Kolaborasi Dua Insan

T epat 15 April 2015 saya mendapatkan undangan dari salah satu majalah untuk menghadiri acara l...




Tepat 15 April 2015 saya mendapatkan undangan dari salah satu majalah untuk menghadiri acara launching buku MELIHAT API BEKERJA  di Edwin Gallery , Kemang Jakarta Selatan. Ini pertama kali saya bisa mendengar dan bertatapan langsung dengan penulis nya. Tapi yang lebih menarik buku ini adalah hasil karya KOLABORASI DUA INSAN hebat bernama M Aan Mansyur dan Muhammad Taufik (Emte). Tak hanya puisi tapi ini adalah buku Kolaborasi Puisi dan Ilustrasi.





Saya sangat salut sekaligus bangga dengan 2 orang hebat ini. Yang bikin tambah menarik ternyata 2 orang hebat ini baru pertama kali bertatap muka langsung di acara event launching ini loh, bayangkan saja mereka bisa menghasilkan karya sebagus ini. Mereka bekerja sama lebih kurang dalam 1 tahun dan selama proses pembuatan buku mereka hanya berkomunikasi via telfon dan email saja. Saya langsung seperti orang shock masa sih bisa? Kan gak gampang, minimal harus ada ketemuan untuk menuangkan ide masing2. Mas Aan dengan kemampuan menulisnya dan Mas Emte dengan kemampuan ilustrasi nya. Mas Aan cuma mengirimkan puisi nya via email kemudian Mas Emte membuat ilustrasi yang di sesuaikan dengan isi puisi. Kolaborasi Yang Hebat menurut saya.


Padahal selama ini Mas Aan hanya menulis puisi kemudian ia bacakan untuk ibunya terkadang juga dia hanya menyendiri dan puisi nya hanya untuk diri sendiri saja karena isi nya kebanyakan curahan hati. Tapi sebuah puisi tidak berarti apa-apa kalau tidak di kenalkan ke publik. Jadi sangat berarti lagi dan sangat bercerita dengan adanya ilustrasi.
Saya jadi ingat kata-kata bijak yang pernah saya baca SESUATU ITU MENJADI INDAH BERTEPUK DUA TANGAN, TAK AKAN INDAH JIKA HANYA SEBELAH SAJA. Dan orang-orang menjadi hebat karena adanya kerjasama antar yang satu dengan yang lain dan akhirnya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Dengan adanya kolaborasi atau kerjasama terkadang semakin menimbulkan motivasi bagi diri kita sendiri karena melihat semangat rekan kerja kita. Contoh nya seperti 2 orang hebat ini menghasilkan Apresiasi Karya Yang Hebat, dengan bekerjasama kita jadi mempunyai pikiran yang lebih terbuka.

Kuncinya semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk jadi hebat, jangan sembunyikan kreatifitas. Ajak teman,sahabat atau pasangan untuk ikut terlibat dalam hidup kita  karena orang lain pun bisa jadi sumber ENERGI dan MOTIVASI bagi kita. 




Mengingat Pesan Ibu 
Setelah sampai di perhentian
terakhir sajak ini, kau ingat pesan ibumu

Seluruh yang kau miliki bukan 
yang kau mau bukan yang kau butuh

Seluruh yang kau butuh bukan yang mampu kau jangkau.
Seluruh yang mampu kau jangkau luruh dan sia-sia belaka

"Berhenti. Jangan berangkat sebelum tiba," katanya.

You Might Also Like

0 komentar