Pakai Uber Serasa Mobil Pribadi

T epat 10 November 2015 saya dan teman-teman dari Emak2 Blogger mendapat kesempatan menghadiri a...

Tepat 10 November 2015 saya dan teman-teman dari Emak2 Blogger mendapat kesempatan menghadiri acara Blogger Happy Hour bersama Uber. Acara ini di adakan di Kinara Cuisines Of India. Tidak hanya pembicara dari Uber tapi di sini juga ada pembicara dari Zomato juga. Hmm apa hubungannya Uber dan Zomato yah saya semakin penasaran. Obrolan antara Blogger dan Uber berlangsung santai tapi banyak pengetahuan yang di dapat.

Uber sebenarnya bukan perusahaan taxi seperti taxi-taxi lain yang memang sudah punya brand. Tapi Uber sendiri ternyata hanya sebuah aplikasi yang menghubungkan antara pengemudi dan penumpang. Wah kok bisa ya? Sempat dengar juga kan berita berseliweran mengenai Uber , ada yang bilang taxi gelap, taxi tanpa izin sampai taxi yang tidak menjamin kenyamanan penumpang. Nah berita yang simpang siur ini akhirnya diluruskan oleh Mas Gia Adhika selaku Marketing Manager Uber di Indonesia.  Menurut Mas Gia Uber memang bukan perusahaan taxi tapi Uber tetap mewajibkan pengemudi untuk mengikuti regulasi yang dibuat oleh pemerintah, juga Uber memberikan asuransi senilai 25juta rupiah kepada penumpang apabila tejadi kecelakaan dsb. Jadi disini Uber sebagai pembuat applikasi saja, selebihnya pengguna applikasi sebut saja applikator setelah menginstall applikasi Uber ini akan terhubung langsung antara pengemudi dan penumpang. Kelebihannya kita sebagai penumpang bisa melihat secara detail siapa calon pengemudi kita karena di applikasi akan tampil foto pengemudi . notelfon pengemudi juga nilai reward atau bintang si pengemudi yang pernah diberikan review oleh penumpang-penumpang sebelumnya. Jadi kalau kita lihat si penumpang nilai reviewnya dari penumpang sebelumnya kurang baik kita bisa cancel atau membatalkan pesanan. Mudah kan...serasa mobil pribadi ya. Tapi....ada tapi nya juga nih, kita sebagai penumpang ada penilaian juga loh dari para pengemudi jadi kalu kita pernah menggunakan Uber dan nilai record kita buruk misal kita cerewet, kurang sopan sesama pengemudi juga bisa tau hihi, lucu ya. Uber ini semacam layanan sewa mobil sesuai permintaan yang memungkinkan kita menyewa sopir pribadi. Kalo sopirnya gak cocok ya tinggal cari yang lain.
Mengenai tarif Uber ini memang lebih murah dari yang lain , begitu kita buka pintu tarif nya Rp 3000,- kemudian per kilometer nya dikenakan tarif Rp 2000,- dan apalabila kita terjebak macet atau lampu merah yang tak kunjung hijau hitungannya per menit kena tarif  Rp 300,-. Murah kan.. Trus untuk standard asuransi jumlah penumpang dalam 1 taxi maksimal 4 orang. Lebih hemat buat kita-kita yang suka hang out bareng teman alias lumayan bisa berbagi jadi lebih ringan biayanya. Oh ya layanan Uber menyediakan pembayaran tanpa uang tunai loh ya tapi biaya kendaraan langsung dibebankan pada kartu kredit di akun kita . Jadi untuk sementara untuk teman-teman yang akan menggunakan layanan ini harus sudah punya kartu kredit.

Pengemudi di Uber ada wanita juga loh. Berikut cerita singkat para pengemudi wanita di Uber.
Lidya Hutapea, bergabung menjadi pengemudi di Uber sudah 6 bulan awalnya selama 4 bulan mbak lidya pakai mobil rental kemudian 2 bulan berikutnya sudah personal (mobil sendiri) . Keinginannya mau jadi supir karena berawal dari krisis ekonomi,sehingga ia harus berjuang untuk menghidupi keluarga terutama ibunya ia ingin ada sesuatu yang di banggakan untuk ibunya. Cita2 nya mulia banget ia pengen bawa ibu nya ke jerussalem, amiin (mudah2an tercapai ya mbak saya ikut mendoakan).  Menjadi pengemudi ini adalah main job nya mbak lidya. Sebelum menjadi driver  pekerjaan nya adalah wartawan  di media swasta dan profesi wartawan sekarang menjadi side job.

