Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Alumni Sampoerna Academy

J umat, 10 Juni 2016 saya mengikuti acara Buka Puasa Bersama Putera Sampoerna Foundation (Alumni...


Jumat, 10 Juni 2016 saya mengikuti acara Buka Puasa Bersama Putera Sampoerna Foundation (Alumni  Sampoerna Academy), bertempat di Restaurant TeSate Jakarta. Saya tiba lebih awal, kira-kira tiga puluh menit sebelum acara dimulai.  Tampak anak-anak muda yang mulai berdatangan satu persatu dan saya menduga mereka ini adalah para alumni Sampoerna Academy yang akan berbagi pengalaman dengan kami. Ya, mereka adalah para alumni yang kini telah berhasil menjadi anak bangsa yang melanjutkan sekolah di luar negeri, bahkan sebagian lagi sudah ada yang bekerja di tempat yang lumayan bonafit. Ini semua buah dari pendidikan yang mereka dapatkan, selama kita fokus dengan tujuan pasti membuahkan hasil, yang penting menikmati prosesnya. Terus belajar, jangan pernah puas dengan apa yang kita dapatkan karena yang namanya ilmu nggak ada batasannya, selalu ada saja yang baru, jangan sampai kita menjadi anak bangsa yang tertinggal.

Acara berjalan santai, karena memang tujuan saya dan teman-teman dari BloggerCrony Community adalah untuk ngobrol bareng dengan para alumni sambil bersilaturahmi. Hadir juga ditengah-tengah kami semua Ibu Nenny Soemawinata selaku Managing Director Putera Sampoerna Foundation. Bu Nenny mengatakan untuk, era MEA pendidikan sangat penting untuk di prioritaskan demi masa depan anak-anak kita nanti. Pendidikan adalah kekuatan, pendidikan adalah kendaraan menuju masa depan. Pendidikan merupakan bekal bagi anak-anak kita untuk mencapai puncak kesuksesan dengan bekal yang dimilikinya. Indonesia adalah negara besar, future leader sangat dibutuhkan. Jangan sampai kita dipimpin oleh orang asing di negara kita sendiri. Era MEA tentu saja banyak perusahaan asing yang akan berkantor di Indonesia, kita harus bisa beradaptasi baik dalam hal ilmu, teknologi dan yang terpenting lagi bahasa. Sudah saatnya anak-anak kita mengenal bahasa lain selain bahasa Indonesia. Untuk itu anak-anak harus dipersiapkan sejak dini, harus belajar dan mendapatkan pendidikan terbaik.

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah sebuah institusi bisnis sosial yang selama ini selalu berkomitmen untuk terus mewujudkan visi nya dalam mencetak future leader yang berkualitas. Melalui Sampoerna Schools System, PSF telah mendidik siswa-siswi berprestasi dari seluruh Indonesia, termasuk mereka yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Beberapa dari mereka bahkan mengharumkan Indonesia di kancah Internasional. Bu Nenny juga menjelaskan bahwa para alumni yang hadir dore itu merupakan siswa-siswi berprestasi dan merupakan contoh keberhasilan dunia pendidikan di Indonesia. Sampoerna Foundation mencoba mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia yang memiliki segudang prestasi untuk menimba ilmu di kampus-kampus berkualitas yang ada di luar negri. Setelah anak-anak ini menyelesaikan pendidikan, mereka juga dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan, karena mereka sudah lancar berbahasa Inggris yang selama ini sudah mereka praktekkan sehari-hari. Selain itu character building mereka juga sudah terbentuk, ini yang paling penting. Sampoerna Academy juga menerapkan pendidikan holistik yang tidak hanya mengembangkan kemampuan akademik namun juga pengembangan karakter kepemimpinan, kewirausahaan dan kepedulian sosial.

Ngobrol bareng para alumni sore itu sangat menginspirasi, saya sangat antusias seandainya punya anak kelak, anak-anak saya bisa seperti mereka. Bangga dengan semangat dan kegigihan mereka, mereka tidak mau menjadi anak-anak yang tertinggal dalam hal mengenyam pendidikan. Dari beberapa alumni yang satu meja dengan saya dan bercerita mengenai pengalaman, kesan dan cita-citanya nanti sungguh membanggakan punya anak-anak bangsa yang berprestasi seperti mereka. Edo Nugraha Saragih biasa di panggil Edo, anak muda asal Pematang Siantar Medan mengambil jurusan Ekonomi di University of Kansas, Amerika Serikat. Edo juga pernah menyabet juara tiga Kompetisi Debat BUMN pada tahun 2012 dan pertukaran pelajar yang bekerjasama dengan Kedutaan Jepang pada Januari 2013. Saat teman saya satu meja menanyakan pada Edo kenapa memilih jurusan ekonomi, Edo mengatakan ia ingin sekali mempelajari ekonomi makro, menurutnya kebijakan ekonomi makro di negara ini bisa dibuat lebih baik lagi. Yang ingin dilakukannya untuk masa depan, ia ingin masuk ke pemerintahan untuk bisa memperbaiki kebijakan ekonomi makro negara kita. Sukses ya Edo, kami sangat mendukung cita-cita mu.
Ratna, satu dari alumni Sampoerna School ini juga berbagi cerita bersama kami. Ratna yang melanjutkan pendidikan di University of Kentucky mengambil jurusan matematika. Ratna ini berasal dari keluarga sederhana asal Tulungagung, Jawa Timur. Karena mempunyai mimpi lebih besar, Ratna bertekad untuk bisa kuliah di luar negeri, ia mendapatkan beasiswa untuk meneruskan kuliah di University of Kentucky. Untuk biaya hidup, Ratna mendapatkan dana bantuan pendidikan dari Putera Sampoerna Foundation. Ratna bahkan sambil kuliah dan bekerja juga loh, malah ia sempat memberangkatkan kedua orang tua nya ke Amerika dari hasil tabungannya selama bekerja. Wah, salut sekali sama Ratna, untuk anak-anak muda diluar sana ayo dong kalian bisa seperti Ratna, menjadi anak yang beprestasi, mengharumkan nama bangsa, menjadi kebanggaan orang tua.

