Drama Musikal Khatulistiwa Membuka Kembali Sejarah Jejak Langkah Negeri

J umat 18 November lalu menjadi momen yang tak terlupakan. S aya mendapatkan kesempatan menyaksikan langsung pagelaran Drama Musik...



Jumat 18 November lalu menjadi momen yang tak terlupakan. Saya mendapatkan kesempatan menyaksikan langsung pagelaran Drama Musikal Khatulistiwa Jejak Langkah Negeriku. Beberapa waktu lalu saya sudah mengintip behind the scene nya, itupun sudah menyentuh rasa nasionalisme saya. Ya, rasa nasionalisme tumbuh bukan karena cerita sejarah perjuangan di pimpin oleh sosok pahlawan yang satu suku, gender dan agama yang sama dengan saya, tapi karena mereka satu bangsa dengan saya. Apalagi begitu menyaksikan kemasan drama ini secara utuh. Jujur saya bangga jadi anak bangsa.  Punya sosok-sosok pahlawan yang mampu membuka mata saya bahwa ini loh Indonesia diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan daerah dari Sabang sampai Merauke yang saling bekerjasama mencari cara agar Indonesia bisa merdeka, lepas dari belenggu para penjajah.

baca: Behind The Scene Drama Musikal Khatulistiwa











Drama Musikal Khatulistiwa menceritakan bagaimana jejak langkah negeri. Kita memiliki catatan sejarah yang tercatat di kitab-kitab sejarah. Seperti cerita Sultan Hasanuddin dari Sulawesi.Sultan Hasanudin menjadi Raja di usia muda menghimpun rakyat mulai dari Sulawesi hingga Ambon dan Ternate. Belanda butuh waktu 16 tahun mengajak Sultan Hasanudin berdamai. Kemudian cerita Cut Nyak Dien pahlawan wanita Aceh, perempuan hebat yang memimpin perjuangan melawan Belanda. Cut Nyak Dien termasuk menjadi pemimpin perang dengan sejarah perjuangan terlama. Suaminya Teuku Umar yang juga pahlawan Aceh yang tewas dibunuh Belanda. Cut Nyak Dien memimpin peperangan dengan cara bergerilya di hutan-hutan Aceh bersama anaknya Cut Gambang dan rakyat Aceh.

baca: Mengenal Jejak Langkah Diri Lewat Drama Musikal Khatulistiwa






Lalu ada pejuang wanita dari Maluku yakni Martha Christina Tiahahu, I Ketut Jelantik salah seorang pahlawan di Bali, HOS Cokroaminoto, Suwardi Suryadiningrat, Dewi Sartika di Jawa Barat, dan masih banyak lagi pahlawan yang memimpin perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diceritakan di Drama Musikal Khatulistiwa. Nusantara memang jadi primadona nya perdagangan dunia. Jepang yang mengaku saudara tuanya Indonesia juga menjadikan rakyat Indonesia budak, mereka memberlakukan romusha kepada rakyat Indonesia saat itu. Bukannya membantu Indonesia lepas dari penjajahan Belanda, justru Jepang juga jadi penjajah.


kedamaian susah diciptakan kalau rakyat gampang terpecah belah.

Karena bersatulah kita rakyat Indonesia merdeka saat itu. Para pahlawan saling bekerja sama menghimpun kekuatan. Setelah menyaksikan Drama Musikal Khatulistiwa saya semakin yakin bahwa kita rakyat Indonesia akan terus melanjutkan peejuangan para pahlawan. Semua orang bisa jadi pahlawan, karena pahlawan itu adalah orang yang rela berkorban untuk kepentingan bersama. Yang terpenting kita semua rakyat Indonesia tetap damai, sangat sulit menciptakan kedamaian kalau rakyatnya gampang terpecah belah.



Sebelum menyaksikan Drama Musikal Khatulistiwa saya melakukan registrasi terlebih dahulu di meja panitia. Kemudian didalam ruangan sudah ramai dengan para penonton yang sangat antusias menyaksikan Musikal Khatulistiwa. Beberapa orang saya lihat membawa serta anak-anak mereka, dengan tujuan agar anak-anak mereka tahu sejarah dan belajar sejarah. Penonton disebelah saya juga sempat ngobrol dengan saya, mengatakan Drama Musikal Khatulistiwa ini bagus banget ya, cocok banget ini ngajak anak biar anak tahu siapa pahlawan-pahlawannya dan bagaimana perjuangan mereka untuk Indonesia merdeka. Bahkan beberapa orang sempat mengatakan terharu menyaksikan pagelaran ini. Belum lagi mendengar lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia dan lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan, bangga sekali jadi bagian dari bangsa Indonesia.




semua orang bisa jadi pahlawan

Drama Musikal Khatulistiwa yang digelar untuk memperingati dan memaknai Hari Pahlawan ini sukses digelar berkat support dari beberapa sponsor salah satu nya Sun Life Financial Indonesia. Sun Life Financial Indonesia merupakan bagian dari Sun Life Financial yang merupakan salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia. Ya, Sun Life Financial Indonesia mendukung penuh Drama Musikal Khatulistiwa ini bisa digelar dengan tujuan agar para generasi penerus bisa mengenal siapa pahlawannya, dan kita juga bisa jadi pahlawan. Sun Life Financial mengadakan kontes video competition #AksiDariHati, kompetisi ini mengajak masyarakat Indonesia untuk menceritakan dan menunjukkan apa aksi yang telah kita lakukan selama ini untuk Indonesia tercinta. Setelah video dibuat, di submit ke microsite Musikal Khatulistiwa kemudian di share di sosial media. Dan kemarin sebelum Drama Musikal Khatulistiwa dimulai diumumkan para pemenang Video Competition #AksiDariHati.


