Jenius Benar-Benar Jenius

S abtu 25 Januari minggu lalu saya menghadiri talkshow dengan   tema  Inovasi Digital Untuk Kemudahan.  #DetikxJeniusTalk2  diadakan di...


Sabtu 25 Januari minggu lalu saya menghadiri talkshow dengan tema Inovasi Digital Untuk Kemudahan. #DetikxJeniusTalk2 diadakan di Intro Jazz Bistro& Cafe di kawasan BSD City, Tangerang Selatan. Acara ini diadakan atas kerjasama situs berita detikcom dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Tema acara nya memang saya suka, makanya saya senang sekali begitu mendapatkan kesempatan mengikuti talkshow mengenai inovasi digital. Selain itu pertimbangannya karena acara diadakan masih di lokasi yang sama dengan tempat tinggal saya, jadi lebih mudah menjangkau lokasinya.

proses registrasi dan pembuatan rekening Jenius
Talkshow Inovasi Digital Untuk Kemudahan menghadirkan narasumber dari detikcom yakni Sena Achari selaku Division Head Product Management detikcom dan Irwan S. Tisnabudi selaku Product and Value Proposition Head Jenius. Pada kesempatan ini Mbak Sena menjelaskan bagaiman perkembangan detikcom di era digital. Menurut Mbak Sena, detikcom selalu menghadirkan inovasi-inovasi produk baru. Detikcom menjadi media online sejak 9 juli 1998. Sebagai portal berita nomor satu dan paling berpengaruh di Indonesia berusaha memberikan yang terbaik untuk pembaca setianya. Makanya inovasi produk menjadi prioritas detikcom terutama dalam hal mengemas berita. Inovasi produk baru detikcom diantaranya 20detik, detikX, Hoax or Not, dan Pasang Mata adalah produk-produk yang memanjakan pembaca di tahun 2016.. Detikcom memiliki visi bukan hanya menjadi media online yang fastest, leading, and trusted saja, tetapi lengkap dengan digital ecosystem-nya. Inovasi sangat diperlukan bahkan dibiasakan untuk menjadi budaya sehingga detikcom dapat memenangkan kompetisi online media yang smakin ramai, dan menurut Mbak Sena inovasi diperlukan untuk mewujudkan visi detikcom.


Sena Achari

Di era digital selalu ada inovasi-inovasi terbaru yang memudahkan kita baik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari maupun dalam perbankan. Wow, inovasi digital juga terjadi pada dunia perbankan loh! Pak Irwan mengatakan beradasarkan hasil survei internet 2016 yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), total pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta, atau naik 51,8% dari angka 2014. Hal ini memperlihatkan semakin tingginya penetrasi internet di Indonesia dan meningkatnya peran dunia digital dalam kehidupan masyarakat. 

Seperti halnya detik, BPTN pun memiliki visi untuk mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia. Pak Irwan memaparkan bahwa BPTN meyakini pentingnya inovasi digital untuk mengadaptasi perilaku masyarakat yang menginginkan kemudahan dan keamanan dalam melakukan kegiatan perbankan. Dan jawabannya, tepat Agustus 2016 tahun lalu BPTN meluncurkan Apps Jenius. Seperti judul yang saya sematkan di atas "Jenius Benar-Benar Jenius". Kenapa saya memilih judul seperti itu ya? Yups, karena saya memang bangga dan angkat jempol untuk Jenius. 

Irwan S. Tisnabudi

Aplikasi Jenius merupakan sebuah revolusi dalam bidang perbankan dengan proses digitalisasi yang dimulai sejak awal. Dengan Jenius, pengguna dapat melakukan pembukaan rekening, mengatur limit kartu, blokir dan buka blokir kartu, serta mengatur keuangan secara swalayan dengan menggunakan smatrphone berbasis Android maupun iOS. Dengan jenius di genggaman kita dapat dengan mudah menabung, transfer uang, belanja, bayar tagihan hingga isi pulsa. Aktivitas Life Finance dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi. Jenius merupakan inovasi digital perbankan untuk memudahkan masyarakat yang memang menginginkan segala sesuatunya serba praktis, karena nasyarakat sekarang adalah masyarakat urban yang sudah melek teknologi.



Fitur Jenius

Sebelum nya teman-teman sudah tau belum cara membuka rekening Jenius? Gampang loh, nggak perlu repot-repot harus ke bank dan nggak pake ngantri.

Berikut fitur-fitur yang ada di aplikasi Jenius, fitur-fitur ini memberikan kemudahan kepada kita sebagai pengguna untuk melakukan transaksi ataupun aktivitas perbankan lainnya.

$Cashtag merupakan salah satu fitur yang menjadikan nama nasabah sebagai nomor rekening, pakai nama unik atau nama beken seperti akun sosial media kita, misalnya $Cashtag saya $tutyqueen.
akun Jenius saya
Send It merupakan fitur untuk kirim uang, baik ke rekening bank, nomor ponsel, atau alamat email – semuanya hanya dengan tiga langkah mudah.

