[Meja Makan Punya Cerita] Sajian Suasana Nyaman di Meja Makan

M eja makan merupakan salah satu tempat berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas berin...


Meja makan merupakan salah satu tempat berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas berinteraksi antar anggota keluarga. Kebersamaan dengan keluarga di meja makan adalah momen penting bagi saya dan keluarga. Momen dimana saya dan anggota keluarga yang lain saling bertukar pengalaman mengenai aktivitas keseharian yang dilakukan, tak jarang juga pada saat makan dan berkumpul dengan keluarga di dalam satu meja makan menjadi ajang curhat. Curhatan lugu dari ponakan yang masih duduk di Sekolah Dasar, mengenai pelajaran di sekolah yang tidak disukai juga tentang guru-guru yang mengajar. Momen seperti ini sudah menjadi tradisi bagi keluarga saya. Bahkan sejak kecil pun Ibu saya selalu mengajarkan untuk makan bersama di meja makan. Saatnya makan ya harus di meja makan kata Ibu saya. Terkadang rasa rindu akan masa kecil sangat terasa, saat dimana abang, saya dan adik-adik saling curhat. Apalagi Ibu saya suka memasak makanan yang disukai anak-anaknya. Ini juga momen yang kami tunggu, saat pulang sekolah pasti ngintip meja makan, penasaran dengan masakan yang disajikan Ibu pada saat itu. Ayah dan Ibu saya juga selalu menunggu kami anak-anak nya pulang sekolah untuk makan bersama, nggak pernah ada istilah makan duluan. Ternyata momen makan bersama itu memiliki kenangan tersendiri bagi saya saat ini. Yup,  meja makan punya cerita. Momen intim bersama keluarga saya, tetap menjadi cerita yang akan saya bagikan kepada anak-anak saya kelak. 

Kebersamaan bersama keluarga menjadi momen yang memorable dalam hidup seseorang termasuk saya. Quality time bersama keluarga di rumah harus dimuali dari usaha orang tua agar anak-anak menjadi terbiasa. Terkadang kesibukan masing-masing anggota keluarga, membuat momen makan bersama di meja makan berkurang bahkan hampir hilang. Orang tua sibuk dengan pekerjaan dan lebih sering makan dengan rekan kerja, anak sibuk dengan kegiatan sekolah dan main bersama teman, masing-masing anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing. Bahkan di saat weekend pun, makan bersama jarang dilakukan. Padahal kebiasaan makan bersama di meja makan memberi manfaat besar, salah satu nya kedisiplinan. Anak jadi faham suasana nyaman pada saat makan adalah di meja makan bersama keluarga. Selain itu manfaat lain dari makan bersama keluarga adalah anak jadi terbiasa dengan makanan rumah. Makanan rumah sudah pasti terjamin kebersihan dan kesehatannya. Jadi anak-anak sejak dini tidak terbiasa dengan makanan fast food atau siap saji. Intinya, membiasakan diri makan dirumah bersama keluarga selain mendapatkan momen bahagia juga menjamin kesehatan keluarga. Komplit yah, keluarga sehat dan bahagia.

Seperti momen saat saya mengikuti blogger gathering bersama Tupperware dan Viva.co.id 20 Mei 2016 lalu yang diadakan di Head Office Tupperware Indonesia, Gedung South Quarter, Tower A, Lantai 12, Jl. RA Kartini Kav. 8, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Bagi saya momen bersama dengan teman-teman blogger pada saat itu luar biasa seru nya. Tupperware menyediakan meja makan minimalis untuk para peserta, setiap meja makan berisi empat orang. Dari awal saja sudah dapat momen intim antara yang satu dengan yang lain. Karena antar peserta ada yang baru bertemu di dunia nyata, wajar saja selama ini beberapa blogger ada yang hanya bisa berinteraksi di sosial media saja, dan bisa dipertemukan seperti ini dalam satu meja makan tentu menjadi momen yang membuat kita semua jadi happy yang tak terlupakan. Saya dan teman-teman saling berinteraksi dan bertukar cerita juga pengalaman. Acara yang berjalan seru dan santai ini banyak diisi dengan games menarik dan tentunya bertaburan hadiah dari Tupperware.

