Palang Merah Indonesia : Dedikasi Untuk Kehidupan

"URGENT: dibutuhkan golongan darah B sebanyak 4 kantong untuk pasien kecelakaan dengan k...


"URGENT: dibutuhkan golongan darah B sebanyak 4 kantong untuk pasien kecelakaan dengan kondisi SANGAT KRITIS .... "
begitu bunyi pesan singkat yang saya dapatkan lewat SMS , broadcast BBM juga lewat tag dan mention di akun social media saya. Awalnya saya menganggap  ini keisengan yang sengaja dibuat oleh seseorang dan tanpa mencari tau benar atau tidaknya kabar tersebut. Sampai suatu hari teman saya yang memang sudah saya kenal lama mengirimkan pesan yang isinya hampir sama memohon bantuan darah tapi untuk pasien yang berbeda. Penasaran saya langsung menanyakan kebenarannya. Ternyata teman saya juga tidak tau kebenarannya dia hanya meneruskan pesan yang masuk ke ponsel nya. Oke, terlepas dari benar atau tidak isi pesan singkat itu saya menemukan aplikasi bloodbook di facebook. Apa itu bloodbookBloodbook adalah sebuah aplikasi donor darah dalam situs pertemanan jejaring sosial facebook, gunanya untuk memudahkan masyarakat bila membutuhkan darah dengan menggunakan donor pengganti yang tidak lain teman kita sendiri. Melalui aplikasi ini orang yang membutuhkan darah dengan pendonor akan dipertemukan. Ternyata aplikasi ini dibuat oleh Palang Merah Indonesia (PMI) tujuannya  agar orang-orang yang ingin mendonorkan darahnya tidak ragu karena bisa bertemu langsung dengan orang yang membutuhkan darah.

Ya , selama ini kita semua tau PMI (Palang Merah Indonesia) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Sebagian besar dari kita juga taunya PMI tempatnya stock darah atau bank darah bagi orang-orang yang membutuhkan.  Bahkan selama ini stock darah sering tidak mencukupi utnuk kebutuhan pasien maka dari itu itu banyak yayasan sosial yang bekerjasama dengan PMI untuk mengadakan donor darah amal. PMI juga dalam program "Bulan Dana PMI 2015/2016" mengajak kita semua untuk membantu dan peduli sesama dengan mendonasikan dananya sehingga lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bisa terbantu. 

foto : dikutip dari website  PMI DKI Jakarta
Kenapa kita harus mendonasikan berupa materi? Bukankah PMI menerima sumbangan donor darah gratis? Beli darah di PMI juga nggak gratis loh! Pertanyaan dan pernyataan ini sering saya dengar. PMI tidak saja mengurusi darah tetapi juga bantuan dapur umum di lapangan saat terjadi bencana, pelayanan kesehatan juga pelayanan ambulans. Selain itu PMI juga memberikan pelayanan dukungan psikososial bagi korban yang terkena bencana, pelayanan pemulihan hubungan keluarga, pembinaan genersai muda dan relawan, pengolahan air bersih dan sosialisasi kepalangmerahan. Jadi donasi dari kita nantinya digunakan untuk membantu korban-korban bencana alam dan beberapa poin seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Seperti bencana asap yang baru-baru ini terjadi PMI Provinsi DKI Jakarta memberikan layanan pengobatan gratis untuk korban asap. Tidak hanya itu saja PMI juga siap siaga dalam membantu korban bencana banjir saat terjadi banjir di Jakarta dengan membuka posko peduli banjir.

Empati atau kepekaan sosial yang dimiliki setiap orang menimbulkan keinginan untuk menolong atau meringankan penderitaan sesama. Menolong sesama memang tak cukup hanya niat, tapi juga berbuat,  melibatkan kesungguhan hati dan perjuangan. Menyalurkan rasa kepedulian kepada sesama memang tidak ada pakemnya, jika kita berminat melakukan sesuatu untuk membantu orang lain tidak perlu harus melakukan sesuatu yang ekstrim yang harus mengorbankan pekerjaan agar bisa menjadi pekerja sosial full time  tapi kita bisa menyalurkan dana, banyak jalan untuk berbagi. 



Ayo Peduli Bantu Sesama  , mari kita sisihkan dana kita untuk berdonasi salurkan lewatkan PMI.  Untuk bantuan dapat ditransfer melalui bank-bank sebagai berikut :
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jkarta.



You Might Also Like

2 komentar

  1. sekarang PMI tidak hanya identik dengan donor darah yah Mbak, sudah banyak kegiatan yang dilakukan PMI untuk membantu korban bencana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Ira,nggak fokus di donor darah saja.

      Hapus