Berkunjung Ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis

S etelah bulan lalu mendapat kesempatan mengikuti Tur Cokelat Bali   bersama Frisian Flag Indonesia dan para pemenang Joget Cokelat, 23...


Setelah bulan lalu mendapat kesempatan mengikuti Tur Cokelat Bali bersama Frisian Flag Indonesia dan para pemenang Joget Cokelat, 23 November 2016 lalu saya mendapat kesempatan lagi berkunjung ke Pabrik Frisian Susu Kental Manis bersama beberapa teman blogger. Kunjungan kali ini ke Pabrik Frisian Flag yang berada di Ciracas, tepatnya Ciracas Plant tempat Susu Frisian Flag di produksi. Sudah lama pingin sekali mengunjungi pabrik Frisian Flag ini, dan baru sekarang dapat kesempatan.

baca: Tur Cokelat Bali Bersama Frisian Flag Kental manis Cokelat

Kunjungan ke pabrik Ciracas dimulai dari jam 10 pagi, berhubung lokasi rumah yang cukup jauh, saya dan teman-teman janjian ngumpul di Citos sebelum jam 8 pagi. Semangat pagi banget, jam 6 saya sudah naik bus menuju Citos dan lucky me pagi itu jalanan nggak begitu macet dan saya tiba di Citos tepat pukul 8, sempat deg degan sih khawatir telat, soalnya jam nya orang-orang berangkat kerja. Sampai di Citos, saya bertemu dengan beberapa teman blogger dan perwakilan dari Frisian Flag. Pas banget belum sempat sarapan, mbak Dela dari Frisian Flag menyuguhi minuman coklat panas. Sambil menunggu beberapa teman lain kami berbincang hangat dan saling berkenalan satu sama lain, karena ada juga beberapa teman yang baru saling menyapa di sosmed saja belum ketemuan di dunia nyata hehe. Pukul 8 lebih akhirnya kami berangkat menuju Ciracas, perjalanan menuju Ciracas syukurnya lagi lancar tanpa hambatan.

Frisian Flag Indonesia
Lobby Ciracas Office
Tiba di Ciracas, seperti biasa kalau kita mau memasuki pabrik harus mengikuti prosedur yang ada. Kami melapor terlebih dahulu di pos security didepan pabrik, kemudian mengisi form dan memakai ID card kunjungan yang ditukar dengan kartu identitas. Saat memasuki salah satu ruangan saya takjub banget dengan deretan susu Frisian Flag di rak. Yang namanya blogger sayang dong kalau melewatkan momen-momen bagus, langsung deh masing-masing ngeluarin kamera buat foto-foto. Mbak resepsionisnya bilang di lantai atas lebih bagus kalau mau foto-foto. Benar saja, saat kami ke lantai atas emang keren spot-spotnya.

masuk kesini harus ikuti Life Saving Rules nya yaa

Tempat kami berkumpul tepat di lantai 3. Suasananya homey banget, dan ada beberapa ruang yang di desain sedemikian rupa yang dinamakan Shopper Journey, dimulai dari ruangan dengan journey ibu hamil, anak lahir hingga remaja dan saat anak beraktivitas, sampai kios penjualan susu Frisian Flag yang berbentuk modern dan konvensional. Pernah lihat kan produk susu cair Frisian Flag dengan kemasan kartun? Ternyata Frisian Flag Indonesia bekerjasama dengan Walt Disney agar kartun yang disukai anak-anak dibuat kemasannya untuk susu cair Frisian Flag.


shopper journey ibu hamil

By the way, sejak ikut Tur Cokelat Bali sampai hari ini jingle lagu susu kental manis masih terus terngiang apalagi kalau ingat saat diiringi dengan joget teman-teman pemenang joget cokelat, gerakannya pun saya sampai hafal, kangen rasanya berkumpul kembali dengan mereka. Jingle susu kental manis dari jaman saya anak-anak sampai anak-anak jaman sekarang masih tetap diingat dan dinyanyikan.

