[REPORTASE] Fun Blogging 8

Sabtu, 19 Desember 2015. Lokasi : Gratia Center  Jl. Ciputat Raya No.62 Pondok Pinang W akt...

Sabtu, 19 Desember 2015. Lokasi : Gratia Center  Jl. Ciputat Raya No.62 Pondok Pinang

Waktu menunjukkan pukul 06.00 saya bergegas mandi dan dandan , siap-siap menimba ilmu. Bahkan saya sudah memberi lingkaran diangka 19 pada kalender.  Weekend biasanya kontras dengan hari-hari yang diisi dengan bangun lebih siang, menjauhkan diri dari pekerjaan yang menumpuk bahkan melupakannya, kemudian jalan ke mall dan nonton film terbaru.  Tapi kali ini tidak, hari Minggu ini adalah hari yang sangat spesial karena saya akan belajar , bertemu dengan teman-teman blogger dan bertatap langsung dengan teman-teman yang selama ini cuma bisa berinteraksi lewat sosial media saja. Setelah 1 jam perjalanan dan untungnya tidak macet akhirnya saya tiba di Gratia Center, Pondok Pinang -Jakarta. Saya senang sekali karena saya tidak telat meskipun teman-teman sudah banyak yang hadir.  

Fun Blogging kali ini yang ke 8 kali diadakan. Keinginan untuk bisa menulis dengan baik dan memiliki konten blog yang bagus merupakan motivasi saya untuk mengikuti kegiatan ini.  Belajar langsung dengan orang-orang yang sudah mumpuni dibidangnya.  Berhubung masih pagi kami disuguhi camilan enak lumayan buat ngisi perut biar ilmu mudah diserap otak, karena perut dan otak saling sinkron. Fun Blogging dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama Writing Great Content  oleh Mbak Haya Aliya Zaki, sesi kedua Advancing Your Blog Platform oleh Mbak Shintaries dan sesi ketiga How to Monetize Your Blog Through Branding oleh Mbak Ani Berta.

camilan yang bikin nagih
Menurut Mbak Haya, komitmen menjadi penulis yang baik dan benar harus dimunculkan dari diri kita sendiri. Blog adalah media independen,dengan membuat blog melatih kemampuan kita menulis, menambah wawasan dan melatih sportifitas. Blog juga bisa menghasilkan uang selama yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi kalau kita misal tidak suka kucing dan beberapa orang yang mengenal kita tau betul kalau kita bukan pecinta kucing tapi tiba-tiba kita menulis  mengenai makanan kucing  dan cara merawat kucing seolah-olah kita cat lovers , tentu saja ini drama. Oleh karena itu jadilah diri sendiri dan menulislah karena keinginan sendiri dan tulisan yang jujur bukan copy paste tulisan orang. Insipirasi itu berbeda dengan copy paste ,ini yang perlu diingat.

games dari mbak Haya

Nafas dari blog adalah konten. Tulislah kalimat yang enak dibaca dan yang enak didengar, usahakan lakukan self editing terlebih dahulu baik itu penempatan tanda baca , pemakaian huruf besar dan kecil juga EYD sebelum tulisan kita publish. Tulisan juga harus dikemas dengan baik bukan asal panjang misalkan sisipkan quote atau image yang tidak membuat jenuh pembaca. Meskipun menulis itu bebas tapi tetap butuh kreatifitas.

Teng...teng...teng... jadi ingat masa sekolah , waktu menunjukkan  pukul 12.00 kita istirahat sejenak untuk ISHOMA. Menu makan siang khas Bali kembali mengisi perut yang mulai berbunyi sebelum lanjut ke sesi berikutnya. Waktu makan siang ini saya manfaatkan untuk ngobrol dan bertukar pengalaman dengan peserta lain, suasana akrab sangat terasa.

makan siang dengan masakan khas Bali
Setelah 1 jam istirahat kegiatan dilanjutkan ke sesi 2 oleh Mbak Shintaries.  Pada sesi ini dijelaskan mengenai pemilihan tampilan blog, bagaimana pemilihan warna template yang baik yang tidak membuat lelah mata pembaca, bagaimana layout blog yang ideal juga pemilihan warna font. Untuk warna font sebaiknya pakai warna yang jelas dan disesuaikan dengan pemilihan warna background. Tidak perlu terlalu banyak pernak-pernik  yang membuat pembaca tidak fokus dengan konten yang sebenarnya. Masukkan juga semua sosial media yang kita punya di blog agar kita mudah membagikan tulisan ke semua sosial media kita. Guna sosial media adalah untuk membangun engagement dengan pembaca karena agency juga terkadang melihat jumlah follower dari social media kita selain melihat traffic view. Selain itu contact detail jangan lupa dicantumkan di blog tujuannya kalau ada  yang tertarik dengan tulisan kita jadi mudah untuk dihubungi.

