Melalui ISTC Belajar Saham Jadi Menyenangkan

H ello teman-teman, ceritanya Selasa kemarin tepatnya tanggal 13 Desember saya mengikuti Training ISTC (Indosat Ooredoo Stock Training...


Hello teman-teman, ceritanya Selasa kemarin tepatnya tanggal 13 Desember saya mengikuti Training ISTC (Indosat Ooredoo Stock Training Contest) di kantor pusat Indosat Ooredoo. Pasti diantara teman-teman ada yang bingung kok Indosat buat training yang berhubungan dengan pasar modal alias saham, bukannya provider yang berhubungan dengan komunikasi? Eits jangan salah, sejak tahun 2012 Indosat punya program CSR (Corporate Social Responsibility) yang memiliki 4 pilar utama yakni Women Empowerment, Education & Innovation, Health dan Sport. Nah,  ISTC adalah salah satu program CSR yang masuk pada bidang Education & Innovation yang merupakan dukungan Indosat Ooredoo secara luas kepada masyarakat umum dan khusus nya kepada generasi muda.

Indosat Ooredoo

Bu Diah Kusuma Dewi selaku Internal Communications Officer Indosat Ooredoo yang membuka acara training pagi itu menjelaskan bahwa melalui ISTC Indosat memberikan alternatif berinvestasi bagi generasi muda dengan harapan nantinya para generasi muda bisa menjadi investor berkualitas di pasar modal dan meningkatkan pengetahuan generasi muda terhadap investasi modal juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup generasi muda nantinya. Dulu kita nggak paham saham, rumit banget. Tapi dengan adanya ISTC selain mudah belajar saham juga menyenangkan. 


Internal Communications Officer Indosat Ooredoo

Meski sempat bekerja di perusahaan saham bidang komoditi punya Malaysia beberapa tahun lalu, saya belum menguasai dan pintar membaca pergerakan saham. Pas banget ini ikutan training ISTC saya jadi bisa belajar lagi. Ngomong-ngomong saat ini memang jumlah investor lokal di Indonesia masih sedikit. Berdasarkan data dari BI jumlah investor yang ada di Indonesia sekitar 530 ribu orang dari jumlah populasi penduduk Indonesia 250 juta atau hanya 1 persen saja dari jumlah penduduk. Dan yang aktif hanya kurang dari 34 persen. Namun sejak Februari 2016 jumlah investor saham di Indonesia meningkat 8 persen dibandingkan bulan Desember 2015.

kategori peserta beserta hadiah yang akan didapatkan
ISTC tahun ini adalah program tahun ke dua yang di launching pada tanggal 11 Agustus 2016. Dan tahun ini Indosat Ooredoo bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Trimegah Securities. Sejak agustus 2016 Indosat Ooredoo sudah mulai mengadakan roadshow ke kampus-kampus dan roadshow akan berakhir sampai Januari 2017 nanti. Roadshow ini dilakukan mengingat target Indosat Ooredoo agar generasi muda mengikuti kompetisi ini, karena bakal ada 2 kategori yang diikutsertakan dalam lomba yaitu kategori umum dan kategori pelajar/mahasiswa. 


Trimegah Securities
Mbak Della dari Trimegah Securities 
Nanti dari masing-masing kategori akan dipilih 8 orang finalis, jadi totalnya ada 16 orang finalis yang kemudia akan di undang ke Jakarta untuk mengikuti boot camp selama 3 hari 2 malam tanggal 20-22 Februari 2017Selama di boot camp para finalis akan diberi pelatihan mengenai pasar modal yang lebih mendalam, kemudia akan dilakukan penilaian lagi dan akhirnya akan di pilih 3 orang pemenang dari masing-masing kategori. Ketiga pemenang dari kategori mahasiswa/pelajar dan kategori umum akan mendapat hadiah berupa saldo Dompetku dan modal investasi. Wah, lumayan ya hadiahnya.