Mbak Donna juara ke 3 video competition #AksiDariHati
Bentuk dukungan dari Sunlife Financial Indonesia untuk memperkenalkan sejarah Indonesia tidak selesai begitu saja dengan selesai digelarnya Drama Musikal Khalutistiwa, tapi Sunlife Financial Indonesia bersama dengan CIMB Niaga memproduksi dan menyebarluaskan 5000 video yang berbentuk kepingan CD ke seluruh sekolah yang ada di pelosok Nusantara. Jadi buat teman-teman dan adik-adik yang ada didaerah jangan khawatir, kalian juga bisa menyaksikan pagelaran Drama Musikal Khatulistiwa lewat video.




Oh ya, kemarin bertepatan dengan pagelaran Drama Musikal Khatulistiwa diadakan juga serah terima bus tingkat yang kedua dari CIMB Niaga kepada PT Transportasi Jakarta (Trans Jakarta), ini bentuk dukungan CIMB Niaga mendukung penyediaan transportasi gratis kepada masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Semoga ini juga jadi kesempatan bagi anak-anak kita dan generasi untuk bisa belajar sejarah.


para artis dan talent Drama Musikal Khatulistiwa

































You Might Also Like

32 comments

  1. Aku sampe beberapa kali nangis lho, ngena banget ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merinding ya mak nontonnya, sukses banget Drama Musikal nya

      Delete
  2. seneng banget yang nonton drama musikal sensasinya beda ya menonton langsung. Acaranya keren banget apalagi disponsori Sunlife yg peduli dengan sejarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, cara lain belajar sejarah lewat Drama Musikal

      Delete
  3. Keren ya drama musikalnya.. Membangkitkan semangat kebangsaan..

    ReplyDelete
  4. Keren mbak..sayang di batam jarang ada kayak ginian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan next time ada ya mbak :)

      Delete
  5. Aku suka quote Ibu, "kesampaian susah tercipta kalau rakyatnya mudah dipecah-belah." Menggambarkan situasi jaman sekarang sayangnya...

    ReplyDelete
  6. Belum pernah nintin drama musikal mba tuty... tp buat scrift u.pementasan sdh sk d blik layar

    ReplyDelete
  7. kegiatan yg positif sekali... mengenalkan sejarah sama dengan menumbuhkan..cinta pada.bangsa... apalagi untuk generasi sekarang..

    ReplyDelete
  8. Drama musikalnya, pas banget dengan situasi akhir-akhir ini ya....
    Semoga bangsa ini tidak mudah terpecah belah hingga kedamaian bisa tercipta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mbaak, susah damai kalau gampang terpecah belah

      Delete
  9. Aku suka nonton usikal loh, wah seru banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru mbak..terharu juga montonnya kemarin

      Delete
  10. keren ya sun life ini, gak cuma menyoal asuransi, tapi juga banyak kegiatannya dalam mencerdaskan masyarakat. Terlebih drama musikal ini yang membangkitkan jiwa nasionalisme ya mba..mantaap..salut buat penyelenggaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. beul mbak, bahkan akan dikirimkan juga kepingan CD sebanyak 5000 untuk seluruh sekolah di Nusantara

      Delete
  11. Betul setuju, membawa anak turut serta menonton pertunjukkan seperti ini akan semakin memperkenalkan tokoh-tokoh pahlawan yang akan menjadi role model, suri tauladan, yang akan dicontoh dalam kehidupan mereka kelak.

    ReplyDelete
  12. Andai saja ada pementasan drama musikal seperti ini di kota kecilku mbak.Sangaat luar biasa dan menginspirasi

    ReplyDelete
  13. Aku ketinggalan info nih, kalo tau dr awal pingin nonton ajak anak2. Baru tau skrg pas udh gk ada di TIM

    ReplyDelete
  14. Bener ya, semua org sebenernya bs jd pahlawan kok, oke nih kompetisi #aksidarihati :)

    ReplyDelete
  15. Masih berkesan hingga kini, pengen sering-sering nonton pertunjukan begini jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaka...sangat berkesan. Sukses Drama Musikal Khatulistiwa nya.

      Delete
  16. Keren banget pertunjukannya, ya. Terima kasih banyak untuk Sun Life.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...kalau ada yang begini lagi pengen nonton pastinya :)

      Delete