bareng teman-teman blogger-foto dari kamera Ratna Dewi

Sejarah Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia

Acara dibuka oleh MC kocak Tyas Putri, dan dilanjutkan dengan penjelasan Pak Andrew F Saputro selaku Corporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia mengenai sejarah Frisian Flag dan nama Friesland Campina. Kalau pernah mendengar nama produk yang mirip dengan nama Friesland Campina itu hanya kebetulan saja. Friesland Campina merupakan salah satu perusahaan susu terbesar dan koperasi peterak sapi perah di dunia yang beranggotakan 19.006 peternak sapi perah di Belanda, Jerman dan Belgia. Frisian Flag Indonesia merupakan bagian dari Friesland Campina, dengan mengacu pada pengalaman globaldna kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.

Frisian Flag Indonesia
Andrew F Saputro, Corporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia

Susu kental manis adalah produk susu Frisian Flag pertama kali diekspor oleh koperasi peternak susu Belanda ‘CoöperatieveCondensfabriek Friesland’ ke Hindia Belanda termasuk Batavia, Indonesia, pada tahun 1922. Frisian Flag adalah perusahaan susu tertua di Indonesia. Selama hampir 95 tahun di Indonesia Rasanya yang lezat membuat produk susu kental manis diterima hangat oleh masyarakat Indonesia, yang kemudian menyebutnya dengan nama ‘soesoetjap bandera’. Identitas dan nama tersebut hingga kini menjadi salah satu ikon yang sangat dikenal oleh dan dekat dengan keseharian masyarakat, dan menjadi salah satu produk susu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia dan akrab disapa ‘susu bendera’. 



Susu Frisian Flag memiliki produk yang komplit. Terdiri dari susu untuk bayi yakni FRISO yang merupakan produk susu premium, untuk pertumbuhan anak Susu Frisian Flag Jelajah, untuk balita Susu Frisian Flag Karya dan untuk ibu hamil Susu Frisian Flag Mama. Kemudian ada juga Susu Kental Manis dan susu powder atau bubuk, susu bubuk ini termasuk susu yang biasa di konsumsi ayah dan ibu saya di rumah yaitu susu bubuk full cream. Frisian Flag juga mengeluarkan susu yang ready to drink yang berbentuk liquid atau susu cair. Yang terbaru, Frisian Flag Coconut Delight susu dengan rasa kelapa muda, saya juga sudah mencobanya dan rasanya segar banget.


Ciracas Plant
produk susu Frisian Flag yang berjejer di lobi

Proses Produksi Pembuatan Susu Kental Manis di Pabrik Frisian Flag Indonesia


Susu Kental Manis Frisian Flag memiliki daya tahan yang cukup lama bisa satu tahun lho, berbeda dengan susu pasteurisasi yang hanya bisa bertahan selama 11 hari dan susu kemasan cotton pack yang bertahan hanya 6 minggu saja. Susu Kental Manis bisa awet sampai setahun karena ada kandungan gulanya. Pembuatan Susu Kental Manis juga melalui proses pasteurisasi yang lama agar susu mengental. Perlu diketahui bahwa gula adalah bahan pengawet alami papar Pak Aryo. Selain sebagai pengawet fungsi gula juga mengikat air agar mikroba tidak bisa hidup dalam susu.
PT Frisian Flag Indonesia
Aryono B. Ardhyo, Corporate R&D Manager PT. Frisian Flag Indonesia

Di Indonesia, Frisian Flag mengambil susu dari koperasi-koperasi peternak di sebagian besar Jawa Barat (Lembang dan Pengalengan). Sisanya diambil dari Madiun, Malang, dan Boyolali. Susu yang diambil dari sini kemudian akan dibawa menuju pabrik di Jakarta. Tentu harus pakai teknologi yang mumpuni agar susu bisa terjaga dan tidak rusak. menurut Pak Aryo susu yang dibawa sebelumnya didinginkan terlebih dahulu dengan suhu 6 derajat agar bakteri pada susu tidur. Setibanya di pabrik, susu langsung dipanaskan agar bakteri didalamnya mati, kemudian susu dimasukkan kedalam tank-tank pengolahan untuk proses pasteurisasi. Dalam sehari susu yang di olah di pabrik mencapai 200 ton.

