Yang Muda Yang Berkarya Ada di PAMUMINGSOLAM

foto : Ono Sembunglango H ai teman-teman sobat muda khususnya anak muda Tangerang nih, pernah dengar  Pamumingsolam  nggak? Agak as...

foto : Ono Sembunglango

Hai teman-teman sobat muda khususnya anak muda Tangerang nih, pernah dengar Pamumingsolam nggak? Agak asing yah dengar istilah nya. Pamumingsolam adalah singkatan dari Pasar Muda Ahad Minggu Sore Malam.  Ya, saya awalnya tahu Pamumingsolam ini dari suami. Awalnya pak suami ngajak jalan ke daerah Pasarlama Tangerang. Waktu itu tepat di hari Minggu. Saya pikir kalau diajak ke Pasarlama ujung-ujungnya pasti kulineran, tapi ternyata saya diajak ke suatu tempat yang sepanjang jalan isinya anak-anak muda yang sedang memamerkan hasil karya mereka. Saya jadi ingat Malioboro di Jogja. 

Namanya pasar muda jadi isinya anak-anak muda dan ada juga yang nggak terbilang muda tapi berjiwa muda. Setiap hari Minggu sore sampai malam para anak muda kreatif ini melangsungkan kegiatan di daerah Pasarlama Tangerang. Pamumingsolam merupakan gagasan yang mengalir dari beberapa anak muda Tangerang yang belajar tekun, telaten merawat ruwat kultur, bergaya ngabudidaya tanpa niat mengorbankan kampung halaman sebagai tumbal peradaban.  

foto : Ono Sembunglango
Tempat ini lebih tepat lagi kalau saya sebut sebagai tempat sharing (berbagi ilmu/pengalaman), trading (belanja tanpa konsumtif), ekspresi kultural (performance), silaturrahmi kaum muda. Sambil berkarya, menjual hasil karya, ngobrol bareng dengan sesama sobat muda, saling bertukar pengalaman juga saling berbagi ilmu untuk mendorong semangat para sobat muda yang lain. Area yang dipilih banyak dilalui kendaraan-kendaraan, tetapi ini menjadi area ramah budaya, area ramah warga dan area ramah sepeda. 

foto: Ono Sembunglango
Tepian jalan Kisamaun Pasarlama dipilih karena ada jejak sejarah disini, akar historis, mendekati alir peradaban Cisadane, selain itu Kisamaun adalah situs tua kota Tangerang, dengan sisi etnisitas yang plural. Sudah beberapa kali setiap hari Minggu saya asyik nongkrong di jalan Kisamaun. Saya salut dengan anak-anak muda kreatif disini. Bahkan mereka juga membuat semacam buletin yang dinamai PamsZine media alternatif pencerahan, juga berita yang berisikan kegiatan Pamumingsolam sebelumnya, puisi dan cerpen juga beberapa gambar lukisan yang dibuat oleh beberapa anak muda yang berjiwa seni.

foto: Ono Sembunglango
Kak Edi Bonetski sebagai salah seorang penggagas dibuatnya Pamumingsolam memaparkan bahwa hajat peristiwa muda mingguan ini digelar dengan kesederhanaan dalam kewajaran tanpa batas publik kota saja, lintas kota, lintas generasi, lintas etnisitas. apa yang digelar di Pamumingsolam adalah lapakan gembira, lapak produk lokal rasa kampung halaman. Setiap dua minggu sekali di Pamumingsolam juga digelar minimanggung yang menampilkan  performance tradisi, modern, dan kontemporer.

foto: Ono Sembunglango
Setiap waktu, setiap edisi konten kreatif dengan geliatnya akan semakin bertambah, dilengkapi dengan workshop/sharing dari pelaku usaha muda lapakan. Ada perkusian SIRKUSPERKUSI, dan beberapa kawan-kawan perkusi lain lintas kota, ada juga TangerangRockNBluesCommunity, ada juga kilinik membuat lagu, akustik performance, jimbe move, keroncong, standup, rekreasi puisi, performing art, berbagi spirit dan pengalaman. Salut deh dengan kreativitas mereka. Bisa menciptakan ruang sendiri tanpa harus meminta. 

foto: Ono Sembunglango
Bahkan sudah dua kali pameran tunggal seni rupa digelar disini hingga pameran foto kampung halaman. Ada juga selipan program sadar koin buat pembelian armada angkutan, yang dinamakan KOBUBELMOLOS (Koin Buat Beli Mobil Losbak) hehe lucu ya, angkutan ini nantinya akan berfungsi sebagai sarana angkutan kreatif dalam geliat budaya dan ekonomi kreatif. Ahh, salut deh.

foto: Ono Sembunglango

foto: Ono Sembunglango
Harapan saya kegiatan yang dibuat oleh anak-anak muda kreatif ini menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya, untuk bisa membuat ruang sendiri untuk berkarya dan berkreatifitas. Komunitas anak muda harus kita dukung seperti dukungan Opini.id situsnya anak muda yang punya kepedulian. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

You Might Also Like

12 comments

  1. Kreativitas anak-anak muda sekarang pantas diacungi jempol.
    Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya.

    ReplyDelete
  2. Bagus banget komunitas seperti ini bagi anak-anak muda utk berekspresi dan berkarya..

    ReplyDelete
  3. Wah.. Keren keren. Di Gresik, juga mulai bergeliat acara-acara anak muda yang juga menampilkan kreasi-kreasi mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saluut untuk anak-anak muda Gresik :)

      Delete
  4. Wah, saya belum pernah kesini, padahal deket aja. Rame juga ternyata ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak anne..rame kalo udah hari Minggu

      Delete
  5. Selama kegiatannya positif dan bermanfaat, harus didukung ya mb. Kereeen..

    ReplyDelete
  6. Seneng deh kalau ada acara positif buat menyalurkan kreativitas anak muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...anak muda sekarang kreatif2 :)

      Delete