Scarf Unik Ala Aidijuma

S aat pertama kali mengenakan hijab setiap orang pasti pernah mengalami kebingungan, dan in...


Saat pertama kali mengenakan hijab setiap orang pasti pernah mengalami kebingungan, dan ini lazim dialami oleh perempuan. Yang biasanya sehari-hari bergaya casual cuma pakai kaos dan celana panjang, dengan memakai hijab tentunya ada perubahan signifikan yang dirasakan. Apalagi dalam hal memadupadankan warna baju dan hijab yang akan dikenakan. Termasuk saya, sukanya pakai yang model simpel dan nggak ribet dan lebih sesuai kepribadian tentunya. Tinggal pintar pintarnya kita mengaplikasikan warna sih sebenarnya. Karena pemilihan hijab yang sesuai, berpengaruh pada tampilan keseluruhan dan juga kenyamanan kita. Saya juga lebih suka menyesuaikan bahan hijab dengan aktivitas yang sedang saya lakukan, misalnya kalau lagi beraktivitas di outdoor dan siang hari saya lebih memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat, karena kalau salah pilih bahan yang ada salah tingkah sendiri, rasanya kurang nyaman seperti nggak ada sirkulasi udara untuk kepala dan rambut. Jadi harus selektif memilih bahan hijab yang akan dikenakan. 

Bicara style memakai hijab, banyak sekali model kreasi memakai hijab. Sekarang ini sudah banyak trend hijab bagi para muslimah. Berani padu padan tetap menjadi kunci utama untuk tetap tampil cantik, belum lagi dengan tambahan asesoris. Bicara trend nggak akan ada habisnya karena dunia fashion terus tumbuh seiring kebutuhan. Ini menjadi suatu kebanggan bagi kita semua para muslimah terutama di Indonesia. Sudah banyak brand muslimah menghadirkan berbagai model busana muslim maupun hijab yang menawarkan berbagai konsep dan desain yang berbeda. Kalau dulu pilihan fashion untuk muslimah sangat terbatas dan kurang, sekarang sudah banyak fashion designer dengan ide dan ciri khas desain masing-masing.  Selain itu sekarang juga sudah banyak komunitas hijaber yang juga menjadi inspirasi bagi muslimah lainnya. Dunia fashion terus tumbuh, bahkan sekarang sudah ada wadah untuk mewujudkan perkembangan dunia fashion muslim. Seperti MuFFest (Muslim Fashion Festival) 2016 yang berlangsung  25-29 Mei 2016 lalu di Istora Senayan. Event ini pertama kali diadakan di Indonesia dengan mengusung tema #ScreenshotTheLook, dengan tujuan untuk mewujudkan mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi Pusat Mode Muslim Dunia tahun 2020.  Event ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC)  dan Hijabers Mom Community (HMC). Adapun rangkaian acara MuFFest ini adalah fashion show, talk show, press conference, pameran produk, workshop juga seminar.  

Saya mendapat kesempatan luar biasa dapat mengikuti Talkshow Meet The Blogger dari komunitas Blogger Crony di event MuFFest pada hari ke empat, dimana saya dan teman-teman blogger lain bisa berinteraksi dengan salah satu brand fashion scarf asal Malaysia yaitu Aidijuma. Hadir Datin Norjuma selaku Fashion & CEO Aidijuma dan Franka Soeria seorang Modest Fashion Expert, International Realtions And Deputy Of PR IFC, co-founder Alahijab.com, penggagas Istanbul Modest Fashion Week, banyak sekali prestasi Franka dan yang pasti membawa nama baik Indonesia. Di talkshow ini mereka berbagi pengalaman mengenai dunia fashion muslim.Datin Norjuma mengatakan bahwa bisnis fashion muslim saat ini berkembang pesat, seiring berkembangnya teknologi digital. Datin sendiri yang selama ini terjun di dunia fashion muslim sangat merasakan manfaat teknologi terutama di bisnis online yang ia jalani. 

Bisnis online memang banyak diminati oleh para wirausahawan apalagi sosial media yang mumpuni juga sangat mendukung, misalnya Instagram. Sosial media yang satu ini cakupannya sangat luas, setiap orang bisa mengkasesnya tanpa kecuali selama kita terhubung dengan internet. Tetapi tetap saja kita harus aware karena penipuan  bisa terjadi kapan saja. Datin yang memiliki bisnis scarf unik dengan dua desain atau twist and wear ini sudah banyak melakukan penjualan melalui Instagram, si cantik ini sudah merambah dunia lewat sosial media. Oh ya, Datin juga menambahkan, kalau kita berbisnis online sebaiknya tampilkan gambar yang real yang sebagus mungkin dan gambar tersebut memang hasil foto kita sendiri. Datin tetap menjalankan bisnisnya secara offline ini terbukti dengan sudah ada beberapa store yang dimilikinya. Bahkan store Aidijuma nggak cuma ada di Malaysia saja tapi juga sudah tersebar di beberapa negara seperti Singapore, Brunei, Turki dan kabar baiknya lagi akan segera merambah ke Indonesia. Wow, cool!  Datin juga mengatakan kalau ia tidak hanya memikirkan tentang bagaimana fashion tetapi juga bisnis plan. Datin sendiri salut dengan fashion designer Indonesia yang kreatif dan menghasilkan desain yang bagus.