Pay Me adalah fitur untuk mengirim permintaan uang. Ini cocok banget kalau kita lagi butuh uang dan mau pinjam ke teman atau jadi reminder ke teman-teman yang belum bayar hasil patungan makan bareng, seru ya.


Split Bill merupakan fitur untuk berbagi tagihan dengan teman atau keluarga.

Dream Saver adalah fitur untuk membantu mewujudkan tujuan dan mimpi dengan menabung harian secara otomatis.

Visa e-CardApps Jenius juga dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk transaksi ritel di seluruh dunia, dan tersambung dengan jaringan perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional. Visa -card memungkinkan penggunanya melakukan transaksi pembelanjaan online.

Seru nya pakai Jenius, kita bisa ngatur uang sendiri tapi berasa punya manajer keuangan pribadi. Jenius memang benar-benar jenius, saya bisa mengatur life finance dengan mudah, cerdas, aman semuanya hanya dalam satu genggaman.

Di akhir acara Pak Irwan juga menjelaskan mengenai fitur baru Jenius, yaitu x-Card. X-Card adalah kartu debit ekstra dari Jenius. Sama seperti m-Card dan e-Card, penggunaan x-Card Jenius bisa diatur langsung dari menu Card Center. X-Card bisa digunakan untuk transaksi belanja online dan offline di berbagai merchant yang menerima VISA serta tarik tunai di ATM jaringan Prima Bersama.


X-Card berfungsi membagi pengeluaran ke dalam pos-pos tertentu sesuai kebutuhan dan mengatur alokasi dana tersebut ke dalam X-Card. Penambahan dan pengurangan dana bisa diatur langsung dari smartphone. Untuk memiliki X-Card cukup dengan membuka aplikasi Jenius kemudian memilih menu Card Center lalu klik  Buat x-Card. Kemudian pilih desain kartu yang diinginkan lalu klik Buat Kartu. X-Card yang sudah dipesan akan dikirim ke alamat rumah dalam waktu maksimal 2 minggu. NAh, setelah kartu datang langsung aktifkan  kartu melalui aplikasi Jenius. Oh ya, kita bisa memiliki maksimal 3 X-Card Jenius dengan pilihan warna  biru, hijau, dan ungu, dan uniknya lagi kita bisa menamai X-Card yang kita buat untuk tujuan apapun.



Pak Irwan mengatakan harapannya kedepan Jenius tidak hanya dilihat sebagai aplikasi manajemen life finance saja, tetapi juga sebagai sebuah tool yang dapat mengubah hidup serta mengelola keuangan masyarakat urban dan melek teknologi menjadi lebih mudah, cerdas, dan aman tanpa harus berkompromi dengan gaya hidup mereka. 

You Might Also Like

27 komentar

  1. Kalau mau membuat kartu Jenius BTPN harus memiliki NPWP atau tidak mba?

    BalasHapus
  2. Wah aku baru paham fitur X-card ini. Coba request ah.

    BalasHapus
  3. Wah kita jadi bisa belajar mengatur alokasi dana dengan Jenius ini ya. Asyik juga.

    BalasHapus
  4. Fitur pay me cocok juga kalo ada hal mendadak...Tapi teman nya mau gak ya...he2

    BalasHapus
  5. Okelah ntar tak coba bikin. Sempet proses registrasi lalu malas melanda. Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...registrasinya nggak pake ngantri

      Hapus
  6. Makin canggiiih ajaaa, serasa pegawai bank bs ngerjain ini itu sampe urusan ngeblokir segala..

    BalasHapus
  7. Aku sering salah antara BTN dengan BTPN

    BalasHapus
  8. Sekarang makin banyak orang yg pilih cashless dan beralih ke pembayaran digital ya Mbak, memang lebih aman sih daripada bawa duit tunai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nggak ribet bawa dompet tebal-tebal dompetnya dompet elektronik aja sekarang :)

      Hapus
  9. Tujuannya oke bgt nih, biar melek teknologi

    BalasHapus
  10. Teknologi skrg memang mempermudah sekali ya.. Bisa kemana-kemana cashless :)

    BalasHapus
  11. keren juga nomor rekenkngnya bukan deretan angka angka, kadang nomor rekening sendiri aja suka susah ngingatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia Jeniusnya hihi, pake $Cashtag sesuai nama akun sosmed juga bisa biar gampang diingat

      Hapus
  12. Thank you buat ulasannya, mbak. Saya jadi paham Jenius itu apa. Awalnya kirain semacam uang elektronik, hehehe.

    BalasHapus
  13. Wah bisa tersambung ke visa juga ya? Btw kalau bisa dipakai buat transaksi knp jenius gak termasuk e-wallet ya mbak? TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bukan ewallet mbak, lebih ke memanage tabungan sih

      Hapus
  14. Jadi mudah untuk bertransaksi online. Iya sih, sekarang serba terbentur waktu. Kitanya sendiri yg harus jenius ingin dibantu siapa dan apa untuk memudahkan hidup kita, termasuk masalah keuangan :)

    BalasHapus