FRISKIES Catventure

17 April 2016 saya mengikuti acara  FRISKIES Catventure yang diadakan di  Bintaro  Jaya  Xchang...

17 April 2016 saya mengikuti acara FRISKIES Catventure yang diadakan di Bintaro Jaya Xchange Mall. Catventure ini adalah sebuah arena bermain untuk mengajak keluarga Indonesia mengenal dan bermain bersama kucing peliharaan. Acara dibuka dengan sambutan dari Thomas Aquinas Nugroho selaku Country Business Manager for Nestlé Purina PetCare. Di acara ini pengunjung bisa membawa kucing peliharaan untuk bermain di area cat playland. Bagi keluarga yang tidak memiliki binatang peliharaan juga bisa ikut bermain dengan kucing-kucing lucu yang ada di pop up café. Selain cat playland dan pop up café, Catventure juga memiliki dry grooming station di mana 100 pengunjung pertama berkesempatan untuk mendapatkan layanan perawatan kucing seperti pembersihan bulu, telinga, dan potong kuku.

Acara FRISKIES Catventure ini diadakan bersamaan dengan peluncuran kemasan baru FRISKIES dengan lima varian rasa dengan formula yang lebih disempurnakan untuk memenuhi asupan gizi kucing. FRISKIES baru memiliki kandungan protein yang berguna untuk memelihara otot yang sehat dan kuat, kalsium untuk meguatkan gigi dan tulang, antioksidan untuk sistem imun, vitamin A dan taurine (taurine: asam amino yang terdapat pada daging dan ikan yang membantu penyerapan kolesterol dalam tubuh) untuk memelihara penglihatan yang jelas dan sehat, asam lemak omega 3 dan omega 6 untuk memelihara kesehatan bulu dan kulit serta prebiotik untuk memelihara kesehatan pencernaan dan mengurangi hairballs. FRISKIES juga meluncurkan snack kucing yang mengandung protein, vitamin dan asam lemak omega 6 yang mendukung kesehatan kucing tersayang yaitu FRISKIES Party Mix yang terdiri dari tiga rangkaian rasa yakni Classic paduan rasa tuna, chicken dan bonito, selanjutnya Beachside paduan rasa tuna, salmon dan ikan snapper, kemudian Cheesy Craze paduan rasa keju yang lezat dari keju cheddar, gouda dan edam. Thomas Aquinas Nugroho berharap melalui acara Catventure ini pengunjung tidak hanya mendapatkan pengalaman bermain bersama hewan peliharaan tetapi juga menambah  pengetahuan mengenai cara merawat kucing termasuk memberikan asupan gizi yang baik bagi hewan peliharaan.

Secara psikologis memelihara kucing ternyata dapat memelihara hubungan emosional antara orang tua dan anak. Hal ini dipaparkan oleh Sani B. Hermawan, Psi., yang berprofesi sebagai Psikolog Keluarga dan Anak. Beliau menjelaskan manfaat dari memiliki binatang peliharaan. Hewan peliharaan seperti kucing akan dianggap sebagai bagian anggota keluarga yang dapat membangun afeksi sehingga memunculkan sikap care, empati dan ikatan kuat dalam membagi peranan antara anggota keluarga. Tentunya dalam membagi peran perlu disesuaikan dengan usia anak. Memelihara kucing juga bisa meningkatkan self esteem yang tinggi dibandingkan anak yang tidak memelihara hewan peliharaan. Hal ini karena anak yang memiliki hewan peliharaan akan merasa bertanggung jawab akan peliharaannya, lebih ekspresif dan merasakan kebahagiaan. Ketika seorang anak menyentuh bulu halus kucing, maka akan mentransfer banyak emosi yang positif, dimana hal ini bisa membangun kedekatan, rasa peduli dengan sesama makhluk dan meningkatkan ketenangan jiwa.