Acara blogger gathering dibuka oleh Pak Edwin Jonathans selaku Product Manager Tupperware Indonesia. Pak Edwin mengatakan Tupperware selalu menciptakan inovasi baru, ini penting dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Tupperware berkonsentrasi ingin membuat wanita Indonesia lebih baik lagi untuk menjalan kan peran sebagai ibu rumah tangga. Selain itu Tupperware juga ingin mengembalikan budaya makan bersama keluarga yang menyenangkan, tentunya bagi keluarga Indonesia. Untuk menumbuhkan tradisi kebersamaan di meja makan, Tupperware meluncurkan kampanye "Meja Makan Punya Cerita". Dengan kampanye Meja Makan Punya Cerita diharapkan banyak keluarga yang terinspirasi untuk melakukan rutinitas makan bersama keluarga dan mendapatkan amnfaat positif terutama kuatnya rasa aling menyayangi dan mendukung antar anggota keluarga.
Edwin Jonathans
Hadir juga Mbak Ajeng Raviando, selaku Psikolog Anak dan Keluarga. Menurut mbak Ajeng, kesibukan yang padat seperti orang tua yang keduanya bekerja maupun agenda anak yang padat di sekolah menjadi salah satu faktor hilangnya tradisi makan di rumah. Dan ternyata hilangnya tradisi makan bersama keluarga ini menimbulkan pengaruh buruk bagi perkembangan hubungan antar anggota keluarga, karena bersantap di meja makan menjadi ajang komunikasi antar  anggota keluarga. Bersantap di rumah sebenarnya lebih santai dan nyaman dibanding bersantap di ruang publik. Manfaat makan bersama keluarga di rumah mempererat hubungan dan komunikasi dengan anggota keluarga, juga mampu mengekspresikan pikiran. Percakapan di meja makan menambah nilai-nilai keluarga. Anak-anak kita akan mengerti mengenai etika jika berteman dengan orang lain. Menurut mbak Ajeng, membawa gadget ke meja makan bukan contoh yang baik untuk anak, karena ritual makan di meja makan adalah momen kita mendekatkan diri dengan keluarga. Saling berkomunikasi dengan cara sederhana dan momen seperti ini akan membekas di hati anak-anak kita dan berpengaruh terhadap hubungan sosial anak-anak kita denga teman dan lingkungannya.

Ajeng Raviando
Tampilan meja makan juga menjadi bagian keluarga menjadi betah makan di rumah. Karena fungsinya sebagai tempat berinteraksi, sebisa mungkin desain ruang makan dan tampilan di meja makan mampu membuat kita sebagai penggunanya merasa aman. Pemilihan perabot makan dan pernak-pernik di meja makan yang tepat, bisa menciptakan suasana yang akrab di meja makan selain itu kita juga bisa merasa rileks apalagi dalam hal pemilihan warna. Perangkat makan yang disesuaikan dengan kesukaan anggota keluarga akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri. Perayaan momen spesial juga akan terasa lengkap dengan adanya perabot makan dan asesoris yang menarik. Nah, sebentar lagi momen Ramadhan akan tiba. Selain sajian suasana yang nyaman, penataan yang menarik untuk suasana makan yang istimewa akan membuat keluarga senang makan di rumah. Hidangan juga semakin special jika disajikan dengan menggunakan Petite Blossom. Petite Blossom adalah rangkaian produk terbaru dari Tupperware.
Rina Sudiana
Rina Sudiana selaku Product Manager Marketing Tupperware menjelaskan bahwa Petite Blossom yang baru saja launching selain menghadirkan suasana modern juga dapat menciptakan momen makan sehari-hari bersama keluarga semakin ceria. Produk Tupperware terbaru ini diberi nama Petite Blossom karena berdasarkan bentuk dan ukurannya yang mungil dan cocok untuk wadah sajian. Warnanya tegas, ditempatkan di meja makan di rumah memberikan kesan modern dan tentu saja tambah cantik. Varian Petite Blossom terdiri dari Petite Blossom Soup Server untuk menyajikan hidangan berkuah porsi harian, Petite Blossom Saucy Dish untuk hidangan tumisan atau berkuah sedikit, Deep Serving Spoon cocok untuk makanan yang berkuah banyak atau sedikit, Petite Blossom Serving Platter untuk wadah makanan pendamping seperti kudapan, Serving Spoon digunakan untuk mengambil kudapan. Saya suka sekali dengan produk terbaru dari Tupperware ini, ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, bahkan untuk keluarga kecil dengan meja makan minimalis juga cocok.

