BBM Hadir Dengan Performa Kekinian

A da kalanya pasang surut dalam industri terjadi. Ini dialami juga oleh BBM (BlackBerry Messenger) yang sempat menjadi aplikasi pesan in...


Ada kalanya pasang surut dalam industri terjadi. Ini dialami juga oleh BBM (BlackBerry Messenger) yang sempat menjadi aplikasi pesan instan favorit semua orang. BBM yang sudah malang melintang selama 8 tahun sempat booming, yang namanya short message di ponsel melalui provider banyak ditinggalkan pemakainya, termasuk saya. Jangankan pesan singkat, mau curhat-curhatan dengan teman sampai ratusan kata juga bisa ditambah lagi saling berkirim gambar, komplit deh. Serunya lagi kita bisa tahu itu pesan udah dibaca atau belum, saya malah suka komplain ke teman kalau BBM nya belum di balas. Nggak bisa bohong kan kalau kasi alasan belum baca, ada simbol R (Read) dan D (Deliver) kok, hehe.  Berbeda dengan SMS yang cuma bisa tahu kalau pesan terkirim saja. Belum lagi kita bisa bikin BBM grup, sejak ada BBM silaturahmi dengan teman-teman lama pun terjalin kembali, tiba-tiba sudah ada saja yang menambah teman di grup. Dan kalau ketemu teman lain, yang ditanyakan selalu pin BB nya berapa? Saling bertukar kabar dan infromasi plus broadcast mengenai bisnis pun jadi lancar, nambah deh akses untuk berpromosi.

Meskipun pasang surut, BBM masih bertahan sampai sekarang. Saya juga masih memakai aplikasi pesan instan ini, karena masi banyak teman-teman yang mengandalkan BBM untuk berkomunikasi. Kepopuleran BBM memang diakui. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai BBM saat ini.

BBM Jalin Kerjasama Dengan Emtek, Salah Satu Grup Media Ternama di Indonesia

Awal September lalu muncul pemberitaan bahwa BBM 100 persen dimiliki oleh Indonesia. Sebenarnya kalimatnya kurang lengkap sih, yang benar BBM dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia. Perusahaan asal Indonesia yang dimaksud adalah PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Grup media terkemuka di Indonesia ini telah memiliki lisensi dan kekayaan intelektual (IP) dari BBM. Emtek akan mengoperasikan platform tersebut secara global dan mengembangkannya untuk pasar konsumen Indonesia, dan BlackBerry juga akan terus mengembangkan platform tersebut untuk dunia usaha melalui BBM Protected.

Kemitraan jangka panjang dikabarkan bernilai US$207.5 juta untuk masa lebih dari enam tahun loh. Kedua perusahaan ini melihat kesempatan besar untuk menumbuhkan bisnis konsumen BBM, tidak hanya di Indonesia, namun juga secara global. Emtek sangat tertarik untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan yang diperlukan untuk menyajikan lebih banyak konten dan layanan untuk BBM, menjadikannya sebagai aplikasi paling berguna pada smartphone yang kita miliki.


Isi Ulang Pulsa dan Token PLN Lebih Mudah Dengan BBM

Sekarang melalui aplikasi BBM  kita juga bisa beli pulsa,token PLN, Bayar BPJS Kesehatan, dan cicilan hanya dengan menekan satu tombol saja, nggak perlu repot-repot beranjak keluar rumah atau kantor. Pembelian pulsa dan token melalui aplikasi BBM ini tanpa tambahan biaya administrasi, jadi kita membayarkan sejumlah pulsa yang kita beli. Begitu juga dengan Bayar BPJS Kesehatan dan cicilan, tinggal klik tombol masukkan nomor keanggotaan kemudian lanjut dengan pembayaran. Nggak cuma bisa beli dan bayar untuk kita sendiri saja, kita juga bisa membelikan pulsa untuk teman-teman atau keluarga. Pilihan pembayaran bisa dengan menggunakan kartu kredit atau transfer bank, mudah kan. Oh ya, nggak perlu punya akun dulu untuk bisa bertransaksi karena bisa langsung di proses tanpa embel-embel login.


Berbagi Foto Kualitis Tinggi (HQ) Lewat BBM


Versi sebelumnya kalau mau update status atau posting di BBM cuma berupa teks dan smiley saja kan. Nah versi terbaru kita juga bisa langsung share foto berkualitas tinggi ke seluruh kontak yang ada di BBM tanpa harus memperbarharui tampilan avatar. 
Caranya: 

● Masuk ke BBM Feeds
● Tap ikon foto
● Beri izin kepada BBM untuk mengakses kamera ponsel dan pilih foto yang mau kita share, crop, masukkan caption foto langsung share deh!

Bisa Nonton Video di BBM Feeds

Terhitung mulai November 2016, selain dapat mengunggah foto, kita juga bisa menonton beragam video yang di-post pada BBM Feeds. Tapi bisa digunakan oleh pengguna yang telah memiliki BBM Channel dapat mem-posting video, namun video tersebut dapat disaksikan oleh semua pengguna BBM. Jadi kita bisa memutar video dan menontonnya di layar penuh atau di dalam BBM Feeds.

Cara mengunggah video sebagai pemilik BBM Channel:

● Masuk ke Channel Management Console (CMC)
● Copy/paste tautan video yang telah diunggah ke Vidio.com
● Edit judul atau deskripsi kemudian posting.


