Shopee Danai Pengembangan Pengusaha Muda Indonesia

S hopee , aplikasi mobile social marketplace pertama dengan gratis ongkir ke seluruh Indonesia,...

Shopee, aplikasi mobile social marketplace pertama dengan gratis ongkir ke seluruh Indonesia, mengumumkan komitmen Rp 100 Milyar yang akan dialokasikan untuk terus mendorong lebih banyak anak muda Indonesia menjadi entrepreneur di tanah air dan mendukung mereka yang telah memulai bisnis, terutama dalam industri kreatif. Mengambil momen Indonesia E- Commerce Summit and Expo 2016 di ICE BSD, CEO Shopee Chris Feng meluncurkan inisiatif ini. Menurut Chris Feng pengusaha muda ketika memulai sebuah bisnis biasanya menghadapi 3 tantangan terbesar yakni pengetahuan tentang bisnis, teknologi, dan modal. Dengan investasi Rp 100 Milyar ini, Shopee meluncurkan Young Entrepreneur Program sebagai bentuk komitmen jangka panjang untuk mendukung pengusaha muda di Indonesia untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara online.

Chris Feng juga menjelaskan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, hingga 2015 junlah pengusaha di Indonesia tercatat hanya kurang dari 2 persen. Dari angka itu hanya 0,8 persen adalah pengusaha dibawah umur 40 tahun. Padahal anak muda terkenal sebagai yang sering melahirkan ide-ide bisnis kreatif, terutama dalam beberapa subsektor industri kreatif seperti fashion, kuliner, kerajinan dan seni rupa. Shopee mempersiapkan program dukungan yang lengkap, termasuk didalmnya adalah dukungan teknologi dan platform Shopee, pengembangan keterampilan dan pengetahuan mengenai e-commerce yang didapatkan melalui kelas-kelas pelatihan, serta dukungan finansial dalam bentuk modal usaha dan subsidi ongkos kirim ke seluruh Indonesia.
Chris Feng
Salah satu yang telah dimulai oleh Shopee di tahun 2016 adalah sebagai bagian dari Young Entrepreneur Program adalah melakukan ajang pencarian pengusaha muda di kampus-kampus seluruh Indonesia. Kampus merupakan fokus utama dalam menjalankan inisiatif ini. Salah satu yang sedang dijalankan adalah Shopee Campus Competition, yang dimulai sejak Maret 2016 lalu. 230 mahasiswa dari 89 universitas seluruh Indonesia berpartisipasi dalam program ini dengan mengirimkan ide bisnis mereka. Setelah melewati pelatihan secara profesional dan benar-benar mencoba berjualan melalui platform Shopee selama 2 bulan terakhir, Shopee akan mengumumkan pemenang di akhir April 2016. Pemenang akan mendapatkan Shopee Young Entrepreneur Fund, yaitu modal untuk mengembangkan bisnis.

Di sisi lain, Shopee juga telah membantu para UKM dalam menaikkan penjualan secara signifikan, yaitu dengan program gratis ongkos kirim yang telah dijalankan sejak Februari 2016 lalu. Hanya dengan minimum pembelian sebesar Rp 30.000, seluruh penjual di Shopee sudah bisa menawarkan gratis ongkos kirim ke pembeli, dengan batas subsidi hingga Rp 80.000. Rata-rata penjual di Shopee mengklaim kenaikan penjualan sebesar 12 kali lipat terutama dari pembeli di luar Pulau Jawa. Melihat antusiasme yang besar, Shopee akan memperpanjang program gratis ongkir ke seluruh Indonesia untuk semua penjual hingga 31 Juli 2016.
peserta Shopee Campus Competition

Tentang Shopee
Shopee adalah sebuah mobile-first marketplace sosial pertama dimana setiap orang dapat mencari, berbelanja dan berjualan. Ini merupakan platform yang disesuaikan dengan pasar Asia Tenggara, menggabungkan keaslian marketplace konsumen-konsumen (C2C) dengan fitur pembayaran dan logistik, yang menjadikan belanja online mudah, aman, praktis dan menyenangkan. Tim Shopee percaya pada kekuatan teknologi untuk mentransformasi. Dengan seiringnya kegiatan berbelanja di perangkat  mobile menjadi sebuah norma baru, Shopee bertujuan untuk meningkatkan platform-nya terus menerus dan menjadi pilihan utama dalam berbelanja online di kawasan ini. Shopee didukung oleh Garena, penyedia layanan internet platform terbesar di Asia Tenggara.

Langkah nyata komitmen Shopee Indonesia dalam pemberdayaan UKM di Indonesia:
Program Gratis Ongkir ke Seluruh Indonesia
Awal dirilis pada Februari 2016, program Gratis Ongkir ke seluruh Indonesia berupa subsidi sebesar Rp 80.000 tanpa ada minimum pembelian. Berdasarkan antusiasme dari para pembeli dan penjual dalam platform Shopee, program ongkir yang awalnya berakhir April 2016 diperpanjang hingga akhir Juli 2016.

Shopee University
Sebuah education center yang menjadi wadah bagi para UKM untuk mendapatkan berbagai pengetahuan seputar topik yang bermanfaat dalam pengembangan bisnis melalui kelas-kelas yang diadakan setiap minggu.

Shopee Campus
Ajang pencarian bakat dan ide ke kampus-kampus, dimana ide bisnis yang menarik akan dimodali oleh Shopee secara langsung.

Shopee dapat diunduh gratis di Google Play dan App Store di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi:
Website                : http://www.shopee.co.id
Facebook              : Shopee
Twitter                 : @ShopeeID
Instagram             : shopee_id

You Might Also Like

13 komentar

  1. Saya udah beberapa kali nih belanja di Shopee. Senang dgn gratis ongkirnya :D

    BalasHapus
  2. Saya udah beberapa kali nih belanja di Shopee. Senang dgn gratis ongkirnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik ya..apalagi programnya berakhir samapai juli lumayan bisa belanja banyak utk stock lebaran dengan ongkir gratis :D

      Hapus
  3. Weeh keren neh Shopee, apalagi membantu para UKM ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, senang kalau ada yang seperti ini :)

      Hapus
  4. Klo mendukung para UKM jadi termotivasi dan semangat... yukk belanja dan saling membantu

    BalasHapus
  5. Wah ini sangat membantu sekali ya mbak shoopee memang okeh ya mengerti banget deh yang orang lain inginkan.

    BalasHapus
  6. ide free ongkir shopee mantep juga ya, teman2ku yg jualan di sana juga bilang hasilnya signifikan, jd byk yg order di sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi free ongkirnya adalah subsidi dari shopee :-)

      Hapus
  7. 100 milliar bisa foya2 keliling dunia haha

    BalasHapus