Yang Mesti Diketahui Mengenai Kredit Mobil

Pengen punya mobil mewah lengkap dengan AC, tape, dan sopir pribadi ...(wiih, kemana-mana tinggal minta anter deh. Pergi santai, samb...

Pengen punya mobil mewah lengkap dengan AC, tape, dan sopir pribadi ...(wiih, kemana-mana tinggal minta anter deh. Pergi santai, sambil denger music sama temen-temen gw. Gak kepanasan lagi. wuih.. dingin..) (Cuma Khayalan)

Ingat dengan lirik lagunya Oppie Andaresta yang judulnya Cuma Khayalan kan? Lagu ini sempat jadi bahan becandaan saya dan teman-teman di kantor sewaktu saya masih bekerja. Kalo di ingat-ingat lucu juga karena kerja kantoran tapi harapan pengen punya mobil cuma bisa mengkhayal doang, maklum gaji cuma mencukupi untuk biaya hidup dan kebutuhan primer lainnya. Bagi sebagian orang bisa punya mobil hanya sebatas khayalan, karena harga nya yang selangit. Dan kalau dihitung-hitung mesti ngumpulin gaji berapa tahun ya?

Eits, tapi jangan putus asa dulu, sekarang pengen punya mobil nggak cuma khayalan, bisa jadi kenyataan loh. Solusinya dengan cara kredit mobil, kita bisa punya mobil idaman selama sesuai dengan kantong juga ya. Meskipun bisa beli mobil dengan cara kredit, bukan berarti langsung pilih mobil yang harganya nggak sebanding dengan pemasukan, meski tetap dibedakan mana yang jadi kebutuhan dan keinginan. Harus cerdas membagi gaji bulanan agar bisa membayar cicilan tiap bulannya.  Ada lagi nih, kita juga harus tahu syarat dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi untuk kredit mobil. 

Selasa, 28 Februari 2017 saya mengikuti diskusi terbatas bersama Mobil123 Portal Otomotif No.1 bertempat di Tartine FX Sudirman, Jakarta Selatan. Diskusi terbatas kali ini mengambil tema Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan. Acara pagi itu dibuka dengan sambutan oleh Pak Irwan Nurfiandi selaku Head of Marketing Mobil 123 kepada para awak media dan blogger yang sudah berkenan hadir, dan dengan harapan dengan adanya diskusi terbatas ini banyak informasi penting yang bisa didapat dan dibagikan kepada pembaca. 

Irwan Nurfiandi - Head of Marketing Mobil123

Indra Wibowo selaku Managing Editor Mobil123 dan Oto Spirit memaparkan mengenai potensi dan kekuatan Indonesia dibidang otomotif. Indonesia adalah negara tebesar di Asia Tenggara dan saat ini Indonesia menjadi salah satu pasar otomotif terbesar di Asia setelah China, Jepang, India dan korea Selatan. Dilihat dari pendapatan kotor perkapita yang terus meningkat dari tahun 2000 sampai dengan 2015 menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar kesepuluh berdasarkan paritas daya beli dan ini juga berdasarkan sumber dari World Bank.

Yups, mobil sampai saat ini memang diminati karena kebutuhan, investasi, kenyamanan, demonstartion effect dan lifestyle. Bagi yang memiliki tabungan cukup bisa membelinya secara cash atau yang memang sangat menginginkan memiliki mobil sebagai kebutuhan bisa juga dengan cara kredit.

Indra Prabowo - Managing Editor Mobil123 dan Oto Spirit






About MPM Finance

Karena temanya mengenai kredit mobil, narasumber yang dihadirkan pun cukup kompeten di bidangnya yakni Mbak Betty Anjarini selaku Regional Manager MPM Finance untuk area Jabodetabek. PT. Mitra Pinasthika Mustika atau MPM Finance adalah salah satu perusahaan pembiayaan yang sudah berpengalaman selama 26 tahun. Untuk pelayanan, MPM Finance melayani kebutuhan pembiayaan modal kerja, multiguna, dan investasi. Di lini bisnis, MPM Finance memiliki dua segmen pembiayaan, yakni Consumer Finance dan Corporate FinanceConsumer Finance: adalah segmen untuk pembiayaan mobil baru dan mobil bekas, motor baru dan multi guna. Sedangkan Coporate Finance adalah pembiayaan kepemilikan alat berat, kapal, mesin dan properti industri.