Lebih jelasnya bagaimana proses produksi susu sampai pengemasannya, kami diajak berkeliling pabrik. Sebelum masuk kedalam pabrik kami mengenakan baju khusus, sepatu, kaus kaki,penutup kepala, penutup telinga, dan kami harus melepaskan asesoris yang kami pakai. Tujuannya agar saat masuk kedalam pabrik kami tetap dalam keadaan steril. Kamera da handphone juga nggak boleh dibawa masuk. Frisian Flag plant beroperasi selama 24jam sehari dan ada 3 shift pergatian pekerja. Hari liburpun pabrik terus beroperasi.


proses produksi di pabrik Ciracas - foto: Frisian Flag

Varian Frisian Flag  Susu Kental Manis dan Kampanye Frisian Flag Susu Kental Manis

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Frisian Flag mengeluarkan produk susu terbaru yakni Coconut Delight. Bu Tanti selaku Marketing Manager PT. Frisian Flag Indonesia mengatakan bahwa Coconut Delight merupakan inovasi terbaru Frisian Flag, susu sterilisasi dengan rasa kelapa muda. Frisian Flag juga mengeluarkan kemasan value pack untuk Susu Kental Manis agar lebih mudah dibuka. Dan tahun ini juga Frisian Flag merilis kemasan Klik Tarik Tuang pada kemasan Susu Kental Manis. Dan sekarang mengeluarkan kemasan kaleng dengan tutup klip yang dapat menutup dan mencegah susu tumpah. Inovasi ini merupakan inovasi pertama dan satu-satunya. Menurut Bu Tanti inovasi ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat agar penyajiannya lebih mudah.


Tanti, Marketing Manager PT. Frisian Flag Indonesia
Mudahnya menyajikan adalah salah satu alasan Frisian Flag Susu Kental Manis disukai oleh keluarga Indonesia, baik sebagai minuman susu hangat atau dingin. Dengan 3 varian produk yakni Frisian FlagKental Manis Gold, Frisian Flag Kental Manis Putih, dan Frisian Flag Kental Manis Cokelat, kelezatan Frisian Flag Susu Kental Manis dapat dinikmati keluarga Indonesia sebagai minuman, atau dengan makanan favorit mereka. Kemasan kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis yang kuat dan mudah disimpan membuat kandungan susu tetap terjaga. 


Varian Susu Kental Manis Frisian Flag

Susu Kental Manis Frisian Flag tersedia dalam beberapa kemasan dan ukuran. Frisian Flag GOLD dan Frisian Flag Kental Manis tersedia dalam kemasan kaleng, sachet dan pouch, kemudian Frisan Flag Cokelat tersedia dalam kemasan kaleng, sachet, pouch dan pouch besar.


inovasi terbaru tutup kaleng klip-foto: IG Frisian Flag 

Selain lezat rasanya, Frisian Flag Susu Kental Manis juga membantu memenuhi kebutuhan gizi keluarga karena mengandung gizi makro (Karbohidrat, Protein dan Lemak) dan mikro (9 Vitamin dan 5 mineral) dan dianjurkan untuk diminum 2 gelas setiap hari. Dengan takaran saji yang tepat sesuai anjuran, satu kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu yang lezat dan bergizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Teknologi produksi susu yang terdepan di kedua pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia, yakni di Ciracas dan Pasar Rebo Jakarta Timur, menghasilkan produk susu yang berkualitas dan tahan lama.

Sebagai apresiasi kepada konsumen dan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia, Frisian Flag Susu Kental Manis menggelar berbagai kampanye yang mensosialisasikan pentingnya minum susu dan menerapkan gaya hidup sehat yakni Bulan Sarapan Sempurna” sepanjang Maret 2016. Kampanye ini mensosialisasikan pentingnya membiasakan sarapan dengan jumlah dan kualitas gizi yang cukup lengkap dengan segelas susu setiap hari, dalam hangatnya kebersamaan keluarga di pagi hari.

