Peran Terminal 3 Dalam Mendukung Pariwisata Indonesia

A irport atau bandar udara mempunyai peranan utama dalam persilangan penerbangan domestik maupun...


Airport atau bandar udara mempunyai peranan utama dalam persilangan penerbangan domestik maupun intenasional. Selain itu, bandara atau airport juga mempunyai banyak peran dan multifungsi. Nggak cuma sebagai terminal, tetapi juga sebagai tempat bisnis dan sosial. Beberapa kali saya terbang dan mendarat di beberapa bandara, kerap saya temui beberapa orang atau sekelompok orang yang yang melakukan pertemuan didalam terminal, seperti di restoran atau di cafe. Bandara sekarang ini juga sudah di jadikan meeting point. Bahkan di bandara yang cukup luas seperti Kuala Namu di Medan saya temui tempat belanja atau outlet dengan brand-brand terkenal. Ada juga minimarket, mesin ATM bahkan cabang pembantu, kemudian waving gallery atau area anjungan pengantar. Pertama kali mendarat di Kuala Namu saya bangga karena bandara sebesar ini memang layak dibangun mengingat banyaknya penumpang baik domestik dan internasional yang mondar mandir disini. Sama halnya dengan pertama kali Terminal 3 Soekarno Hatta dibangun, terkesan luas, rapi dan nyaman.

etalase galeri di T3CGK
Sekarang Angkasa Pura II sudah melakukan pengembangan Terminal 3 yang sempat dinamai Terminal 3 Ultimate. Dan saya sangat senang menjadi salah satu blogger yang berkesempatan mengikuti blogger gathering bersama Angkasa Pura II dan Liputan 6, Jumat 24 Juni kunjungan pertama dan tanggal 2 Juli untuk kunjungan kali kedua dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Di event blogger gathering ini nggak cuma dihadiri blogger saja, tetapi ada juga media juga netizen. Seru, senang dan bangga bercampur jadi satu karena menjadi yang pertama kali melihat Terminal 3 yang baru, dan menjadi wajah baru Indonesia. Apalagi saya dan teman-teman bisa leluasa melihat-lihat fasilitas yang ada dan ngobrol dengan beberapa petugas Angkasa Pura yang medampingi saya dan teman-teman.

Kunjungan pertama saya 24 Juni lalu, hadir Pak Rizal Ramli Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, berbincang bersama beberapa perwakilan Angkasa Pura II dan para blogger dan media. Terminal 3 ini akan menandingi Changi 3 Singapore, ujar Pak Rizal. Bagi traveller, Changi memang dianggap bandara paling nyaman untuk transit, bahkan sebagian lagi juga mengatakan Changi adalah bandara yang asyik buat nongkrong bareng teman atau kolega. Pak Rizal berharap Terminal 3 Soekarno Hatta bisa lebih dari Changi, lebih besar dan lebih canggih, nggak hanya sebagai rute destinasi saja tapi juga sebagai rute transit internasional. Kecanggihan Terminal 3 ini juga mendukung dengan berlakunya bebas visa bagi beberapa negara ke Indonesia. Bangsa kita sangat toleran dengan penumpang dari luar, selama dalam pemeriksaan tidak hal yang mencurigakan kita tetap memperlakukan penumpang asing dengan baik.

bincang santai dengan Menteri Rizal Ramli dan manjamen Angkasa Pura II
Pak Benyamin salah seorang tim Arsitektur Terminal 3 mengatakan bandara itu bukan melulu keindahan dan juga bukan hanya fungsional saja. Akan tetapi bagaimana bandara bisa menjadi indah dan fungsional. Tim arsitek untuk pengembangan Terminal 3 ini anak bangsa loh! Arsitektur di Terminal 3 ini sudah melalui proses design dan study, termasuk studi mengenai savety bangunan kalau terjadi gempa, wajar saja karena Indonesia termasuk negara yang rawan gempa. Mengenai design ide dasarnya adalah Nusantara. design atap yang berbentuk arus melambangkan Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dan dihubungkan dengan laut, kemudian design gedung yang dibuat miring ini sesuai dengan rumah adat propinsi di Indonesia yang berbentuk miring. Akan ada inner garden dan full landscape juga disini. 


area ruang tunggu



play ground tempat bermain anak agar anak-anak tidak jenuh
Cut Memey  yang menjadi tamu di sesi talkshow 2 Juli lalu punya pendapat yang sama dengan Miss Jinjing yang pernah menjadi tamu di even blogger gathering sebelumnya. Mereka berdua yang kerap melakukan travelling sudah banyak pengalaman keluar masuk bandara, menurut mereka kalau mau melihat bagaimana suatu negara lihat saja bandaranya, karena bandara adalah gerbang masuk suatu negara. 
Cut Memei dan putranya Nathan


Dengan adanya sistem dan teknologi yang canggih di Terminal 3 ini mampu menciptakan kenyamanan bagi penumpang. Sekarang penumpang yang membawa bagasi nggak perlu repot menenteng bagasinya kesana kemari, karena untuk bagasi sudah sistem cek in auto bagasi yang menggunakan barcode system dan nggak ada porter nantinya disini. Less people untuk pengelolaan bagasi .Ini untuk mengurangi kekhawatiran penumpang dengan maraknya kasus bagasi hilang dan dicuri.

