[Anak Muda Punya Usaha] Think Fast Move Faster

S ebagai generasi muda sudah saatnya mampu membaca pasar atau peluang dan bersahabat dengan tekno...

Sebagai generasi muda sudah saatnya mampu membaca pasar atau peluang dan bersahabat dengan teknologi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, yang tua maupun yang muda semua sudah menjadi pengguna smartphone. Semua orang mencari informasi yang dibutuhkan dengan cara browsing internet, orang-orang berkutat didepan komputer atau smarpthone dibanding memegang majalah atau surat kabar, bahkan nonton film dan acara musik saja pun melalui komputer bukan televisi.  Berdasarkan kenyataan yang ada, peluang bisnis digital tentu sangat besar dan akan semakin besar di tahun-tahun kedepan. Kenyataan ini jugalah yang akhirnya tercipta gerakan yang bernama Anak Muda Punya Usaha atau Gerakan AMPUH. Gerakan ini diciptakan dalam rangka mengantisipasi zaman digital kreatif, serta keharusan Indonesia untuk melahirkan kelas-kelas menengah baru, wirausaha-wirausaha baru. 

AMPUH adalah program yang perduli pada kegiatan-kegiatan kreatif anak muda di bidang digital. AMPUH ini berkonsentrasi pada anak muda yg berwirausaha via digital. Salah seorang penggagas Anak Muda Punya Usaha, Dimas Oky Nugroho seorang enterpreneur yang dikenal juga sebagai aktivis dan pengamat politik,  menyatakan sudah saatnya Indonesia memberikan perhatian yang super serius dengan kebangkitan kaum muda kreatif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Dimas Oky Nugroho
Rabu, 23 Maret 2016 blogger Indoblognet mengikuti diskusi Gerakan Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital. Di acara diskusi ini Mas Dimas berharap agar anak muda bisa memanfaatkan zaman emasnya para anak muda, yup zaman digital. Selain itu perlu juga suport dari pemerintah untuk memfasilitasi dan memperkuat berbagai inisiatif kewirausahaan di Indonesia. Dengan bertambahnya kelas menengah baru, khususnya di era generasi milenial ini, maka Indonesia tidak usah takut dengan pertarungan global. Kaum muda generasi milenial atau disebut juga sebagai generasi Y adalah sebuah generasi yang lahir di era internet, era digital, era gadget. Anak muda harus lebih terbuka, lebih egaliter, cekatan dan cerdas dalam mengantisipasi zaman baru ini. Kunci bagi kebangkitan Indonesia ke depan adalah anak muda, wirausaha dan (ber) komunitas. Karakter integritas dan etos kerja anak-anak muda harus lebih tangguh, disiplin, jujur serta kreatif dan cerdik. Inovasi dan kreativitas adalah kunci. Peluang yang harus dimaksimalkan adalah sektor wirausaha kreatif dan perhatian yang lebih terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). Banyak orang berpikir untuk memulai usaha harus mengeluarkan banyak modal untuk membangun infrastruktur usaha yang akan dijalankan. Masalah modal ini adalah masalah “klasik” yang biasa ditemui calon wirausaha. Masalah modal ini pula yang akhirnya membuat banyak orang yang pada mengurungkan niatnya untuk membuka usaha. Tugas negara adalah menjamin agar para calon pegusaha muda bisa mendapatkan dukungan melalui kebijakan yang positif.
Braman Setyo, Deputi III Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM
Diskusi Gerakan Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital ini juga menghadirkan dua nara sumber yakni Mirwan Suwarso, Indonesia Enterpreneurship Iniative dan Braman Setyo, Deputi III Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM. Braman Setyo mengatakan permasalahan pelaku UKM adalah SDM. Usaha pemerintah saat ini sedang ditingkatkan untuk mendukung tumbuhnya para wirausaha muda antara lain melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemerintah Jokowi menurut Pak Braman sangat serius untuk meningkatkan jumlahwirausaha muda terbukti antara lain dengan menurunkan suku bunga bank yang bisa membantu para entrepreuner muda tersebut. Pak Braman berharap Gerakan AMPUH dapat menjadi tandem dalam mengembangkan program-program pemberdayaan di bidang UKM. 