Bermain Game di BBM Gratis Loh


Kabar baik nih untuk para pencinta game, awal November tepat di tanggal 1 BBM meluncurkan mobile game pertama mereka. Diantaranya Fruits Mania: Elly’s travel with BBM. Kita bisa memainkannya secara gratis, bahkan pengguna Android dapat berkompetisi dengan teman-teman kita. Dan dalam waktu dekat ini hingga Desember mendatang BBM akan merilis lebih banyak lagi game gratis. Tambah seru pastinya.

BBM Voucher Bisa Membeli dan Mendapatkan Makanan, Hiburan dan Belanja


BBM Voucher termasuk fitur baru di BBM. Voucher yang dimaksud berbentu elektronik voucher bukan voucher fisik.  Voucher ini bisa kita gunakan untuk melakukan pembelian mau pun penukaran dari berbagai resoran, tempat hiburan, juga barang-baang kebutuhan pokok. Voucher elektronik yang kita miliki akan tersimpan di BBM Voucher Shop jadi jangan khawatir akan tercecer, beda sama voucher fisik kalau kelupaan dan tercecer udah kayak kehilangan duit deh.

Asiknya lagi kita nggak harus mengunduh aplikasi, buka broeseer baru atau mengunjungi web tertentu untuk proses transaksi, karena segala benturk transaksi dan penukaran cuma dilakukan di BBM saja. Jadi hemat waktu dan energi. Kadang karena kebanyakan akun sering terjadi kelupa an pasword. Kalau disini cukup buat akun sekali saja udah bisa dapat memanfaatkan fitur sepuasnya. Berikut cara melakukan transaksi atau penebusan di BBM:
● Kunjungi menu ‘Discover’, dan pilih ikon Voucher.
● Cari dan pilih voucher yang diinginkan.
● Pembayaran dilakukan melalui BBM Checkout
● Penebusan voucher dapat dilakukan langsung melalui tampilan web BBM.

Interface BBM Terlihat Lebih Segar

Interface BBM diperbaharui agar kita para pengguna mendapatkan pengalaman menarik saat menggunakan BBM. Nggak hanya interface BBM saja sebenarnya yang diperbaharu,i ada juga beberapa hal yang diperbaharui untuk peningkatan fitur, penasaran kan? Ini dia beberapa hal yang diperbaharui:

● Kontak akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang disusun secara default, bukan grid. Kalau teman-teman lebih suka tampilan grid bisa kok di ubah lagi melalui menu Setting/Pengaturan.
●Pindai Barcode sudah ada pada pilihan menu. Fitur ini memudahkan kita untuk memindai Barcode dan QR Code.
●  Ikon Channel di menu Discover sebagai alternatif untuk mengakses BBM Channel
●  Standar 25 detik untuk waktu pesan. Fitur ini memungkinkan kita memiliki waktu yang cukup untuk mengirimkan pesan berikutnya, begitu juga dengan penerima pesan bisa membaca dengan seksama pesan yang masuk.
● Percakapan dengan beberapa orang atau grup sekarang mewajibkan mencantumkan nama, ini membantu kita para pengguna dalam mengirim pesan kepada orang yang tepat.
Puas banget sekarang dengan banyaknya menu-menu baru BBM, dalam satu aplikasi bisa banyak melakukan berbagai aktivitas, bisa chatting, broadcasting, video call, main games, beli pulsa, beli token listrik, bayar BPJS, dan masih banyak lagi. Yuk ah di download aplikasi BBM versi terbarunya, bagi yang belum tinggal download di Google Play atau App Store. Untuk informasi fitur-fitur dan layanan BBM terbaru teman-teman juga bisa mengunjugi BBM Blog ya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 



You Might Also Like

16 comments

  1. Wah sebagai pengguna setia BBM, aku memang terbantu banget dengan performa
    ini mba :)

    ReplyDelete
  2. nah byr bpjs solutif tuh..jd gak telat lagi ... baru ngeh kalo bs bpjs..tx infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..sama nih kadang suka lupa bayar BPJS suka kelewatan tanggal hehe

      Delete
  3. Saya jarang BBM an sekarang Mba Tuti, lama pula ndak diupdate.
    Ternyata ada tampilan baru ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..ada fitur baru sekarang :) yuk di update lagi

      Delete
  4. Udah lama uninstall BBM karena udah jarang yang pake. Ga taunya fiturnya udah banyak kemajuan ya. Sepertinya banyak yang dulu udah ga pake BBM jadi pengen pake lagi nih.

    ReplyDelete
  5. Aku udh lama gk pake BBM semenjak ada WA lah.

    ReplyDelete
  6. Wah..bener ya mba? Aku pengguna BBM juga. Selama ini BBM lebih privasi aja sih, ga banyak yg bisa dijangkau tapi kini banyak yg bisa dilakukan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, banyak fitur baru loh :)

      Delete
  7. Sekarang saya jarang pake BBM, Mbak. Sejak ada WA dan tele, jadi jarang buka BBM. Ternyata banyak fitur baru ya...sampe ada fitur untuk bayar listrik, pulsa dll.
    Makin mempermudah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak fitur baru jadi lebih mudah beli pulsa dan token listriknya, juga bayar BPJS dan cicilan :D

      Delete