Dari Aqua Untuk Kebaikan Hidup

ini bukan produk baru hanya tumbler "giveaway" dari AQUA T anggal 17 October kemarin...

ini bukan produk baru hanya tumbler "giveaway" dari AQUA
Tanggal 17 October kemarin saya dan para blogger dari idblognetwork di beri kesempatan mengunjungi Pabrik AQUA PT. TIRTA INVESTAMA CIANJUR, senang banget tentunya karena ini baru pertama kalinya saya bisa langsung melihat pabrik AQUA tepatnya di daerah Cianjur , Jawa Barat. Pabrik AQUA di Cianjur ini tepat berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango dan Pabrik AQUA di sini adalah Pabrik yang ke 13 dari 18 Pabrik AQUA yang ada di seluruh Indonesia. Wah..semoga di setiap propinsi ada pabrik AQUA yah. Plant cianjur ini mulai beroperasi Juni 2011 dengan luas Plant lebih kurang 12,15 Ha. PT. TIRTA INVESTAMA CIANJUR sekarang ini sedang di lakukan project pengembangan di sektor timur dimana project plant untuk tahun 2016 ini dinamakan Gede Project. Meskipun begitu mereka tetap berkomitmen untuk menjaga kebersihan air sekitar dengan menyisakan lahan untuk penghijauan. Komitmen dari AQUA ini merupakan komitmen ganda Dual Commitment di mana dalam pengembangan bisnis AQUA tetap memperhatikan sosial dan lingkungan. Pemikiran ini sesuai dengan pemikiran dari pendiri AQUA Bapak Tirto Utomo yang berprinsip bahwa bisnis harus berkontribusi sosial pada masyarakat. 



Seperti biasa kalau kita berkunjung ke pabrik harus ikuti aturan yang ada sesuai prosedur.
Sesuai dengan Motto kerja di pabrik Aqua  "Semua Tidak Berarti Tanpa Keselamatan". Nah sebelum masuk ke Plant setiap tamu atau biasa di sebut visitor wajib mengisi form sebagai salah satu Visitor Safety Instructions. Visitor Safety Instructions ini di buat sesuai dengan UU No.1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja. Jadi Aqua sangat menerapkan prosedur-prosedur untuk keselamatan pekerja maupun pengunjung. Berikut poin-poin penting yang harus di perhatikan untuk Visitor Safety Instructions yang di jelaskan oleh Pak Wahono selaku Chef Security saat memberikan Safety Briefing: 

1. Periksa diri dan barang bawaan 
2. Tukarkan identitas diri dengan tanda pengenal tamu dan di pakai selama berada di area PT. INVESTAMA CIANJUR 
3. Isi form tamu,  serahkan ke pihak terkait
4. Di area plant tersedia :
  •  Smoke Detector
  •  Hit Detector
  •  Alat Pemadam Api
  •  Hydrant
  •  Air Washer
  •  Jalur Pejalan Kaki
  •  Alarm
  •  Sprinkle
  •  Fasilitas P3K
  •  Tim Tanggap Darurat
5. Perduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain
6. Pastikan di kawal karyawan
7. Pastikan kebersihan falam menjaga sampah
8. Jangan mengoperasikan mesin, peralatan dan seluruh kendaraan di area plant
9. Selalu berjalan di jalur pedestrian dan pastikan berjalan di area yang benar
10. Harap  merokok di lokasi yang telah di tentukan
11. Dilarang membawa pemantik api
12. Jika terjadi gempa bumi berlindung di bawah jendela,jangan berlari keluar gedung, jauhi listrik, jangan panik
13. Pikirkan secara cermat apa tindakan yang anda lakukan

AQUA adalah pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Di Plant Cianjur ini sendiri hanya memproduksi 2 line yaitu ukuran galon dan ukuran 600ml tapi dalam waktu dekat mereka akan memproduksi ukuran kemasan yang lain, jadi untuk sementara ukuran 330ml dan 1,5l di datangkan dari pabrik Aqua yang ada di Bandung. I Love My Brand merupakan slogan yang di pakai di plant cianjur ini karena setiap pekerja wajib mencintai brand nya sendiri. Keren yah ..saya juga cinta Brand Indonesia.

