Belanja Online Dengan BNI Debit Online

A pa sih pertimbangan utama kalau kita mau belanja di situs belanja online? Selain murah kare...

Apa sih pertimbangan utama kalau kita mau belanja di situs belanja online? Selain murah karena lagi promo, mudah gak ribet dibandingkan harus belanja dari satu toko ke toko lain terus pastinya cara pembayaran yang aman. Mengenai cara pembayaran sudah pada tau belum kalau BNI punya sistem pembayaran online khusus untuk nasabah BNI..Yup sekarang kalau kita mau belanja di situs belanja online sudah bisa pakai BNI Debit Online. 
     BNI Debit Online adalah salah satu payment gateway untuk para pencinta belanja online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan.  Belanja jadi lebih aman dan mudah selama  situs belanja online tersebut menerima  MasterCard, jadi transaksi dimana pun dengan BNI Debit Online bisa dilakukan  di rumah,di kantor atau lagi nonkrong/ hang out bareng teman atau keluarga dan bisa dilakukan kapan saja tanpa terbatas waktu, beda kalau kita belanja online yang harus transaksi via transfer terkadang pembayaran bisa ter pending karena pada jam tertentu sistem bank lagi offline jadi kita tidak bisa lihat mutasi atau histori transaksi sebagai bukti kalau transfer kita sudah berhasil.
     Untuk bertransaksi dengan BNI Debit Online kita harus memiliki Virtual Card Number (VCN). Virtual Card Number (VCN) sendiri adalah nomor kartu virtual terdiri dari 16 angka (digit) yang kita peroleh melalui SMS.  Syaratnya kita sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking baik transaksi financial atau  non financial. Masa berlaku  VCN  hanya 1 jam saja dan  hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN. Saya pernah mencoba transaksi di situs belanja online dengan menggunakan BNIDebit Online karena baru pertama kali coba-coba jadi banyak makan waktu dan akhirnya VCN yang berlaku hanya 1 jam itu tidak bisa dipakai lagi dan akhirnya saya harus mengulangi lagi proses transaksi dari awal termasuk request VCN lagi. Untuk kedepannya kalau kita mau belanja online lagi dengan Bni Debit Online bisa dilakukan melalui e-channel lainnya seperti BNI Internet Banking dan BNI Mobile. 
     Yang belum pernah melakukan transaksi dengan Bni Debit Online dan masih penasaran dan bertanya-tanya mengapa harus VCN dan apa kegunaan bertransaksi dengan VCN , berikut beberapa kegunaan VCN:

     Ada 2 cara untuk melakukan proses request VCN

1.Dengan BNI SMS Banking by Syntax : kita bisa mendapatkan VCN dengan cara mengetik Req VCN (Nominal) melalui BNI SMS Banking ke nomor 3346, (gambar 1). Kemudian kita akan menerima SMS balasan dengan perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN kita (gambar 2). Selanjutnya  kita  akan mendapatkan SMS balasan kembali yg berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yg terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan / tahun), 3 digit nomor CVC2 (gambar 3).



Kemudian lakukan input data (16 digit Nomor VCN, 3 digit CVC2 dan Valid Thru) sesuai      notifikasi status request BNI Debit Online (pada gambar 1 langkah ke 3) di kolom yang telah disediakan seperti gambar dibawah:

Setelah melakukan input data BNI Debit Online, klik “Pay Now” untuk verifikasi transaksi.
  
2. Dengan cara akses *141#
Provider Telkomsel di akses    : *141*1#     
Provider Indosat & XL di akses    : *141*2#
Setelah melakukan akses diatas, berikut urutan langkah untuk Request VCN :
- Pilih menu e-Commerce    > Ketik 6
- Pilih menu e-Payment       > Ketik 1
- Pilih menu BNI Debit Online (VCN)    > Ketik 1
- Masukkan angka nominal BNI Debit Online (VCN) tanpa Rp, koma , maupun titik

- Masukkan 2 digit Pin BNI SMS Banking
- Notifikasi SMS akan dikirim ke nomor handphone kita 

       Agak repot yah step-step nya tapi gak masalah karena justru ini untuk keamanan kita dalam bertransaksi. Jadi penjahat-penjahat internet alias cyber crime gak gampang membobol kegiatan transaksi kita. Tapi memang belum semua situs belanja online yang dalam payment gateway nya tersedia pembayaran dengan BNI Debit Online. Bahkan yang membuat saya sempat bingung saat saya coba belanja dan ingin membayar dengan BNI Debit Online karena tidak tertulis bisa membayar dengan BNI Debit Online justru saat saya meng klik pembayaran menggunakan kartu kredit baru lah muncul pembayaran dengan BNI Debit Online. 




      Dari langkah-langkah penggunaan VCN saya sangat yakin BNI Debit Online merupakan cara belanja yang aman, saran saya sebaiknya cara pembayaran menggunakan BNI Debit Online ini sudah mulai ada di setiap situs belanja online. Sukses buat BNI semoga BNI Debit Online menjadi solusi keamanan dalam bertransaksi.

 

You Might Also Like

0 komentar