Training ISTC langsung kami praktekan bersama Trimegah Securities yang diwakili oleh Mbak Della, sebelum dimulai kami harus registrasi terlebih dahulu, berikut langkah-langkah cara daftar dan ikutan kompetisinya:

  • Buka www.indosatooredoo.com/istc pilih registrasi
  • Isi data diri pada form registrasi secara lengkap dan benar
  • Untuk mengikuti ISTC ini kita harus menggunakan nomor Indosat Ooredoo
  • Setelah registrasi berhasil peserta akan menerima email yang berisi informasi username dan pasword
  • Instal aplikasi ISTC melalui Playstore atau Appstore
  • Buka aplikasi, masukkan username dan pasword yang diterima melalui email
  • Untuk login pertama kali, kita akan diminta untuk memasukkan OTP, New Password dan New Pin. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor Indosat Ooredoo yang telah didaftarkan pada microsite (SMS akan dikirim dari Trimegah, yang merupakan strategic partner Indosat Ooredoo dalam Program ISTC)
  • Masukkan kode OTP yang telah diterima melalui SMS
  • Kemudian buatlah password baru dengan minimum 8 karakter yang terdiri atas angka, huruf besar, huruf kecil dan special symbol (!@#%^&*(). Contoh: Istc123#
  • Setelah itu buatlah Pin yang nantinya akan digunakan untuk bertransaksi saham virtual. Pin harus terdiri dari 6 digit angka
  • Selanjutnya aplikasi ISTC telah siap digunakan

aplikasi ISTC
Oh ya, dalam kompetisi ini kita akan diberikan modal sebesar 50 juta rupiah tapi dalam bentuk virtual, dan mulai deh saya dan teman-teman blogger mengikuti arahan Mbak Della bagaimana cara jual beli saham dan cara membaca market melalui aplikasi yang telah di install tadi. Benar-benar belajar yang menyenangkan. Ikutan yuk! Informasi lebih lengkap mengenai ISTC bisa didapatkan melalui web dan sosial media ISTC:


Web: www.indosatooredoo.com/istc
Twitter: @isatooredooistc
FB: Indosat Ooredoo ISTC
IG: @indosatooredooistc






You Might Also Like

24 comments

  1. suami aku ada tanam saham di beberapa perusahan..ada minuman, ada obat2an..AKu bablas ra ngerti cara ne gimana jual belinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...diriku ingatnya kalo lagi murah beli, kalo lagi mahal jual :D

      Delete
    2. Kayak transaksi emas :D wkwkw
      mamah selalu gitu, kalau beli pas murah.. tapi jual pas mahal..
      Tapi emas sih beda dari saham, dan emang akan terus menerus makin mahal

      Delete
  2. iiih, aku juga mau ikut kelas belajar saham. Kalo ga salah jadwalku januari apa februari gitu. Dah dapet imelnya tapi lupa hahaha -__- duh payah dah.. waktu denger penjelasannya dikit, seru ternyataaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seruu, wah udah dapat jadwal yaa semangaat!

      Delete
  3. Aku suka blas urusan2 ginian hahahaha, padahal penting juga ya ngerti sedikit untuk pengetahuan, tapi gimanaaa otak udah kepenuhan, ikutan workshop suka ngantuk.. #banyakalasan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...udah kebanyakan saham kaliii :)

      Delete
  4. Kalau mbak tuty ikutan acara ini lewat regis yang http://istc.indosatooredoo.com/ tadi, atau di undang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya diundang mbak dalam rangka training saja..mbak juga bisa iuktan dengan cara registrasi

      Delete
  5. Aku sampe skarang belum berhasil belajar saham mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. diriku juga masih basic nya aja hihi

      Delete
  6. Wih terobosan indosat ooredoo di saham juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. program csr di bidang edukasi say :)

      Delete
  7. saya sama sekali ga ngerti tentang saham dan pergerakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya awalnya juga begitu, lama kelamaan ngerti dikit-dikit hehe

      Delete
  8. Waduh kalo aku belajar saham malah lieur duluan, hihi. Sering lihat suamiku jadi panitia lomba trading di kantornya tapi aku juga nggak ngerti-ngerti, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,asyik dong mak kalau suami ngerti bisa belajar sama suami :)

      Delete
  9. Sering dengar soal investasi saham, tapi gak ngerti-ngerti gimana cara menjalankannya.
    Ternyata di Indonesia masih sedikit sekali ya, yang main di saham. Perlu disosialisasikan lagi kayaknya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya Indosat mengharapkan generasi muda belajar saham biar kedepannya bisa jadi investor untuk kebaikan kualitas hidup :)

      Delete
  10. kalo harga saham tetgantung dolar harian ya... klo emas..biasanya nilai stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emas kayaknya ngaruh juga sama dollar, kalo nggak salah sih :)

      Delete
  11. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pasar modal
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pasar modal yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pasar modal

    ReplyDelete
  12. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pasar modal
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pasar modal yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pasar modal

    ReplyDelete