Sharien, gadis cantik asal Sumatera tepatnya Toba Samosir adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menjalani jurusan Biochemistry di University of Misouri, Amerika Serikat. Tertarik belajar di Sampoerna Academy karena ingin mengurangi beban keluarga, karena belajar di Sampoerna Academy mendapat bantuan dana pendidikan, selain itu ia tertarik dengan kehidupan sosial di sekolah yang berasrama, tentunya   Sharien ingin lebih beradaptasi dengan sesama temannya di asrama. Saat ini Sharien sedang mengikuti program magang di Indonesia. Idolanya Bapak BJ Habibie loh, kata Sharien kalau sudah sukses jangan seperti kacang lupa kulitnya, harus bisa berkontribusi balik dan membangun daerah asal katanya.

Saya bangga dengan anak-anak daerah yang berani bermimpi tinggi dan mewujudkan impian mereka, apalagi cita-cita mereka yang ingin terlibat dalam pemerintahan juga membangun daerah asal. Semua bisa tercapai selama ada kemauan untuk terus belajar. Saya juga salut dengan Putera Sampoerna Foundation yang memberi kesempatan kepada  anak-anak dari keluarga pra-sejahtera yang berprestasi untuk bisa mengenyam pendidikan terbaik yang bertaraf Internasional. Tentu saja ini merupakan peluang besar bagi anak-anak lain yang berprestasi yang ingin mendapatkan pendidikan yang sama seperti para alumni yang telah menginspirasi. 




You Might Also Like

24 komentar

  1. "Iri" banget ya bisa seperti mereka...tapi memotivasi diri untuk lebih maju..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..ntar anak-anak kitasemoga bisa seperti mereka yaa :) Amiiin

      Hapus
  2. Rata rata MIPA yah, klo utk Bahasa dan seni ada gak yah??
    saya juga mau kuliah di luar negeri akh biar ada fotonya. sukses buat anak-anak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak Mira..lanjutkan lagi sekolahnya, ajak babam yaaa :D

      Hapus
  3. luar biasa mereka, mengejar pendidikan dengan cara sendiri dan tidak membebankan orang tua, kelak jika punya anak semoga seperti mereka cara berfikirnya.amin

    BalasHapus
  4. adik2 kelasku pas SMA juga ada beberapa orang yang jadi alumni SF mbak. kalo aku dulu waktu SMA juga dapat beasiswa SF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Alhamdulillah ya mbak Liza sempat merasakan beasiswa dari Sampoerna Foundation

      Hapus
  5. ikut bangga dgn anak muda seperti mereka, jadi penasaran bgm orangtuanya bisa membangun mental seperti itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangga banget pastinya..anak-anak hebat dari orangtua bermental hebat

      Hapus
  6. Ya ampun kerennyaaaaa. Aku pikir cuma anak-anak mampu aja Mak yang bisa sekolah di Sampoerna Academy, ternyata ada program beasiswanya yaaa. Waaaaah anak-anak muda itu menginspirasi banget yaaaaaa,, Inshaallah nanti anakku bisa seperti itu juga, aaaaaaamiinnnn :D Makasi sharingnya Mak Tuty..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin...semoga kelak anak kita seperti mereka maak :)

      Hapus
  7. Penerima beasiswa sampoerna emang orang-orang terpilih ya. Mereka memang pintar-pintar dan berprestasi. Saluut...

    BalasHapus
  8. seru benget acaranya

    suka dengan quote jhon f kennedy nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku nemu quote nya dari kalender pendidikan hehe

      Hapus
  9. acara yang sangat menginspirasi untuk kemajuan pendidikan Indonesia,,,salut

    BalasHapus
  10. Salut sama mereka, dulu orang tua nya kasih makan apa yaaa kok anaknya pinter2 hehehe

    BalasHapus