Franka Soeria juga mengemukakan pendapat yang sama dengan Datin, Franka, warga negara Indonesia yang sekarang tinggal di Turki ini sangat memperhatikan dunia fashion. Ia mengatakan Modest Fashion sedang berkembang diseluruh dunia. Modest Fashion saat ini masih sangat lokal belum ada event global. Menurutnya lagi, untuk jadi pusat fashion muslim Indonesia harus terus melakukan promosi. Fashion isn't about the show only! Untuk branding, maksimalkan sosial media seperti Facebook Fan Page dan Instagram. Jangan inferior dan harus percaya diri kata Franka. Semoga saja Indonesia suatu saat nanti bisa menjadi kiblat nya fashion muslim dunia. Intinya seperti yang disebutkan Franka tadi confidence.
Saat talkshow berlangsung Datin juga memperkenalkan produk scarf nya. Dan kita semua peserta talkshow mendapat oleh-oleh scarf dari Datin. Thank you Datin! Datin juga memperagakan bagaimana cara berkreasi dengan memakai scarf miliknya dengan model yang juga sering wara wiri di sosial media Instagram. Bahan scarf nya adem nggak bikin gerah, nggak gampang kusut. Dan yang paling penting ukurannya lebar jadi bisa menutupi bagian dada. Franka yang juga ikut disela-sela peragaan kreasi jilbab oleh Datin mengatakan kalau scarf milik Datin ini termasuk scarf hemat karena dalam satu scarf punya dua bagian yang bisa dikreasikan. Warna-warna scarf milik Datin juga warna aman jadi untuk para muslimah nggak perlu khawatir karena gampang disesuaikan dengan busana yang kita miliki. Motif-motifnya juga lucu, ada motif binatang, cake, juga ada motif bunga. Cocok dipakai untuk sehari-hari juga bisa dikreasikan untuk acara formil. Simpel, tapi tetap cantik. Sukses deh untuk Datin, semoga cita-cita untuk membuka store di Indonesia segera terlaksana.

kreasi scarf oleh-oleh dari Aidijuma- I Choose A Simple Style

You Might Also Like

37 komentar

  1. Waaw penasaran oleh2 scraftnya maak *eeh :v

    ada 2 bagian yang dikreasikan *makin penasaran nniy

    ya pokkoke sukses buat Datin ya, moga storenya cepet buka, ntar aku lirik2 disana :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, bagian depan motif flower dan bagian belakang motif geometri gitu, suka banget makainya nggak licin dan nggak gampang kusut, mudah2an segera buka store di Indonesia.

      Hapus
  2. Syantiiikkk trus bahanya enak scraft nya aidijuma.

    BalasHapus
  3. Harganya berapaan Mak? Penting banget tuh infonya buat emak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak, untuk harga bervariasi sekitar RM18-RM28 , kalau seperti yang saya pakai itu model baru mbak :)

      Hapus
    2. seperti yang saya pakai motif comel burung hantu harganya RM15 :)

      Hapus
  4. Bawal scarf yang dipake itu cantik ya, motifnya owl gitu. Kalo bahannya nyaman dan gak bikin gerah pasti banyak yang suka pakenya :D.

    BalasHapus
  5. mba btw, bawal? kok kayak nama ikan ya :D

    BalasHapus
  6. Wiih..jadi makin cantik pake scarf dari Aidijuma. Ini dijual dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini storenya baru ada di Malaysia, Singapore, Brunei, Turki...Indonesia menyusul. Tapi bisa beli online mbak, cek Instagramnya deh mbak di @aidijuma

      Hapus
  7. Wah, zaman sekarang padu padan pakaian memang perlu, ya. Terutama untuk penghematan, hehe. Kalau punya scraf begini, bisa dipadukan dengan baju yang bermacam pula ^^

    BalasHapus
  8. Aku juga sukanya pake yang simpel-simpel aja Maaaaak, nggak suka yang terlalu banyak lilit, ribet banget rasanyaaa. Hehehee. Tutorialnya juga dong maaaak. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena makainya simpel jadi tutorialnya nggak dibuat mak hihi, tp ntar scarf yang satu lagi ada nih rencananya mau dibuatin tutorialnya

      Hapus
  9. Scarfnya colourfull, berapaan yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau seperti yang saya pakai corak owl ini harganya RM15 mbak :)

      Hapus
  10. cakep scarf nua lucu bisa tampil lebih awet muda, seorang pengagas wow banget yah... aikhh oengenn dah bisa go internasional... hahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? awet muda? kan yang pake memang masih muda :D

      Hapus
  11. Kira2 biaya ongkirnya ke indonesia mahal ga ya. Atau sudah ada resellernya di indonesia? Lumayan kan buat pengiritan ongkir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kota kasablanka ada juga mbak resellernya :)

      Hapus
  12. bagus motifnya ya mba. simple sederhana tapi elegan. bahannya kayaknya juga adem..

    BalasHapus
  13. Kalau dengar bawal pasti Malaysia punya. Suka liat tutorial bawal di yutub.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia banget ya mbak kata bawal nya :)

      Hapus
  14. simpel bunga2 gitu ya. saya jrg pake scraf, tp pengen coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. simpel mbak, saya juga jarang pake motif tapi yang ini saya suka karena warnanya soft dan mudah disesuaikan dengan warna baju

      Hapus
  15. bener-bener seperti apa yang ada dibanner-banner nya banyak menang lomba
    salam kenal dari jogja ya bu

    BalasHapus
  16. terima kasih mas topik, salam kenal yaa :)

    BalasHapus
  17. Seru juga ya, bisa ikutan acara yang bagus. Apalagi dapet oleh-oleh scarf-nya. Motifnya bagus :)

    BalasHapus
  18. Semoga semakin harinya semakin banyak yang pake hijab, namun jangan hanya sekedar buat beauti styles aja. :)

    BalasHapus