Santi, driver cantik ini profesi awalnya adalah seorang konsultan keuangan, ia ingin punya mobil tapi dibayarin, nah loh . Maklum yah kalau konsultan keuangan ilmu ekonomi nya di pakai hehe, karena hitung-hitungan yang di anggap untung  akhir nya Mbak Santi bergabung di Uber sejak 1 tahun yang lalu. Di bulan ke 6 bergabung Mbak Santi sudah menjadi pemilik rental dari hasil menjadi pengemudi Uber. Menggiurkan yah.. 

Step-step  cara menggunakan Uber App bisa lihat gambar dibawah ya..
naik uber serasa mobil pribadi www.tutyqueen.com


Zomato
Di acara Blogger Happy Hour ada juga penjelasan mengenai Applikasi Zomato oleh Bapak Jumadi. Zomato adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk mencari tempat makan yang asyik di Jakarta,applikasi ini bisa di unduh melalui  android, blackberry, windowsphone ataupun iphone. Zomato awalnya di mulai di India 8 tahun yang lalu, ideini berawal krn orang-orang India begitu sibuk jadi ingin mencari menu makanan dengan cara mudah tanpa harus mengurangi jam kerja, akhir nya menu-menu makanan yang ada di semua restoran yang ada di India di kumpulkan dan ini menjadi cikal bakal Zomato. Di Indonesia sendiri applikasi Zomato ini sudah ada di 2  kota yaitu Bali dan Jakarta. Dan Zomato ini masuk ke Indonesia sejak 2 tahun yang lalu tepatnya di bulan November tahun 2013, karyawan nya sampai saat ini sudah berjumlah 65 orang .

Aplikasi ini bisa dibawa dan digunakan di kota-kota lain di seluruh dunia tanpa harus mendownload ulang applikasi lagi,  tinggal ganti kota nya aja kemudian langsung search restoran favorit sesuai  selera.  Dari applikasi ini bisa juga di cari restoran berdasarkan jam buka. Di Jakarta sudah ada sekitar 19 ribu daftar restoran. Zomato ini bisa di jadikan pilihan kalau lagi weekend kita pengen makan di luar . Pengen cari tempat makan ato hang out keren tinggal cari di Zomato.

Restoran yang ada di Zomato adalah restoran yang punya tempat permanen atau semi permanen, jadi kalo penjual keliling gak bisa masuk dalam applikas Zomato. Restoran yang namanya sudah di kenal publik misal bubur barito meskipun tidak ada bangunan permanen tapi bubur ini punya lokasi tetap dan tidak berpindah-pindah.
Berdsrkan data di akhir oktober 2015 pengguna applikasi ini sudah mencapai sekitar 5juta orang. Yang bikin tambah keren applikasi ini juga bisa menulis review mengenai makanan yang kita makan enak atau enggak, bisa upload foto, bisa cek in, bisa mengikuti kegiatan yg ada di restoran misal kalau restoran lagi ada promo khusus atau ada happy hour. Data restoran yang ada di Zomato paling lengkap di banding kompetitor lain, kita juga bisa lihat daftar menu dan daftar harga dari restoran yang ingin kita pilih.

Nah, apa hubungannya Uber dan Zomato yah? Zomato sebagai aplikasi  pencarian restoran dan Uber sebagai aplikasi ponsel pintar yang menghubungkan penggunanya dengan pengemudi untuk solusi transportasi, menyatukan pengguna kedua aplikasi ini di seluruh dunia. Kerjasama ini memungkinkan pengguna memesan taksi ke restoran yang akan dituju. Kemitraan ini membuat makan lebih nyaman dengan aplikasi Zomato ditambah dengan kemudahan mencapai tujuan kuliner dengan layanan Uber.
Tunggu apalagi yuk install kedua applikasi pintar ini.


tutyqueen.blogspot.co.id

You Might Also Like

6 komentar

  1. Jadi tahu ternyata ga seburuk yg ditulis media y mb...uber tetap mewajibkan taxi memenuhi regulasi

    BalasHapus
  2. Belum coba Uber nih, mesti pakai kartu kredit ya untuk pembayarannya? :)

    BalasHapus
  3. Iya mbak Dee Rahma utk payment nya harus pakai CC

    BalasHapus
  4. Makasih mbak Tanti Amelia .. siap hadir di acara KEB beriktnya ☺

    BalasHapus