mbak Rina mengajarkan peserta cara menggunakan Turbo Chopper
Pada acara blogger gathering kali ini mbak Rina juga mengenalkan produk Tupperware Turbo Chopper. Jadi Turbo Chopper ini sebagai pengganti ulekan buat ibu-ibu yang biasa ngulek sambal dengan cara memakai gilingan atau ulekan. Contohnya membuat bumbu rujak, kita tinggal masukkan semua bahan jadi satu kedalam wadah Turbo Chopper kemudian menarik talinya berulang kali sampai semua bahan halus atau sesuai dengan yang diinginkan. Nggak cuma ngulek sambal aja loh, untuk ibu-ibu yang masih memiliki si kecil, Turbo Chopper bisa digunakan untuk membuat bahan makanan seperti bubur dsb. Wah, produk ini bermanfaat sekali untuk mempermudah pekerjaan memasak ibu-ibu di dapur.

Acara siang itu cukup seru, selain menambah eratnya tali pertemanan juga menambah informasi mengenai pentingnya momen kebersamaan. Semoga kita semua terus menciptakan momen-momen berharga bersama keluarga di rumah, selalu berbagi cerita, berbagi keceriaan agar ikatan batin kita dengan anggota keluarga semakin erat. Ciptakan juga sajian suasana nyaman di meja makan dengan menu makanan yang menarik, bersih dan sehat juga tampilan yang rapi dan cantik menggunakan peralatan makan modern seperti Petite Blossom, momen bersama keluarga akan lebih sempurna. Dan semoga tradisi makan bersama keluarga di meja makan terus diwariskan oleh anak-anak kita.


You Might Also Like

20 komentar

  1. petite blossom pas banget buat meja makan imut aku mbak :)

    BalasHapus
  2. Petite Blossom praktis ya mba. Bisa 3 in 1, jadi nggak repot mindah2innya

    BalasHapus
  3. Aku jadi kangen rumah, makan bareng keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mbak, sekarang makan bareng keluarga besar bisanya setahun sekali pas lebaran karena tinggal nya beda kota dengan orang tua dan saudara.

      Hapus
  4. Balasan
    1. idaman ibu-ibu nih turbo choppernya hehehe

      Hapus
  5. Meja makan memang membuat betah seluruh anggota keluarga di keluarga besarku. Bukan hanya sebagai tempat makan Mbak, tapi setelah itu pasti ada acara ngobrol dan tentunya hal tersebut semakin membuat dekat ya, hubungan kekeluargaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Astin, bahkan makannya udah kelar ngobrol masih lanjut :D

      Hapus
  6. ada meja makan tapi jarang banget diduduki mba, pada seneng ngampar aja di lantai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..lesehan ya mbak,terkadang asyik juga, yang penting kebersamaan :)

      Hapus
  7. sempurna yah penampakan makan dimeja makan dengan berbagai hidangan juga atribut cantiknya, mencoba kebiasaan makan baru nih yang biasanya ngedeprok hehehe

    BalasHapus
  8. Itu penataannya cakep banget! Produknya bagus-bagus
    Senangnyaya kalo bisa kumpul bareng komunitas blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah kereen memang ini produknya, mungil..

      Hapus
  9. Sy jg termasuk pengguna tupperware :-D Keren ini acaranya...

    BalasHapus