Selama kampanye Bulan Sarapan Sempurna, untuk konsumen diadakan lomba membuat diary sarapan selama satu bulan, dengan berbagai hadiah menarik didukung denganinformasi dari Frisian Flag serta ahli nutrisi mengenai gizi yang cukup dan berkualitas untuk sarapan. 

baca : Sarapan Menjadi Momen Intim Bersama Keluarga


Ragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis

Mengonsumsi Susu Kental Manis Frisian Flag sesuai takaran saji (40gdengan 1 gelas air lebi kurang 140 ml air) dapat memnuhi 5% - 8% kebutuhan energi harian anak dan remaja. Setiap varian memberikan pengalaman dan rasa yang berbeda. Saya biasanya suka menambahkan susu kental manis sebagai pelengkap rasa penganan yang saya buat. Saya doyan banget makan pisang rebus, untuk menambah sensasi rasa saya teteskan susu kental manis coklat di atas pisang rebus dan saya tambahkan sedikit parutan keju, hmm rasanya jadi tambah lezat. 




Kreasi minuman dengan campuran Susu Kental Manis didemokan juga di Ciracas Office. Ada beberapa menu yang dibuat yaitu: Chocorock, Chillhood Crumbs, dan Frisian Chocomint Mojito.


Kenangan Manis Dengan Frisian Flag Susu Kental Manis

Kalau kenangan manis, sebelum berkunjung ke Ciracas Plant sudah banyak kenangan manis yang saya rasakan berama Frisian Flag, kebersamaan 5 hari di Bali saat Tur Cokelat bulan lalu sangat memuaskan, mengunjungi coklat factory, spa coklat, all about chocolate dan cara lain menikmati coklat. Berkunjung ke Ciracas Plant juga ada kesenangan tersendiri, suasana kekeluargaan saya dapatkan disini, nggak kaku semuanya supel banget, apalagi mbak Tyas selaku MC membuat suasana tambah hangat. 

Nggak cuma dapat ilmu dan informasi seputar produk susu saja, tapi kita juga dapat cara baru untuk menikmati Susu Kental Manis dan menikmati kreasi minuman Susu Kental Manis. Saya suka banget dengan Chocorock nya, dan bakal saya cobain di rumah. Soalnya kemarin Frisian Flag banyak bagi-bagi hadiah dan door price. Kebetulan saya dapat blender, dan dapat Susu Kental manis juga buat dibawa pulang, pas banget kan untuk buat Chocorock.

pulang banyak bawa hadiah - foto dari kamera mbak katerina
Buat teman-teman yang pengen nyobain resep diatas, Frisian Flag Susu Kental Manis juga mudah diperoleh masyarakat di seluruh Indonesia, tidak hanya di perkotaan namun juga mencapai hingga pedesaan. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai Frisian Flag, kunjungi www.frisianflag.com atau sosial media Frisian Flag Indonesia.  #Ffsusukentalmanis #susukentalmanis #frisianflag. 




You Might Also Like

44 komentar

  1. Berkesan banget memang nih kunjungan ke Frisian Flag kemarin. Jadi nambah ilmu dan pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...tim Frisian Flag nya juga asiik ya, nggak kaku

      Hapus
  2. Wah seru ya mba jalan-jalannya ke pabrik frisian flag.
    Resep minumannya juga wajib dicoba nih. Segerrr!

    Btw, salam kenal mba Tuty :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mbak..enak banget , salam kenal juga ya mbak :)

      Hapus
  3. Aku belum bikin Mbak, lupa mulu beli wafer cokelat sama bikin es batu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai blender baru mbak hahaha sedikit pamer :)

      Hapus
  4. Kerenn.. Jadi pengen berkunjung ke tempat ini. Frisian flag merupakan susu favoritku juga.. Apalagi diminum paje es.. Beuh... Mantap..