MPM Finance saat ini memiliki 82 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, ini memudahkan para konsumen yang ingin melakukan proses transaksi maupun administrasi, apalagi dengan dengan karyawan yang sudah berpengalaman dan berdedikasi tinggi. Pelayanan yang maksimal ini kata mbak Betty sesuai dengan filosofi MPM Finance yakni fast friendly financing, pelayanan yang cepat dan bersahabat.


Perbedaan Tunai dan Kredit

Bagaimanapun yang namanya beli mobil secara tunai maupun kredit pasti banyak perbedaannya. Kembali kepada diri masing-masing sih sebenarnya lebih suka dan lebih nyaman beli kredit atau beli tunai. Berikut perbedaan beli mobil secara tunai dan kredit (sumber: MPM Finance):

Tunai
.  Harga beli lebih murah karena tidak terkena bunga dan biaya administrasi
Lebih mudah untuk dijual kembali karena surat kelengkapan sudah di tangan
Tidak memikirkan angsuran tiap bulan

Kredit
. Lebih mahal, tapi besaran angsuran tiap bulan dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial
Dapat memiliki barang yang diinginka dengan cepat, meski belum memiki uang cukup untuk membeli tunai
Sangat membantu jika membutuhkan barang dalam keadaan mendesak

Sekarang ini lebih banyak orang yang membeli mobil secara kredit, karena dirasa lebih ringan. Kita tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekaligus. Dengan DP yang murah sekitar 20 persen dari harga mobil dan 80 persen sisanya dibayarkan dalam bentuk cicilan selama tenggang waktu sesuai pilihan kita. Jadi nggak perlu ngumpulin tabungan berlama-lama untuk bisa membawa pulang mobil baru.

Betty Anjarini - Regional Manager MPM Finance area Jabodetabek

Cara Cerdas Kredit Mobil

Well, setelah mengambil keputusan untuk memiliki mobil dengan cara kredit ada baiknya juga kita mempertimbangkan beberapa hal diantaranya memilih mobil yang tepat, mobil yang dipilih sebaiknya memang sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai keinginan. Karena kalu membeli mobil hanya karena keinginan bisa jadi kehilangan kontrol karena sebenarnya mobil yang dibutuhkan yang smart city eh yang dibeli ferari. Oke lah DP nya mampu dibayar, tapi bagaimana dengan cicilan bulanannya apakah kemampuan kita bisa menutupi cicilan bulanan? Jangan sampai terjadi kredit macet karena ketidakmampuan membayar cicilan bulanan. Kalau sampai telat membayar cicilan akan menambah beban lagi pastinya. Untuk itu sebaiknya pilih juga besar angsuran yang sesuai dengan kemampuan finansial kita.

Memilih perusahaan pembiayaan yang tepat juga menjadi poin penting saat membeli mobil dengan cara kredit. Jangan sampai salah pilih perusahaan pembiayaan, pilih perusahaan yang sudah berpengalaman dengan proses yang cepat dan ramah. Perusahaan yang memiliki reputasi yang baik biasanya punya pengalaman baik juga.  Dan poin penting lainnya pastikan mobil yang kita beli tercover asuransi.  Sebaiknya pilih asuransi yang all risk selama masa pembiayaan, jadi kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa dicover semuanya oleh asuransi, sedangkan kalau kita memilih jenis suransi TLO setiap ada risiko di perjalanan tidak ditanggung sepenuhnya oleh asuransi. Oh ya, jangan lupa juga setelah memilih perusahaan pembiayaan yang tepat, pelajari dulu isi perjanjiannya jangan langsung teken saja, ini untuk menghindari perselisihan yang tejadi di kemudian hari.

baca: Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan

Nah, sudah tau kan gimana perbedaan kredit dan tunai juga cara cerdas membeli mobil dengan cara kredit. Tapi nggak semua perusahaan pembiayaan langsung menyetujui permintaan kredit kita loh. Yang namanya syarat-syarat dari perusahaan pembiayaan harus dilengkapi agar persetujuan kredit kita diterima.  Berikut cara memperoleh persetujuan kedit dari perusahaan pembiayaan:

sumber : MPM Finance
Gimana nih, udah pada lengkap blom dokumennya. Kalau udah lengkap cuss langsung deh kredit mobil biar punya mobilnya bukan sekadar khayalan lagi seperti lagunya Oppie.

sumber Mobil123

You Might Also Like

52 comments

  1. Kredit memang jadi pilihan terakhir nih buat membantu kita untuk mewujudkan impian memiliki kendaraan ya mbak. Soalnya sering mampir di kuping saya, "kalau ga kredit ga bakalan punya" xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya betul...kalo nggak beli dengan cara kredit kapan mau punya barang :D

