Bermain Desain Dengan UTEESME

P ernah merasa mati gaya dengan desain tshirt a.k.a kaos yang gitu-gitu aja? Model tshirtnya u...


Pernah merasa mati gaya dengan desain tshirt a.k.a kaos yang gitu-gitu aja? Model tshirtnya udah bagus eh desainnya malah alay. Bete kan? Tren tshirt memang selalu berganti-ganti setiap tahun perhatikan saja tshirt yang dijual di distro-distro desainnya selalu mengikuti tren sampai bingung milihnya soalnya keren semua. Saya pernah lihat couple pakai tshirt bertuliskan i love him (dipakai cewek) dan  i love her (dipakai cowok) terus ada lagi yang pakai tulisan 'Akang' dan 'Eneng' tulisan di kaos seperti ini membuat saya tertarik ingin buat desain tshirt sendiri. Sekali-kali bolehlah bereksperimen buat desain sendiri. Ya hitung-hitung mengukur keberanian dan kemampuan untuk lebih kreatif, nah yang jadi masalah proses untuk memulai desain itu sendiri adalah saya nggak bisa menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop dan Corel.  So, can I create my own design? 

Saking penasarannya ingin desain tshirt sendiri saya mulai googling mencari tau apa ada aplikasi untuk desain tshirt secara instan. Dan akhirnya saya menemukan  Uteesme.  Utees.me adalah platform untuk setiap kreatif  untuk merancang, cetak dan berbagi desain tshirts mereka dengan kreatif lainnya dari seluruh dunia. Dengan uteesme kita bisa mendesain secara instan melalui web. Keren kan? Kita bisa 'design tshirt online' ini juga kesempatan bagi kita untuk salurkan passion kita membuat 'design tshirt' sesuai keinginan dan ide-ide yang sudah ada di dalam kepala. Ada kepuasan tersendiri tentunya karena kita bisa jadi diri sendiri dengan desain dan tulisan-tulisan yang kita buat, juga bisa pilih warna, model dan ukuran yang cocok untuk kita. Oh ya kita juga nggak perlu repot harus desain selusin tshirt dulu baru bisa dibeli, karena di uteesme kita bisa beli satuan. Bayangkan kalau ke tukang kaos, saya pernah tanya ke tukang kaos kalau saya mau pesan kaos custom dengan desain sendiri biayanya berapa tapi tukang kaosnya nggak menerima pemesanan dalam hitungan satuan kalau mau harus pesan minimal selusin ya nggak jadilah buat apa coba punya kaos selusin dengan satu desain kecuali buat acara piknik kantor ya nggak masalah.

Ide awal didirikannya uteesme ini karena perkembangan dunia digital yang cukup pesat contoh maraknya pengguna sosial media seperti facebook, twitter dan instagram yang aktif bersosialisasi. Makanya kalau kita lihat webnya uteesme ini persis seperti sosial media dimana kita mempunyai akun sendiri, memiliki page sendiri bahkan kita juga bisa berinteraksi disini seperti saling memberi like kepada user lain juga bisa share hasil desain seperti disosial media. Yang jadi keunggulan di uteesme yaitu kemudahan membuat desain. Jadi nggak perlu punya keahlian mendesain baru bisa berkreasi. Uteesme merupakan online tshirt creator yang mempunyai aplikasi desain online yang familier. Di uteesme tersedia berbagai templates, font dan banyak pilihan image juga yang memang sudah disediakan, tergantung kreatifitas kita untuk mengolahnya menjadi desain yang unik, lucu, quote yang berisikan motivasi atau bisa juga berisikan pesan moral, why not? tshirt yang sudah didesain fungsinya selain untuk dipakai bisa juga menyampaikan pesan lewat tulisan.

Sebelum memulai desain kita mesti punya akun terlebih dahulu agar kita punya page sendiri, untuk punya akun  kita harus register sama seperti kita akan membuat akun sosial media isi username yang akan digunakan, email, buat pasword, masukkan nama, nomor ponsel dan seterusnya ikuti petunjuk pengisian kemudian submit. Kemudian tunggu email verifikasi, klik link verifikasi melalui email dan selesai kita sudah  punya halaman sendiri dan sudah bisa login. Mulai deh berkreasi 'design your own tshirt'. Untuk memulainya klik create my own design yang ada di tools menu kemudian pilih model tshirt, warna juga ukuran lalu pilih template dan image dari list yang sudah disediakan oleh uteesme atau kita bisa upload desain yang sudah kita buat sendiri . Sebelum di upload sesuaikan dulu ukuran yang direkomendasikan oleh uteesme. Kalau ingin memberikan tambahan teks juga bisa tinggal pilih font yang sesuai. Setelah selesai jangan lupa save terlebih dahulu hasil desain atau juga bisa langsung di share . Gampang bukan? Nggak butuh waktu lama kok untuk mendesain tshirt di uteesme. Untuk lebih mudahnya yuk simak ilustrasi step-step membuat desain di uteesme yang sudah saya buat di bawah ini;

illustrations by me
hasil desain tshirt di UTEESME -illustration by me-
Desain yang sudah dibuat bisa langsung dipesan dengan harga yang sudah dipatok Rp 144.000,- untuk desain satu muka dan Rp 188.000,- untuk desain dua muka (depan belakang). Untuk pembayaran di uteesme bisa melalui transfer bank juga dengan kartu kredit dan kita tidak ditarik ongkos kirim loh karena untuk pengiriman dalam negeri uteesme memberikan grtais ongkir. Yang lebih serunya lagi desain yang sudah kita share kemudian apabila ada orang lain yang tertarik untuk memakai dan print kaos hasil desain kita uteesme memberikan reward (berupa komisi) kepada kita senilai USD1,11 atau sekitar Rp 15.000,- (tergantung kurs dollar pada saat itu). Seru kan... selain berkarya lewat desain kita juga bisa mendapatkan komisi dari desain yang kita buat. Tunggu apalagi yuk tunjukkan kreativitasmu!

mereka aja punya akun di Uteesme , masa kamu enggak?



You Might Also Like

11 komentar

  1. Keren juga uteesme, kerjanya sekali jalan untuk design yg simple tentunya yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes...kereen bisa dpt reward pula kalo desain kita dipakai orang lain

      Hapus
  2. Mbaknya desainer sih...infografiknya ciamik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha enggak kok cuma ngotak ngatik doang :D

      Hapus
  3. Mak, klo mau bikin kaos langsung bbrp pcs gitu bisa kah? Misal 10pcs. Harganya sama nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mak...tinggal pilih desain masukkan jumlah dan hrg nya sama :-)

      Hapus