran lukisan dari para seniman.

Gedung Kesenian Jakarta


6. Bermain di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau yang berada di Kepulauan Seribu. Pulau Bidadari ini merupakan pulau yang paling dekat dengan Teluk Jakarta dibanding dengan pulau-pulau lainnya. Kalau nggak mau nginap di Pulau Bidadari kita bisa berangkat pagi dan pulang menjelang sore. Air lautnya sangat jernih, dipantainya juga tersedia wahana air, dan ada juga kolam renang khusus anak-anak. Disini kita juga bisa menggali sejarah, karena masih banyak peninggalan benteng-benteng jaman pemerintahan Belanda.

Bidadari Island
Dari beberapa tempat liburan yang saya tulis di atas, masih banyak lagi loh tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jakarta. Itu masuh segelintir saja. Kalau ingin berkunjung ke Jakarta banyak juga hotel-hotel yang nyaman untuk bermalam dan harga nya terjangkau.  Saya sendiri kalau di Jakarta suka banget staycation di RedDoorz near Plaza Indonesia .  Selain harganya terjangkau juga terletak di pusat bisnis dan kuliner. Liburan di Jakarta jadi tambah asik dengan budget sesuai kantong.

You Might Also Like

19 komentar

  1. Pengen deh bisa ke tempat2 seperti di atas semua, mungkin lebih asiknya kalau tidak pagi sore ya, Mba. Soalnya kalau siang panas juga, kecuali di Alive Museum Ancol..hehe

    Untuk di Museum Fatahillah, aku rasa udah gak asing ya, Mba. Bahkan di berbagai media sosial banyak sekali yang udah post.

    Next time, semoga bisa liburan ke Jakarta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Welcome to Jakarta, selain yang saya tulis di atas masih banyak lagi wisata bersejarah yang juga bisa dikunjungi

      Hapus
  2. Waow Pulau Bidadarinya itu keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..banyak pulau cantik di Kepulauan Seribu selain Pualu Bidadari :)

      Hapus
  3. Wah udah lama gak ke fatahillah. Udah bersih sekarang yah kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau buang sampah semabarangan disini bisa kena denda loh

      Hapus
  4. Naksir banget sama museum alive nya, soalnya belum pernah kesana sih

    BalasHapus
  5. Asik kalau liburan jadi nggak perlu keluar budget ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mbak, kalau duit pas-pasan mending liburannya yang seket-deket aja hehe

      Hapus
  6. No 5 dn 6 aku blm prnh mba tuty... patut d coba sptny ttp happy walsu low budget y... yg penting bs we time sm kleg itu intinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul yang penting bisa me time :)

      Hapus
  7. astaghfirullah foto yang di alive museum itu serem banget. mana aku baca pas malam gini

    BalasHapus
  8. Thank you sharingnyaaa mbaaak 😁😁 ku pengeen fotok di alive museumm. Wkwk bisa serem gtuu diliatnya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hihi ada yang lebih serem lagi

      Hapus
  9. Ternyata masih banyak tempat wisata di Jakarta yang belum saya kunjungi. Selama ini hanya monas, TMII, Dufan atau Ancol aja...Padahal masih banyak tempat menarik yang lainnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak mbak..belum semua dikunjungi ya

      Hapus
  10. untuk budget yg terjangkau .. tempat2 diatas pas bgt

    BalasHapus