Ingin Membeli Sesuatu? Jangan Berpatokan Pada Harga Saja

P ernah ngalamin nggak ketika akan membeli sesuatu, sering kali kita terkecoh dengan sejumlah ...


Pernah ngalamin nggak ketika akan membeli sesuatu, sering kali kita terkecoh dengan sejumlah harga yang akan kita bayarkan untuk membeli barang tersebut. Bahkan kita kerap mengabaikan berbagai hal lainnya selain harga, sehingga bisa jadi kita membeli sesuatu yang tidak tepat atau kurang memberikan manfaat maksimal bagi kebutuhan kita. Jadi susah membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan. Hal ini tentu akan sangat merugikan, sama saja dengan membuang-buang uang, sementara kalau kita pertimbangankan lagi sebelum membeli, mungkin saja kita bisa mendapatkan barang yang tepat dan paling sesuai bagi kebutuhan kita.

Kualitas tentu manjadi hal yang wajib untuk dipertimbangkan saat akan membeli sebuah barang, sebab hal inilah yang sebenarnya paling tepat untuk dijadikan sebagai tolak ukur dalam membeli. Selain kualitas, maka kebutuhan kita akan barang tersebut juga menjadi hal yang sama pentingnya untuk diperhitungkan dengan baik, dengan begitu pembelian tersebut akan tepat guna dan tidak sia-sia belaka. Namun pada kenyataannya, banyak sekali orang yang akan membeli sesuatu dengan melihat harganya semata. Bukan karena barang tersebut murah atau terjangkau bagi keuangan mereka, namun sebagian orang justru akan lebih senang dan nyaman ketika membeli sesuatu dengan harga yang terbilang mahal. Padahal, tidak semua barang mahal itu bagus, apalagi tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang membelinya.

Yang mahal selalu bagus, pemikiran seperti ini cukup banyak tumbuh di antara masyarakat luas, bahkan hampir sebagian besar orang beranggapan demikian. Hal seperti ini juga terjadi ketika orang akan membeli sepasang sepatu, dimana orang seringkali beranggapan bahwa sepatu mahal adalah sepatu bagus dan “nyaman” untuk digunakan. Ini tentu sebuah pemikiran yang salah, sebab seharusnya orang membeli sepasang sepatu yang nyaman dan tidak harus selalu mahal dan dikeluarkan oleh merek ternama yang kebanyakan berasal dari luar negeri saja. Safety shoes seharusnya sepasang sepatu yang digunakan untuk kebutuhan yang tepat dan dengan sebuah kenyamanan yang tepat pula, artinya harga dan merek yang tertera pada sepatu tersebut tidak selalu mempengaruhi kualitasnya. Jika pemahaman seperti ini yang digunakan oleh orang ketika akan membeli sepasang safety shoes, maka bisa dipastikan bahwa kedepannya pasar sepatu tidak hanya akan diramaikan oleh sejumlah merek sepatu ternama yang membandrol produk mereka dengan harga selangit saja. Produk lokal juga bisa bersaing dengan baik, sebab pada kenyataannya ada banyak produk sepatu lokal yang juga memiliki kualitas yang tak kalah baik dari sejumlah produk ternama lainnya yang berasal dari luar negeri.
sumber: ralali.com
Beragam sepatu safety lokal yang beredar di pasaran, seharusnya bisa memiliki peluang pasar yang cukup baik, mengingat produk-produk ini akan dijual dengan sejumlah harga yang terbilang cukup murah, jika dibandingkan dengan sepatu lainnya yang berasal dari luar negeri. Namun pada kenyataannya, cara pandang masyarakat luas terhadap pengertian sepatu safety itu sendiri masih sering kali salah dan sangat tidak tepat. Hal inilah yang menjadi salah satu indikasi sulitnya produk sepatu lokal berkualitas bisa bersaing di dalam pasar sepatu itu sendiri. Jangankan bersaing dalam pasar internasional, sepatu safety murah buatan lokal bahkan tidak memiliki kekuatan untuk bersaing dengan sepatu lainnya di pasar lokal. Sangat menyedihkan bukan? Mengingat Indonesia memiliki banyak lini indutri sepatu yang tersebar di beberapa wilayah, termasuk industri sepatu yang khusus menghasilkan produk-produk dengan bahan kulit berkualitas.



You Might Also Like

16 komentar

  1. iya mba, saya sepakat bgt dg ulasannya

    BalasHapus
  2. Kadang saya biar murah tp dpt banyak, drpd mahal tp cuma dikit. Klo rusak ya beli lagi wkwkw

    BalasHapus
  3. Iya mbak, yang mahal sama yang murah itu sama aja sebenarnya. Tergantung penjagaan dan pemakaian. Kalo dipake tiap hari, berbecek-becek, jarang dirawat ya sepatu yang mahal selangitpun bakal rusak juga.

    Kalo saya masih prefer beli yang murah namun sesuai sama yang saya mau. Bukan yang mahal dan kinclong tapi kok rasanya sayang banget buang duit cuma buat sepatu, mana mau dipake tiap hari ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..yang penting sesuai kebutuhannya yaa

      Hapus
  4. Setuju dengn tulisannya Teh..
    Tapi biasanya yg mahal rata2 kualitasnya bagus.
    Sebagai Emak2 yg Smart, aku lebih suka yg mahal tp diskonan, aweeet !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..sama teh, kalo yang mahal tapi diskonan pasti langsung diburu :)

      Hapus
  5. yup betul dan aku termasuk sebetulnya yang gak terlau ribet kalau belanja

    BalasHapus
  6. Harga jadi bahan pertimbangan. Kulaitas juga. Tapi klo aku biasanya milih yang tengah mbak...harga masih terjangkau, kualitas ya tidak jelek2 amat..standard

    BalasHapus
  7. Customer sekarang sudah pintar memilih barang murah berkualitas ;)

    Kalo aku kalo bisa dapat yang lebih terjangkau namun kualitas sama, aku ga akan sungkan pilih yang lebih murah ;)

    BalasHapus
  8. Ya bener banget Mba, Tidak semua barang mahal itu bagus,,

    BalasHapus