Ciptakan personal branding agar blog kita mempunyai ciri khas dan mudah dikenal bahkan diingat. Poin terpenting kita harus punya domain sendiri atau TLD (Top Level Domain), konten yang menarik juga membangun networking. Tapi semua ini bukan tolak ukur untuk menjadi sukses karena tergantung dari cara kita untuk konsisten untuk membangun.

para Cikgu sedang berbagi ilmu
Sesi terakhir adalah sesi yang bikin melek mata soalnya materi dari Mbak Ani mengenai melalui blog bisa menghasilkan uang. Sekarang ini banyak brand yang melibatkan blogger karena blogger dianggap lebih valuable , kalau blogger menulis review lebih menggunakan self experience dan apa adanya. Sebaliknya kita sebagai blogger juga harus memberikan feedback yang baik kepada brand. Saat menulis review sebaiknya diperkuat dengan image , testimoni dan keunggulan produk. Juga arahkan link ke website brand agar pembaca bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Yang paling penting kalau kita diberi tugas oleh brand  harus kerjakan sesuai jadwal dan jangan mengulur-ulur waktu karena bisa mengurangi kepercayaan yang diberikan  kepada kita.

Okay , akhirnya selesai juga materi-materi dibagikan oleh para Cikgu semoga ilmu yang didapat langsung saya terapkan ke blog pribadi saya.

Fun Blogging 8 yang disponsori oleh Iwita, QWords, Pixy juga Nutrisi Bangsa ini bikin betah pengennya nanya A sampai Z tapi memang waktu sudah tidak memungkinkan mudah-mudahan selanjutnya ada kelas tambahan (berharap).  


 Nutrisi Untuk Bangsa
Salah satu sponsor di Fun Blogging 8 adalah Nutrisi Bangsa, ini merupakan salah satu program dari Sari Husada dalam hal memperhatikan masalah mal gizi pada ibu dan anak di Indonesia .Sari Husada berusaha meningkatkan edukasi melalui sosial media karena saat ini pengguna sosial media di Indonesia semakin pesat seperti twitter dan facebook selain itu informasi apapun yang disampaikan melalui internet sangat cepat dan mudah tersampaikan. 

Sari Husada juga memanfaatkan blogger sebagai sumber untuk menyebarkan informasi mengenai gizi, nutrisi dan tumbuh kembang, salah satu programnya adalah jelajah gizi. Program jelajah gizi ini membuat kita menjadi melek gizi karena selama ini kesadaran dan kepedulian tentang gizi masih kurang di kalangan masyarakat.

Berbagai informasi lengkap mengenai gizi dapat dilihat di website : www.nutrisiuntukbangsa.org , Fanspage Facebook Nutrisi Untuk Bangsa dan Twitter @Nutrisi_Bangsa











You Might Also Like

28 komentar

  1. Fun blogging 8 itu seru banget,ilmu nya itu lho...beuh ketje

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masih kurang mak Amel...pingin nambah lagi ilmunya :-)

      Hapus
  2. Tulisan yang bagus dan detail, Mbak. Salam kenal. Kemarin tidak sempat kenalan sangking banyaknya peserta hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lia...salam kenal yaaa, iya kemaren tuh pesertanya rame jadi lebih seru alhasil bingung hafal nama dan muka hehe

      Hapus
  3. Masih pengen memperdalam dunia perbloggeran, ga nyesel kemarin ikutan.

    BalasHapus
  4. Hai, adik kelas. Salam kenal. Hahaha.
    Kita pernah ketemu pas acara Baba Rafi tapi aku nggak ngeh dirimu yang mana. >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..kakak kelas kita pernah bertemu di acara Tokopedia bareng blogger perempuan, dirimu pake masker kakak kelas

      Hapus
  5. Ilmunya ngena banget di aku, berkali-kali sempat mengucap...belum kulakukan, belum kulakukan...hehee,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Astin...saya juga merasakannya haha nyampe rumah langsung ngotak ngatik blog

      Hapus
  6. Klo ada acara kyk gitu pengen ikutan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Enny ikutan, acaranya seru ,nambah ilmu, nambah teman.

      Hapus
  7. Ulasanya lengkap dan menarik
    salam kenal mbak

    BalasHapus
  8. Hai ... udah tayang aja reportasenya.
    Kalo kemarin dah kenalan di fun blogging 8, mau kenalan lagi ah, kemarin banyak orang sampe sedikit yg di inget.
    Salam kenal yaaaa ;-)

    BalasHapus
  9. Wahh bagus ya materinya...semoga blogger Indonesia makin berdaya dan diperhitungkan...Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah pengen nambah materinya mbak...hehe, thanks ya mbak ika.

      Hapus
  10. Wahhhh, seruuuu.. Ada foto menu makan siang yang tak terlupakan lagi hihihi. Nice post mba. Salam kenal ya, semoga besok - besok bisa ngobrol - ngobrol sama yg menang My Republic hihihihih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Roosvansia salam kenal...,iya nih nasi Balinya nggak kan terlupakan rasanya maknyus.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Amiiinn....terima kasih di doain hehe :-)

      Hapus
  12. Lengkap banget mbak reportasenya. Salam kenal ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih...salam kenal juga mas febrian

      Hapus
  13. Mbaaak, dari beberapa blog, keknya cuma kamu yang detail posting makanan. Aku sampai bertanya2 itu nasi bali namanya apa. Eee, nemu jawabannya disini. hihihi

    BalasHapus
  14. Seru yah ikutan acara ini jadi tambah ilmu, tambah silaturahmi dan tambah rejeki. Rejeki tak hanya materi kesenangan, kesehatan teman sekalipun adalah definisi dari kata rejeki.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Dede, nambah ilmu bangeeet,nambah rezeki,nambah teman, komplit lah pokoke :D

      Hapus