      Delete
  2. Kredit musti dg perencanaan sehingga cash flow terjaga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Agung, jangan sampai kredit macet ya

      Delete
  3. Mending kredit rumah apa kredit mobil yah, Kak Tuty? Melihat jakarta sekarang kok yo males bawa kendaraan :D

    ReplyDelete
  4. semoga impian punya mobil segera terwujud ya Mbakk.. aamin

    ReplyDelete
  5. mak kredit aku bisa bayarnya kekmana mak? hehehe

    ReplyDelete
  6. Eh, khayalannya kok bisa sama dengan saya ya.. 😂

    Saya sih, emang lebih enak di kredit. Bisa cepat punya. Tapi biasanya saya pakai uang muka yang cukup besar. Biar angsurannya ringan. 😁

    Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap itu, cicilan jadi tambah ringan yaa

      Delete
  7. Pengen punya mobil, apalagi bisa kredit ya mba Tuty :-D
    ta[i belum belajaran nyetir, si kakak sama adek sedang merantau mereka yang lebih bisa nyetir.

    ReplyDelete
  8. wah asik... punya mobil impian bisa segera terwujud nih

    ReplyDelete
  9. seneng deh kemaren ikutan acara ini ya mba, jadi banyak tau soal kredit mobil yang aman dan mudah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, banyak tips yang selama ini belum tau sepenuhnya :)

      Delete
  10. Jadi tau yooo,,sebelum kredit mobil kita harus tau nih perusahaan pembiayaan ini kredibilitasnya gimana.

    ReplyDelete
  11. Dengan kredit ternyata lebih menguntungkan dan banyak memberi benefit ya jika tahu trik nya :)
    TFS Mba Tuty

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teh Ani, bisa atur keuangan untuk keperluan yang lain :)

      Delete
  12. Tapi aku n suami udah ga kuat kredit mba, hehe..

    Next mending nabung dulu baru beli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip mbak..tergantung pilihan saja enaknya yang bagaimana :)

      Delete
  13. Aku jadi kepikiran buat kredit mobil nih, abis kalo cash ga sanggup. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo wiin semangat, ntar ikutan jalan-jalan yooo :D

      Delete
  14. wahhhh panduannya lengkap banget

    ReplyDelete
  15. Yang penting ono ngerti apa pilihan tuty. Saya doakan disegerakan punya mobilnya.

    ReplyDelete
  16. Maunya sih beli mobil secara tunai ya Mba tapi kalau keuangan tidak mendukung ya secara kredit bisa jadi solusi sih. Sepertinya MPM bisa dijadikan pertimbangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..kalau butuh mobil tapi beli cah nggak sanggup, kredit mobil bisa jadi solusi :)

      Delete
  17. Kalau ada rejeki sih pengennya beli tunai hehe
    TFS infonya mbak Tuty :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin..semoga dilancarkan ya mbak :)

      Delete
  18. jadi, sekarang kredit mobil bukan cuma khayalan aja :)
    kita sebagai blogger pun bisa kredit meski tanpa slip gaji ya
    *yang penting ada penghasilan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul..tinggal nunjukin buku tabungan hehe

      Delete
  19. Eh ini blog kok tampilannya kece amat.. *salfok 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih..sering2 main di mari ya om :D

      Delete
  20. Hehe.. Mudah-mudahan ada rejeki ya kak... pengen banget punya mobil :D Trimakasih informasinya

    ReplyDelete
  21. pengennya sih kredit mobill... awalnya sih emang mudah... tapi lama kelamaan jadi berat..
    tapi setelah baca ini, saya tidak ragu deh jika mau kredit mobil. maksih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiik, semoga lancar ya urusan kredit mobilnya

      Delete
  22. Belum kepikiran kredit mobil, kredit motor aja belum lunas2.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..mudah-mudahan rezekinya dilancarkan yoo

      Delete
  23. Iya ya, dengan kredit jd bs membantu org yg sblmnya blm bisa beli mobil, ya :)

    ReplyDelete
  24. Kredit mobil memang meringankan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .. kakak yulia ntar saya numpang yaa :)

      Delete
  25. udah lama pengen beli mobil secara anak-anak udah gede.. apadaya duit belom sampai.. on proses ngumpulin DP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin semoga dipermudah dan dilancarkan rezekinya ya mbak Yayat :)

      Delete