    Berkesan sekali ya mba kunjungannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sangat berkesan mas...diminum pake es tambah coklat chocorock hihi

      Hapus
  5. Seru ya kunjungannya..belum lagi pulangnya dpt hadiah banyak... Saya jd pengen coba bikin minumannya deh.. Btw salam kenal ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, ayo dicobain resepnya

      Hapus
  6. Wah beruntung banget ya Mbk Tuty kemarin bisa berkunjung bareng2 hehe.
    Seru acaranya, baru kali ini saya berkunjung ke pabrik yang sangat keren hehe. Makin cinta deh sama susu Kental Manis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bwo seru ya kemarin, suasananya asiik banget, MC nya parah habiss ngakak mulu kita

      Hapus
  7. Komplit banget mak reportasenya, selalu ada kenangan manis saat berkunjung di pabrik ini...seru dan pastinya bawa bnyak tentengan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mak, nggak nyangka bawa tentengan sebanyak itu :D

      Hapus
  8. Hallo mbak Tuty, seneng bisa ketemu dirimu. Acaranya seru yaa, apalagi gudibegnya banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Prima, akhirnya kemarin kita ketemu yaaa....

      Hapus
  9. Senang ya bisa terpilih ikut acara factory Visit ini. Lebih senangnya lagi banyak hadiah yang dibawa 😊

    BalasHapus
  10. Seru bangetviih acara factory visit ke pabrik Frisian Flag. Pingin ikoottt huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga next tim mbak Noe bisa kesana :)

      Hapus
  11. drescodenya biru ya :-D
    seru banget mba Tutty, kreasi minumannya enaknya
    bikin mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin kami emang janjian pake dresscode biru mbak :D

      Hapus
  12. Saya baru tahu, kenapa frisian flag bentuknya kental. Ternyata ada campuran gula, yang mengikat air agar mikroba tidak berkembang dalam susu. Jadi pastinya susunya sehat ya...

    BalasHapus
  13. Kenapa aku gak diajak? Kenapa? Padahal aku pgn jilatin itu susu kental manis favoritku ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...iya nih kenapa mbak Anne nggak ikutan :D

      Hapus
  14. Mau ikuuut! Enak minum susu bendera (dulu aku sebutnya gini karena gambar bendera di kotaknya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dulu sering disebut susu bendera :D

      Hapus
  15. Kreasi minumannya bikin ngecessss
    Aku suka SKM putih dikasih jahe merah,a ir hangat, malam-malam diminum ..argggg mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...sama biasanya suamiku bua seperti ini segerr

      Hapus
  16. Waah, mau blender baru jugaaa.. nanti kalau udah buat chocorocknya, jangan lupa kirim ke rumahku ya mbak, :p

    Aku baru ngeh, kalau Friso itu juga dari Frisian Flag. Packagingnya mewah soalnya, kirain merk luar negeri, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, Frisio bagian dari Frisian Flag juga tapi masih di produksi di Belanda

      Hapus
  17. Tutup anti tumpah yg desain terbarunya dari ff blm ada dijual di pasaran ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada dibeberapa supermarket mbak

      Hapus
  18. Waaah. Susunya pakai susu sapi dari peternakan lokal. Keren deh.

    BalasHapus
  19. Wah dekat banget Ama rumahku nih mba. Acaranya seru banget ya mba Tuty. Pengen juga melihat langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak lid..next time mudah-mudahan ada acara lagi kesana yaa

      Hapus
  20. Pengalaman asyik bisa tur ke pabrik Frisian Flag n dijamu minuman anget.hehe

    BalasHapus
  21. Asyik banget sih acaranya.. pengen juga ikutan tur pabrik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru mbak acaranya...semoga nanti bisa ikutan yaa

      Hapus
  22. ini susu kesukaaan anak saya :)

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum mbak. Saya mau tanya. Rencananya saya mau negadin kunjungan ke FFI sama Temen2 kampus, Untuk prosedur kunjungannya gimana ya mbak? Apa saya harus mengirim proposal? Atau langsung datang ke sana untuk konfimasi?
    Terimakasih

    BalasHapus