sumber gambar: tim Friskies
ki-ka : Defa Amira, Andrew Soendjojo, Citra Kirana, Sani B Hermawan Psi, Thomas Aquinas Nugroho, drh. Nyoman Sakyarsih
Senang sekali bisa mengikuti event ini, karena saya termasuk salah satu cat lover. Selain itu selama ini saya kurang paham mengenai makanan yang cocok dan tidak cocok diberikan untuk kucing yang saya pelihara, malah kadang saya memberi mereka makan selayaknya makanan pokok manusia seperti nasi dan ikan. Ternyata selain memelihara kita juga harus memperhatikan pemberian makanan hewan peliharaan seperti kucing tentunya. Dokter Hewan Nyoman Sakyarsih, pendiri klinik hewan Pet Smile mengatakan saat ini masih banyak pemilik kucing di Indonesia yang cenderung sembarangan dalam memberikan makanan untuk kucingnya. Banyak dari mereka yang memberikan makanan sisa seperti nasi yang belum tentu terjaga kebersihan dan kandungan gizinya. Padahal, justru gizi yang tepat lah yang dapat menjaga kesehatan kucing untuk jangka panjang. Kucing adalah karnivora sejati. Karnivora sejati tidak memakan biji-bijian, tidak bisa memakan makanan yang mengandung karbohidrat karena akan menyebabkan diare pada kucing. Berbeda dengan hewan peliharaan anjing, kalau anjing bisa memakan makanan yang mengandung karbohidrat karena hewan jenis ini bisa menyerap karbohidrat. Kucing juga tidak bisa minum susu sembarangan karena pada dasarnya kucing tidak bisa mencerna laktosa, sebaiknya berikan susu khusus atau susu rendah laktosa.

sumber: presentase drh nyoman sakyarsih - infografis: tutyqueen
Citra Kirana artis sekaligus pencinta hewan terutama kucing, mengatakan bahwa ia dan keluarga memang pencinta hewan. Malah sang papa dari Citra kecil memang sudah memelihara hewan, seperti anjing dan kucing. Malah hewan-hewan ini seperti sudah menjadi bagian anggota keluarga. Citra sangat memperhatikan asupan makanan untuk kucing nya. Untuk makanan kucing Citra memang selalu memberikan produk Friskies, dan ia sangat senang dengan acara Catventure kali ini karena selain bisa membawa kucingnya bermain ia juga ingin berbagi pengalaman dengan para cat lover yang hadir di acara ini. Saya juga jadi banyak mendapat informasi mengenai makanan yang sebaiknya diberikan kepada kucing kesayangan dan yang tidak boleh diberikan. Semoga di lain waktu dan kesempatan saya bisa mengikuti acara seperti ini lagi. Thanks to FRISKIES.





You Might Also Like

7 komentar

  1. Hooo baru tau kalo g boleh dikasih susu. Kucingku seneng banget kalo minum susu cair gitu. Tuh kan jd tau deh, makasih Kaka sharingnya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...selama ini kurang informasi, malah kucing di rumah dikasi ikan campur nasi hiks hiks, beruntung sekali bisa ikutan acara ini, jadi tahu apa yang boleh dan tidak di konsumsi kucing.

      Hapus
  2. Whooaa aku juga cat lover mba :D. Kucing d rumah ada 6 ekor dan terbiasa dikasih friskies kering. Tapi sesekali dikasih nasi pake ikan rebus juga hihihi. Soalnya kucing kampung biasa siy mba... tapi aku rawat mereka. Setuju banget kalo kucing ga boleh dikasih parasetamol kalo sakit.. bisa menyebabkan kematian.

    BalasHapus
  3. Whooaa aku juga cat lover mba :D. Kucing d rumah ada 6 ekor dan terbiasa dikasih friskies kering. Tapi sesekali dikasih nasi pake ikan rebus juga hihihi. Soalnya kucing kampung biasa siy mba... tapi aku rawat mereka. Setuju banget kalo kucing ga boleh dikasih parasetamol kalo sakit.. bisa menyebabkan kematian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ternyata kucing-kucing juga nggak boleh di kasi tulang bisa merusak ususnya, tapi kadang kucing suka nyuri tulang ikan sih ya hehe...

      Hapus
  4. Waa kucingku kukasih makan nasi ma ikan mentah, maksudku biar lebih cepet kenyang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...kalau bisa jangan ikan mentah mbak :-)

      Hapus