Kalau selama ini kita hanya tau air yang digunakan oleh AQUA untuk di produksi langsung dari sumber mata air ternyata salah,seperti kita ketahui tingkatan dari air itu ada air permukaan, air dangkal, air mata dalam, air tanah dan AQUA mengambil air untuk di proses sebagai sumber air layak minum dari lapisan air tanah.  Karena AQUA juga sangat mempertimbangkan ada nya bakteri ecoli yang terdapat di dalam sumber air, jadi lebih aman memakai air dari lapisan air tanah karena jumlah bakteri yang lebih sedikit. Dari air tanah ini kemudian di alirkan ke Storage Tank menggunakan filter 10 mikron jadi setiap bakteri terakomodir. Ozon merupakan bahan kimia yang di gunakan untuk membasmi bakteri sehingga sekecil apa pun bakterinya air tetap steril. Setiap proses produksi pasti ada limbah ,jenis limbah disini ada 2 yaitu: botol treatment dan limbah sanitasi. Pengecekan limbah dan inspeksi lab internal sering dilakukan apakah asam basa sudah sesuai,inspeksi dilakukan mingguan juga bulanan disini AQUA bekerja sama dengan BLH daerah juga propinsi.
d o u b l e  c o d e
Kita sering menemukan AQUA di jual dimana saja baik di supermarket, warung bahkan terminal. Tentu saja ada kekhawatiran akan adanya AQUA palsu. Nah untuk mengetahui AQUA itu palsu atau tidak kita bisa mengecek pada tutup dan botol AQUA dimana terdapat print code yang sama pada kedua nya. Kode ini juga merupakan kode masa berlaku air dalam kemasan. Biasa nya masa expire date nya sampai 2 tahun di jamin rasa tidak akan berubah. Apabila kita menemukan ada nya pemalsuan AQUA segera laporkan dengan cara menelfon call center AQUA MENYAPA di 0807-15-88888. Nomor call center ini dapat kita lihat tertulis jelas di botol kemasan AQUA dan nanti nya ada tim dari AQUA yang langsung mengecek ke lapangan berdasarkan laporan masyarakat.  

Semenjak berdiri hingga sekarang Plant Cianjur beberapa kali mendapatkan penghargaan di antaranya:  Penghargaan Industri Hijau 2013 dari Kementerian Perindustrian, Penghargaan Lingkungan Raksa Prasadha dari Pemerintahan Propinsi Jawa Barat dan tahun ini
mendapatkan Penghargaan Asia Best CSR Practice Award 2015 selamat ya buat Plant Cianjur. Wajar saja penghargaan ini di berikan karena melihat program-program yang telah dibuat dan juga di apresiasikan untuk masyarakat. Beberapa program tersebut antara lain bekerja sama dengan BLH (Badan Lingkungan Hidup) Kabupaten Cianjur untuk mengatasi masalah konservasi lingkungan ini terjadi karena jumlah penduduk yang tidak merata dan pertumbuhan penduduk relatif tinggi. Kemudian juga di lakukan perlindungan mata air dengan menanam pohon disekitar mata air sebanyak 2000 pohon pada tahun 2014.

sekretariat HIPOCHI
 AQUA juga menggandeng masyarakat untuk melakukan pertanian yang ramah lingkungan dimana petani di ajarkan membuat pupuk organik pestisida nabati sehingga menjadi lahan yang sehat di sebut  Dari sini nah awal lahirnya HIPOCI (Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia) juga Green House Activity kegiatan pengolahan sampah organik. Program2 yg berjalan di HIPOCI adalah penanaman padi organik varietas ciherang. Prduk nya bearagam mulai beras 5kg,10kg sampai nasi liwet instan.
tempat pemisahan sampah organik dan organik
Di sekretariat HIPOCI ini juga di lakukan pengelolaan sampah yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Disini ibu-ibu setempat di bina untuk di ajarkan mengelola sampah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik, sedangkan untuk bapak-bapak di bina untuk di ajarkan pertanian organik. AQUA turut mensupport HIPOCI dalam hal waste management juga diberikan training secara bertahap oleh AQUA CSR. Sampah anorganik nantinya di daur ulang menjadil hasil karya yang bisa di jual, sedangkan sampah organik di proses untuk di jadikan kompos untuk pupuk organik. Proses pembuatan kompos disini sangat unik karena sampah organik diberi campuran air kelapa,air gula merah dan air beras hehe kayak buat kue kan... tujuannya untuk mempercepat proses penguraian sampah menjadi pupuk kompos.

ini adalah mobile market HIPOCI

Mobile market HIPOCI digunakan untuk mengirimkan hasil panen ke konsumen. AQUA membantu HIPOCI demi kemandirian masyarakat Cianjur, sehingga dengan keberadaan HIPOCI sangat bermanfaat bagi kehidupan ekonomi masyarakat Cianjur.
AQUA telah memberikan kebaikan hidup bagi masyarakat dan lingkungan.





Terima kasih AQUA atas kesempatan untuk dapat melihat dan merasakan lebih dekat...





You Might Also Like

1 komentar