Pak Braman menjelaskan tahun 2016 Kementrian Koperasi dan UKM memfasilitasi 400 pelaku usaha, kemudian tahun 2017 ada 6200 pelaku usaha yang difasilitasi. Tahun 2017 segmen wirausaha pemula kreatif menjadi salah satu sasaran utama pemerintah, dan mekanisme penyaluran pembiayaan melalui seleksi sistem online. Dalam rangka pembangunan jangka menengah, pemerintah menginginkan 1juta UKM sampai dengan tahun 2019 adalah pelaku UKM yang bergerak di bidang digital. Bagaimana mengembangkan pelaku-pelaku usaha digital? Pemerintah sudah memberikan solusi, memberikan fasilitas. Galeri Indonesia Wow merupakan fasilitas dari Pemerintah yang menampung sekitar 16 ribu pelaku usaha mari kita manfaatkan. Komunitas AMPUH juga bisa mengajukan kepada Kementrian Koperasi dan UKM untuk mengikuti pelatihan SDM.
Mirwan Suwarso, Indonesia Enterpreneurship Iniative

Bung Mirwan Suwarso ternyata selain tokoh muda, juga aktivitis, wirausaha muda, dan sutradara, komplit yah...masih muda loh! Ia yang sukses dengan aplikasi Super Soccer nya mengatakan bahwa di era digitalisasi anak muda harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan, kalo enggak kita akan ketinggalan. Aplikasi Super Soccer banyak penggunanya bahkan sampai ke seluruh dunia. Ini peluang yang sangat bagus seiring banyaknya para penggemar bola. Konsumen terbesar dari Super Soccer adalah anak muda dari wilayah timur yaitu Nusa Tenggara Barat. Bahkan dalam waktu dekat Super Soccer akan meluncurkan Marketplace, ini sangat berguna untuk para wirausahawan menjual produk-produknya dengan sistem bagi hasil sampai dengan 50 persen. Gagasan untuk membuat Marketplace ini berawal dari anak-anak muda Malang yang berlatar belakang programmer. Mirwan berkomitmen untuk mendengar dan berkenan menerima berbagai masukan dan proposal di bidang kewirausahaan digital untuk dibantu perkembangannya. Ia juga sangat mendukung Gerakan AMPUH. Sebelelum menutup diskusi, Mirwan sempat berpesan kepada anak-anak muda agar terus bergerak cepat apabila sudah punya ide.

























.

You Might Also Like

14 komentar

  1. sya stuju dengan bang Mirwan, era sekarang sudah serba teknologi, semua sdh pakek gagdet jadi ini peluang pasar yang menguntungkan.
    berkahkhair

    BalasHapus
  2. Sepakat. Nggak ada namanya jaman sekarang cuma nganggur2 doang. Gadget bisa jadi sarana menghasilkan uang, bahkan buat pelajar sekalipun ya Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..harus pintar memanfaatkan peluang

      Hapus
  3. Sepakat. Nggak ada namanya jaman sekarang cuma nganggur2 doang. Gadget bisa jadi sarana menghasilkan uang, bahkan buat pelajar sekalipun ya Mak

    BalasHapus
  4. Orang yang menghargai waktu, dia lah yang menang. bagi orang yang pintar waktu itu PENTING dia tidak akan menyia-nyiakannya

    BalasHapus
  5. Mantap pembahasannya.
    Anak muda memang udah seharusnya think fast move. Gak ada alesan lagi masih harus sekolah dan bla bla bla, karena akses digital sangat mudah untuk di manfaatkan.

    Salam kenal, Mampir balik ya ke blog sederhanaku Endangermanto.com

    BalasHapus
  6. setuju banget mbaaaa, SDM sama pemasaran itu jadi PR banget pas buka usaha. Thanks for sharing yaaa

    BalasHapus