area cek in bagasi
area cek in penumpang
Peranan Terminal 3 ini sangat mendukung kemajuan Pariwisata Indonesia, dimana bandara dan airlinenya harus saling mendukung. Bandaranya sudah bagus dan canggih, pelayanan airline kepada penumpang juga mesti semakin bagus, pelayanan standar internasional. Ini akan membantu pengembangan industri pariwisata di Indonesia. Bandara Soekarno Hatta adalah etalasenya Indonesia, identitasnya Indonesia. Untuk itu di Terminal 3 ini akan ditonjolkan ciri khas nya Indonesia, akan ada galeri yang memajang lukisan orang-orang ternama di Indonesia, baik tokoh politik juga seniman Indonesia. Kemudian etalase yang memajang semua yang berkaitan dengan Indonesia, seperti keunikan dan pariwisata semua propinsi yang ada di Indonesia.

lukisan hologram karya seniman Galang

instalasi seni lukis karya Wahyu Sardono

lukisan karya seniman Nasirun asal Jogja
Etalase dan galeri yang dibuat tentu saja menjadi daya tarik bagi penumpang yang sedang transit, dan semoga orang luar semakin mengenal pariwisata yang ada di Indonesia. Selain itu dengan adanya etalase dan fasilitas umum lainnya seperti shopping center, restoran, dsb penumpang bisa leluasa menjelajahi Terminal 3 Soekarno Hatta. Ada 28 gates di sini, terbagi menjadi 10 gate internasional dan 18 gate domestik. Terminal 3 ini bisa menampung 25 juta penumpang dalam setahun, pastinya bisa mengurangi crowded. 

Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi selaku Dirut PT. Angkasa II yang hadir di penghujung acara mengatakan Terminal 3 ini yang ditonjolkan memang Art and Culture, tema nusantara juga menjadi kekuatan pada design bangunan. Dan dengan dibangunnya Terminal 3 ini kita bisa bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Inilah salah satu fasilitas kebanggaan Indonesia. Semoga kita juga sebagai anak bangsa bersama-sama bisa menjaga fasilitas ini, dengan menjaga kebersihan dan keindahan Terminal 3, sehingga semua orang bisa merasakan kenyamanan saat masuk dan keluar dari bandara yang merupakan gerbang negara Indonesia.

You Might Also Like

26 komentar

  1. seru ya berkunjung ke terminal 3 yang super luas ini :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. luas banget, seperti kuala namu ya mas :)

      Hapus
  2. memang bandara itu harus nyaman , kalau lagi menunggu jadi gak bete

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, dan nggak terlalu crowded..terus yang penting lagi penumpangnya menghargai hak orang lain, kadang kerap ditemui penumpang yang tiduran di kursi tanpa memkirkan orang lain, belum lagi barang2 bawaan juga di letakkan di kursi yang seharusnya jadi tempat duduk penumpang lain.

      Hapus
  3. Setuju, Kuala Namu dan Terminal 3 tuh memang bikin nyaman, senang kalau punya bandara yang ramah penumpang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak...seperti di Kuala Namu ruang tunggu banyak dan nyaman

      Hapus
  4. Wah kayaknya bakalan sukak dengan bandara ini, mba. Aman, nyaman dan megah yaaa :)

    BalasHapus
  5. Waaah apik yaa, bandara soeta emang luasss banget, kalo bandara Semarang cilik. Tapi enaknya kalo bandara kecil ga capek jalan, dan ga kuatir salah terminal huehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah nggak perlu jalan mbak, bandara canggih gini dimana2 ada eskalatornya dan ada lift juga, ahkan seperti kuala namu setelah turun dari eskalator ada juga pelataran seperti eskalator gitu, lagian yang bikin nggak capek pastinya bakal mampir ke outlet-outlet hihi, kayak di mall :)

      Hapus
  6. Aduh, kereeen. Pengen deh singgah di bandara ini hihihi. Semoga bs jd contoh yg baik buat bandara2 di kota lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ya mbak..biar tambah maju pariwisata Indonesia

      Hapus
  7. Terminalnya keren banget ya Maaaaak, kaya di film-film korea gituuu. Ga sabar nunggu peresmiannyaaaa. hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan diresmikan after lebaran maak...nggak usah jauh-jauh ke korea yaaa :D

      Hapus
  8. Bandara nya udah bagus, semoga bisa merawat nya

    BalasHapus
  9. widihhh, bagus ya :D
    bandaara segitu keccenya.
    Aku paling takjub sama bandara brunei darusalam pas transit dnaaku tidur semalaman di bangku duduk wkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, meskipun transit nya lama tapi di bandara bisa bikin nyaman ya mbak..terminal 3 ini juga jadi terminal transit internasional mbak, semoga memberi kenyamanan buat semua penumpang yang transit.

      Hapus
  10. Wah mewah dan keren ya? Moga bisa jadi gerbang masuk yang membawa nama baik Indonesia di mata mancanegara + moga WC-nya tetep bersih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, kamar mandi harus tetap diperhatikan ya mbak karena sering saya lihat beberapa bandara kalau sudah ramai kamar mandi jadi nggak bersih dan bau

      Hapus
  11. Waah terminal 3 udah siap nih...
    Semoga pelayanan di bandara kita makin wokeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ya mbak, tetap konsisten melayani

      Hapus
  12. Belum pernah naik pesawat, jadi blm pernah nyicipin.. wkwkwkwk

    semoga suatu saat :)

    TFS mba.. (y) (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...semoga segera bisa merasakan naik pesawat ya mbak :)

      Hapus